Comscore Tracker

5 Cara Simpel Menyikapi Orang yang Suka Ikut Campur Urusan Pribadimu

Jangan biarkan mereka ikut mengatur hidupmu

Sungguh menjengkelkan jika ada orang yang suka ikut campur urusan pribadimu. Ketika hal itu terjadi, kamu pasti akan merasa kurang nyaman sehingga bakal menjauh dari mereka. Hal semacam itu dilakukan agar kamu bisa fokus dalam menyelesaikan urusan yang terlampau berat.

Apalagi, kamu pasti enggan jika urusan pribadimu diusik orang lain, bukan? Sebenarnya, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menyikapi orang seperti itu. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak pembahasan lengkapnya berikut ini, yuk!

1. Jangan beri ruang sedikitpun jika ia memaksa masuk

5 Cara Simpel Menyikapi Orang yang Suka Ikut Campur Urusan Pribadimuilustrasi curhat (pexels.com/SHVETS production)

Jika ia berusaha untuk ikut campur dalam urusan pribadimu, jangan beri ruang sedikit pun. Hal semacam ini dilakukan agar kamu tidak terbiasa mempersilakan orang lain masuk ke dalam masalahmu seenaknya sendiri. Lagi pula, jika ada orang lain yang ikut campur, kamu pasti akan tambah pusing.

Berangkat dari hal tersebut, cobalah untuk menutup celah sekecil apa pun agar ia tidak kepo dengan kehidupan pribadimu. Setelah hal ini dilakukan, nantinya kamu pasti akan lebih fokus dalam menyelesaikan masalah tanpa ada tangan orang lain yang mencampurinya.

2. Bersikaplah tegas dengan cara menegurnya

5 Cara Simpel Menyikapi Orang yang Suka Ikut Campur Urusan Pribadimuilustrasi bertengkar (pexels.com/RODNAE Productions)

Ketika orang lain berusaha untuk masuk ke dalam urusan pribadimu, jangan segan-segan untuk bersikap tegas. Ingatlah bahwa yang memiliki kuasa di sini adalah dirimu sendiri. Jangan mau kalah dengan orang yang tidak tahu apa-apa tentang dirimu.

Jika ia tetap memaksa, cobalah untuk menegurnya secara sopan. Mereka pasti akan berusaha untuk mengerti sebab ikut campur urusan orang lain adalah hal yang pantang dilakukan. Maka dari itu, yuk mulai bersikap tegas tanpa ada ragu jika hal tersebut terjadi.

Baca Juga: 5 Alasan Orangtua Tidak Boleh Memaksakan Urusan Pendidikan pada Anak

3. Beri tahu ia bahwa hal semacam itu sangatlah tidak baik

5 Cara Simpel Menyikapi Orang yang Suka Ikut Campur Urusan Pribadimuilustrasi bertengkar (pexels.com/Timur Weber)

Setelah menegurnya, cobalah untuk mengatakan kepadanya bahwa perilaku semacam itu sangatlah tidak baik. Hal ini dilakukan untuk menyadarkan orang tersebut agar tidak seenaknya sendiri ikut campur dalam urusan pribadi orang lain.

Katakan kepadanya bahwa hal tersebut sangatlah mengganggu dirimu. Jika memiliki pemikiran yang bijaksana, ia pasti akan berusaha untuk menghentikan langkahnya dalam upaya tersebut. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk mengatakan sejujurnya kepada mereka.

4. Kurangi kebiasaan yang bisa memancing orang tersebut ikut campur urusanmu

5 Cara Simpel Menyikapi Orang yang Suka Ikut Campur Urusan Pribadimuilustrasi stres (pexels.com/Karolina Grabowska)

Biasanya, orang lain akan ikut campur urusan pribadimu jika kamu memancingnya. Salah satu contoh pemantiknya adalah jika kamu sering memaparkan semuanya di media sosial. Memang sih media sosial merupakan sebuah hal yang bisa membuatmu bebas berekspresi.

Namun, ingatlah bahwa segala sesuatu yang kamu lakukan itu pasti ada risikonya. Apalagi jika kamu terlalu sering mengumbar kesedihan di media sosial, hal tersebut pasti akan memancing orang lain untuk ikut campur. Maka dari itu, berusahalah untuk lebih bijak dalam mengunggah hal apa pun di sana.

5. Berusahalah untuk menjauhinya saat masalahmu belum selesai

5 Cara Simpel Menyikapi Orang yang Suka Ikut Campur Urusan Pribadimuilustrasi bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Terakhir, cobalah untuk menjauhinya untuk beberapa saat jika ia cukup mengganggu. Hal semacam ini terkadang tidak disalahkan sebab kamu berhak memilih ingin bergaul dengan siapa. Tetapi, hal ini pasti akan membuat orang tersebut rawan tersinggung.

Meskipun begitu, kamu pasti akan lebih tenang jika menjauhi seseorang yang suka ikut campur. Intinya di sini adalah jangan ragu untuk mengambil keputusan yang membuatmu lebih tenang dalam menyelesaikan sebuah masalah. Lakukan hal tersebut jika menurutmu benar.

Dari kelima hal di atas, mana saja yang sudah pernah kamu lakukan? Tidak ada salahnya untuk membatasi orang lain agar gak ikut campur ke dalam urusan pribadimu secara mendalam. Lagi pula, hal tersebut nantinya pasti akan membuatmu kehilangan fokus.

Baca Juga: 5 Tips Jadi Pribadi Independen, Miliki Cara Sendiri dalam Jalani Hidup

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya