Comscore Tracker

5 Hal Ini Harus Dilakukan agar Kamu Memilki Manajemen Risiko yang Baik

Gak susah 'kok jika kamu mau belajar!

Setiap orang pasti akan dihadapkan dengan pilihan hidup yang dapat memberikan pengaruh besar. Dengan adanya hal tersebut, seseorang harus berani mengambil risiko agar hasil yang didapatkan menjadi maksimal. Namun yang namanya risiko itu pasti nantinya kamu akan mendapatkan kerugian jika tak berhasil.

Agar hal tersebut tidak merugikan, kamu wajib memiliki kebiasaan memanajemen risiko yang baik. Meskipun susah, namun kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini agar memiliki manajemen risiko yang baik terhadap segala hal. Untuk penjelasannya, simak pembahasan berikut ini.

1. Cobalah untuk terbiasa menganalisis permasalahan yang rumit

5 Hal Ini Harus Dilakukan agar Kamu Memilki Manajemen Risiko yang BaikIlustrasi menganalisis (pexels.com/karolina grabowska)

Cara pertama agar memiliki manajemen risiko yang baik adalah dengan terbiasa menganalisis permasalahan-permasalahan rumit. Hal tersebut pasti akan membuatmu dihadapkan pada berbagai macam keputusan yang harus diambil. Di dalamnya, pasti ada risiko-risiko yang harus ditanggung saat memilih sesuatu.

Dengan adanya hal tersebut, kamu pasti akan terbiasa mengambil berbagai macam keputudan sehingga sudah tahu bagaimana cara manajemen risikonya. Oleh karena itu mulai sekarang jika dihadapkan pada sesuatu yang rumit, hadapilah hal tersebut dengan serius.

2. Biasakan diri untuk tidak mengambil keputusan secara menggebu-gebu

5 Hal Ini Harus Dilakukan agar Kamu Memilki Manajemen Risiko yang BaikIlustrasi tenang (pexels.com/andrea piacquadio)

Apapun keputusan memang harus diambil secara matang-matang. Namun kebanyakan orang cenderung terbiasa mengambil keputusan secara menggebu-gebu sebab panik. Padahal hal tersebut gak boleh dilakukan sebab kamu harus mempertimbangkan risikonya. Selain itu, kamu harus siap memanajemen risiko jika keputusan yang diambil itu cenderung negatif.

3. Selalu pikirkan alternatif-alternatif solusi terhadap sebuah permasalahan

5 Hal Ini Harus Dilakukan agar Kamu Memilki Manajemen Risiko yang BaikIlustrasi manajemen risiko (pexels.com/Anthony Shkraba)

Berbicara tentang manajemen risiko, yang harus diperhatikan secara saksama adalah pada pasca pengambilan keputusan. Dengan adanya hal tersebut, kamu harus terbiasa memikirkan alternatif-alternatif solusi jika sebuah risiko yang diambil itu malah cenderung merugikan.

Dengan melakukan hal tersebut, kamu pasti akan terbiasa menghadapi situasi-situasi sulit karena dikecewakan oleh keputusan yang diambil. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk berlatih memikirkan alternatif-alternatif solusi dari apapun permasalahan yang kamu hadapi.

Baca Juga: Hadapi Ketidakpastian, Perusahaan Diminta Tinjau Manajemen Risiko

4. Biasakan diri untuk mengevaluasi setiap permasalahan yang sudah kamu hadapi

5 Hal Ini Harus Dilakukan agar Kamu Memilki Manajemen Risiko yang BaikIlustrasi evaluasi (pexels.com/burst)

Mengevaluasi diri setelah menghadapi sebuah permasalahan memang merupakan cara yang tepat agar terbiasa memanajemen risiko. Kamu pasti akan melihat bagaimana cara yang tepat untuk menghadapi setiap permasalahan di masa lalu. Dengan mengevaluasi diri, kamu akan mudah mempelajari bagaimana cara memanajemen risiko yang baik.

5. Biasakan diri untuk memberikan daftar peringkat terhadap risiko yang harus diambil

5 Hal Ini Harus Dilakukan agar Kamu Memilki Manajemen Risiko yang BaikIlustrasi membuat daftar (pexels.com/ivan samkov)

Ketika mau mengambil keputusan, sebisa mungkin cobalah untuk membuat daftar peringkat risiko dari yang tertinggi hingga terendah. Hal tersebut dapat memudahkanmu untuk memikirkan solusi yang tepat jika risiko itu malah merugikanmu.

Dalam daftar tersebut, nantinya kamu akan mudah memutuskan sesuati sebab sudah melakukan persiapan manajemen risiko yang baik. Oleh karena itu mulai sekarang jangan pernah malas untuk mencatat semuanya. Hal tersebut. dilakukan demi kebaikanmu agar tidak kewalahan jika keputusan yang kamu ambil itu malah merugikan

Memiliki manajemen risiko yang baik itu wajib dilatih agar nantinya kamu dimudahkan jika menghadapi situasi sulit. Mulai mencoba kelima hal di atas, yuk!

Baca Juga: Ingin Jadi Manajer? Pahami Dulu Apa Itu Manajemen 

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya