Comscore Tracker

5 Hal Sepele yang Ternyata Bisa buatmu Temukan Ide untuk Menulis

Sering kamu lakukan dalam keseharian!

Sebagai seorang penulis, menemukan ide tulisan merupakan sebuah kemampuan fundamental yang harus dimiliki. Namun, melakukan hal tersebut nyatanya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Kamu pasti terkadang akan bingung ingin memulai dari mana untuk membuat sebuah karya. Kendati demikian, sebenarnya kamu bisa menemukan ide-ide tersebut dengan mudah jika tahu triknya.

Ada beberapa kebiasaan sepele yang ternyata bisa membuatmu menemukan sebuah ide dalam membuat karya. Simak pembahasan berikut ini untuk lebih jelasnya.

1. Scrolling media sosial

5 Hal Sepele yang Ternyata Bisa buatmu Temukan Ide untuk Menulisilustrasi media sosial (pexels.com/cottonbro)

Boleh dibilang bahwa media sosial merupakan sebuah hal yang tidak asing bagi semua orang. Banyak orang yang sering menikmati media sosial untuk menemani waktu-waktu senggang.

Di sana kamu bisa menemukan banyak konten menarik yang membuatmu senang untuk menontonnya. Berangkat dari penjelasan singkat tersebut, bisa dilihat bahwa media sosial juga bisa dijadikan tempat untuk menemukan ide.

Maka dari itu, jika kamu rajin scroll media sosial di pagi hari, ide tulisan pasti bakal muncul tanpa disengaja. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa berselancar di media sosial juga ada hal positifnya, kok!

2. Mengobrol dengan orang lain

5 Hal Sepele yang Ternyata Bisa buatmu Temukan Ide untuk Menulisilustrasi mengobrol (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengobrol merupakan sebuah hal yang sering banget dilakukan oleh setiap orang. Hal itu karena pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang diwajibkan untuk berkomunikasi.

Entah dengan kawan lama ataupun orang baru, banyak insight yang bakal kamu dapatkan jika sering mengobrol. Begitu juga dengan ide untuk menulis, hal tersebut pasti gampang kamu dapatkan jika sering mengobrol.

Lagipula, obrolanmu dengan orang lain pun bakal beragam. Sesaat setelah berkomunikasi, nantinya kamu bisa mengingat kembali perihal topik apa saja yang dijadikan bahan obrolan tadi.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Menulis Bisa Jadi Obat Move On Paling Efektif

3. Mengunjungi tempat-tempat baru

5 Hal Sepele yang Ternyata Bisa buatmu Temukan Ide untuk Menulisilustrasi kedai (pexels.com/Pressmaster)

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, kamu pasti sering banget mengunjungi tempat-tempat baru. Mulai dari rumah makan hingga tempat liburan, di sana ada banyak hal tersembunyi yang bisa memantik inspirasimu.

Apalagi jika kamu ingin menemukan ide tulisan, hal tersebut merupakan sesuatu yang tepat. Dengan mengunjungi tempat baru, kamu pasti akan menemukan suasana sekaligus orang-orang baru.

Hal-hal semacam itulah yang dapat memantik ide-ide untuk menulis. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengunjungi tempat baru jika kamu sedang benar-benar buntu.

4. Mendengarkan podcast kesukaanmu

5 Hal Sepele yang Ternyata Bisa buatmu Temukan Ide untuk Menulisilustrasi mendengarkan podcast (pexels.com/George Milton)

Selain media sosial, bisa dikatakan bahwa podcast merupakan sesuatu yang digemari oleh kalangan millennials. Selain memberikan hiburan, sebuah konten podcast juga menyimpan banyak inspirasi jika kamu mau mendengarkannya baik-baik.

Contohnya adalah jika suka mendengarkan podcast tentang sepak bola, kamu bisa menemukan banyak fakta atau taktik baru tentang hal tersebut.

Nantinya, hal itu pun dapat kamu jadikan bahan tulisan untuk karya-karyamu selanjutnya. Mulai sekarang, biasakan diri untuk mendengarkan podcast secara serius tapi santai.

5. Membuat rencana keseharian seusai bangun tidur

5 Hal Sepele yang Ternyata Bisa buatmu Temukan Ide untuk Menulisilustrasi membuat rencana keseharian (pexels.com/SHVETS production)

Setiap pagi, kebanyakan dari kamu pasti terbiasa membuat rencana untuk hari itu. Hal semacam ini biasanya dilakukan agar kamu punya patokan tersendiri dalam menjalani hari-hari.

Selain membuat hari-harimu tidak belepotan, hal semacam ini ternyata juga bisa membantumu menemukan ide tulisan, lho! Contohnya, jika membuat rencana keseharian secara rinci, kamu pasti diperkenankan untuk mengumpulkan kegiatan-kegiatan ke depannya.

Kegiatan yang sudah kamu pasang di rencana harian tersebut nantinya bisa dijadikan ide tulisan. Sebut saja jika pada sore hari ada rencana ingin nge-gym, kamu bisa menemukan ide tentang kebugaran tubuh.

 

Dari kelima hal di atas, kamu biasanya sering melakukan yang mana? Intinya adalah kamu harus bisa menemukan celah-celah inspirasi dalam kehidupanmu sehari-hari.

Baca Juga: Anti Bingung, 5 Topik Ini Bisa Kamu Jadikan Ide Menulis Artikel, Lho!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya