Comscore Tracker

5 Cara Sederhana untuk Hormati Orang Lain, Jangan Sepelekan

#IDNTimesLife Junjung tinggi sikap respek ke orang lain!

Agar kehidupan sosialmu berjalan dengan baik, kamu wajib banget menjaga hubungan pertemanan dengan orang lain. Salah satu caranya adalah dengan terbiasa menunjukkan rasa hormat ke orang lain agar ia merasa dihargai. Namun banyak orang yang abai dengan hal tersebut karena terlalu rumit.

Padahal, banyak hal yang sebenarnya sepele, namun bisa membuat orang lain merasa dihargai. Ada beberapa cara sederhana yang harus dilakukan untuk menunjukkan rasa hormat ke orang lain agar ia merasa dihargai. Untuk penjelasan lebih detailnya, simak pembahasan berikut ini, ya!

1. Ketika sedang mengobrol, kamu harus fokus terhadap perkataannya

5 Cara Sederhana untuk Hormati Orang Lain, Jangan Sepelekanilustrasi mengobrol (pexels.com/Monstera)

Hal pertama yang bisa membuat orang lain merasa dihormati adalah dengan menghargainya ketika sedang mengobrol. Tidak semua orang mampu menghargai lawan bicara ketika sedang mengobrol, terutama jika topiknya tidak sesuai dengan dirinya.

Namun, hal tersebut sebenarnya gak boleh dilakukan, karena bisa saja menyinggung perasaan orang tersebut. Terkadang kamu harus belajar fokus untuk memahami setiap perkataannya, agar dia bisa merasakan sikap respek saat berada di dekatmu.

2. Jangan pernah mencampuri urusan pribadi orang lain jika tidak diminta

5 Cara Sederhana untuk Hormati Orang Lain, Jangan Sepelekanilustrasi mengobrol (pexels.com/Aledander Suhorucov)

Tidak bisa diganggu gugat, bahwa setiap orang memiliki hak untuk melakukan sesuatu sesuai pola pikirnya. Selagi tidak menganggu publik, kamu harus mempersilahkan orang lain melakukan apa yang disenanginya. Hal tersebut juga merupakan salah satu bentuk respekmu kepada orang lain.

Namun terkadang, setiap orang susah menahan keinginan untuk kepo terhadap hal-hal yang berhasil membuat dia penasaran. Apalagi jika bersinggungan dengan urusan pribadi, alangkah baiknya kamu tidak menganggunya, ya. 

3. Senantiasa menggunakan kata 'tolong' dan 'maaf' di segala situasi

5 Cara Sederhana untuk Hormati Orang Lain, Jangan Sepelekanilustrasi mengobrol (pexels.com/RODNAE Proudctons)

Ketika ingin meminta bantuan ke orang lain, kamu wajib banget menggunakan kata 'tolong' untuk menghargainya. Selain itu, kata 'maaf' juga wajib dilontarkan ketika perbuatanmu menyinggung perasaan orang lain. Namun pada kenyataannya, kedua hal tersebut sering dilupakan oleh orang-orang.

Biasanya hal itu disebabkan karena kamu terlalu gengsi untuk mengatakannya. Hal tersebut harus kamu hilangkan, karena sejatinya orang lain perlu diapresiasi. Meskipun kelihatannya sepele, namun hal tersebut akan mengubah pandangan orang lain terhadapmu.

Baca Juga: 5 Hal yang Dapat Membuat Orang Lain Kurang Hormat Kepadamu. Hindari!

4. Jangan pernah menyepelekan pendapatnya

5 Cara Sederhana untuk Hormati Orang Lain, Jangan Sepelekanilustrasi mengobrol (pexels.com/RODNAE Productions)

Setiap orang pasti memiliki pola pikir yang berbeda-beda ketika melihat sebuah permasalahan. Dalam sebuah forum diskusi santai, hal yang wajib kamu lakukan adalah menghargai lawan bicara dengan tidak menyepelekan pendapatnya meskipun nyeleneh.

Hal tersebut terkadang susah dilakukan oleh seseorang yang merasa dirinya 'sok pintar'. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk belajar menghargai orang lain, dengan cara tidak menghakimi pemikiran yang dia sampaikan.

5. Jika belum terlalu dekat, gunakan bahasa yang sopan

5 Cara Sederhana untuk Hormati Orang Lain, Jangan Sepelekanilustrasi mengobrol (pexels.com/RODNAE Productions)

Untuk menunjukkan rasa hormat ke orang lain, kamu juga bisa menggunakan bahasa-bahasa yang sopan, terutama jika belum dekat dengan lawan bicaramu. Hal itu dilakukan karena jika ingin menggunakan bahasa yang lebih santai, diperlukan adanya keakraban satu sama lain.

Namun jika kamu sedang mengobrol dengan seseorang yang sudah dekat banget, tetaplah menjaga tata bahasamu, agar tidak terlalu berlebihan. Jika hal itu sudah sering dilakukan, maka kamu pasti akan terbiasa menghargai orang lain.

Dari kelima cara yang telah dipaparkan di atas, apakah kamu sudah melakukan salah satunya? Menunjukkan rasa hormat ke orang lain sebenarnya adalah sebuah hal yang gampang-gampang susah. Kamu hanya perlu memperhatiakn etika setiap kali ingin berinteraksi dengan orang lain.

Baca Juga: 5 Alasan Kita Harus Menghargai Pencapaian yang Diraih Orang Lain

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya