Comscore Tracker

5 Hal Ini dapat Membantumu agar Tidak Gengsi ketika Mengakui Kesalahan

#IDNTimeLife Apakah kamu masih sering gengsi?

Gak dapat dimungkiri bahwa setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan semasa hidupnya. Namun gak semua orang dapat dengan mudah mengakui kesalahan yang telah diperbuat karena gengsi. Jika kamu termasuk orang yang seperti itu, alangkah lebih baik untuk mengubahnya.

Mengakui kesalahan memang merupakan sesuatu yang gak mudah dilakukan. Tetapi kamu bisa belajar secara perlahan agar dapat menjadi manusia yang lebih dewasa. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar keberanian itu dapat muncul di dalam dirimu. Untuk penjelasannya, simak pembahasannya berikut ini.

1. Senantiasa mengingat bahwa sejatinya manusia itu saling membutuhkan

5 Hal Ini dapat Membantumu agar Tidak Gengsi ketika Mengakui Kesalahanunsplash.com/priscilla du preez

Hal pertama yang harus dilakukan adalah senantiasa mengingat bahwa sejatinya manusia itu saling membutuhkan. Kamu gak bisa terus-terusan bertahan pada rasa gengsi karena hal itu akan membuat kehidupan sosialmu menjadi berantakan.

Jika memang salah, jangan pernah ragu untuk meminta maaf karena hal itu akan menjaga hubungan baikmu dengan orang lain. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk membuang rasa gengsi saat kamu memang benar-benar berada di pihak yang salah.

2. Senantiasa berpikir bahwa memiliki kesalahan dapat memengaruhi keberlangsungan hidup

5 Hal Ini dapat Membantumu agar Tidak Gengsi ketika Mengakui Kesalahanunsplash.com/Siviwe Kapteyn

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa mengedepankan gengsi akan memberikan pengaruh besar terhadap keberlangsungan hidup. Kamu akan dijauhi oleh banyak orang karena sikap egosentris yang tidak mengakui kesalahanmu sendiri.

Cobalah untuk berpikir secara logis bahwa hal itu akan memberikan dampak besar terhadap keberlangsungan hidupmu. Dengan adanya hal tersebut, kamu pasti akan cenderung membuang rasa gengsi agar kedamaian hidup tetap terjaga tanpa menyudahi hubungan sosial.

3. Melakukan intospeksi diri terkait apa yang telah terjadi

5 Hal Ini dapat Membantumu agar Tidak Gengsi ketika Mengakui Kesalahanunsplash.com/Radu Florin

Saat rasa gengsi terlalu menggebu-gebu, cobalah untuk melakukan introspeksi diri. Ingatlah bahwa memang pada hakikatnya manusia itu tempatnya salah. Kamu gak bisa memaksakan diri untuk senantiasa melakukan kebenaran tanpa adanya celah.

Kesalahan merupakan sebuah hal yang wajar dilakukan sehingga kamu harus berani mengakuinya. Hal itu dilakukan dilakukan semata-mata hanya untuk menjaga hubungan baik antar sesama. Mulai sekarang cobalah untuk melakukan introspeksi diri jika di dalam hatimu masih dikuasai rasa gengsi.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Berani Minta Maaf Jika Berbuat Salah, Anti Gengsi!

4. Memiliki pemikiran bahwa mengakui kesalahan merupakan sesuatu yang bijaksana

5 Hal Ini dapat Membantumu agar Tidak Gengsi ketika Mengakui KesalahanUnsplash.com/Matheus Ferrero

Meminta maaf merupakan sebuah hal sederhana namun sangat sulit untuk dilakukan. Padhal jika berani melakukannya, kamu akan menjadi orang yang lebih dewasa karena kebijaksanaan tersebut. Cobalah untuk berpikiran seperti itu agar ada dorongan dari dalam diri.

Meskipun terkesan negatif, namun lama kelamaan kamu pasti akan terbiasa ikhlas untuk mengesampingkan rasa gengsi demi hubungan baik. Yuk, mulai sekarang cobalah untuk memberikan patokan baik terhadap diri sendiri untuk berani mengakui kesalahan.

5. Memikirkan terkait dampak buruk apa saja yang akan didapat jika gak meminta maaf

5 Hal Ini dapat Membantumu agar Tidak Gengsi ketika Mengakui Kesalahanunsplash.com/Sinitta Leunen

Hal terakhir yang dapat dilakukan agar mudah mengakui kesalahan adalah dengan memperhitungkan berbagai macam dampak buruk. Ingatlah bahwa segala sesuatu yang dilakukan itu pasti memiliki konsekuensinya sendiri-sendiri. Begitupula ketika gengsi untuk meminta maaf, pasti ada beberapa dampak buruk bagi hidupmu.

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, pasti akan ada dorongan dari dalam diri untuk mengakui kesalahan. Percayalah bahawa hal yang paling menonjol terjadi saat gak berani mengakui kesalahan adalah kamu akan dijauhi oleh orang lain. Berhentilah bersikap kekanak-kanakan seperti itu karena sangat merugikan.

Itulah kelima hal yang bisa dilakukan agar kamu terbiasa mengakui kesalahan dan gak gengsi lagi. Jangan pernah ragu untuk meminta maaf karena hal itu akan membuat kehidupan sosialmu tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga: 5 Akibat Buruk jika Kamu Selalu Menuruti Gengsi, Capek Sendiri!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya