Comscore Tracker

Anti Bingung, 5 Topik Ini Bisa Kamu Jadikan Ide Menulis Artikel, Lho!

Siapa yang masih suka bingung dalam mencari ide tulisan?

Di balik setiap pekerjaan yang ada di dunia ini, semuanya pasti memiliki tingkat kesulitannya masing-masing. Begitu juga dengan mereka-mereka yang berprofesi sebagai seorang penulis artikel. Selain harus punya kemampuan yang bagus dalam merangkai kata, penulis juga harus cerdas dalam memilih angle agar tulisannya bisa menjangkau lebih banyak pembaca.

Kamu-kamu yang baru menekuni dunia menulis, apakah masih sering kesusahan mencari topik yang pas buat diangkat jadi artikel? Kalau masih bingung, coba deh simak artikel berikut. Siapa tahu setelah membacanya, kamu jadi dapat ide baru untuk mengembangkan tulisanmu!

1. Kamu gamer? Bisa coba menulis tentang game, lho!

Anti Bingung, 5 Topik Ini Bisa Kamu Jadikan Ide Menulis Artikel, Lho!ilustrasi game (pexels.com/Eric McLean)

Sudah sejak dulu game atau permainan digital digandrungi oleh banyak orang. Semakin berkembangnya teknologi, game pun juga ikut mengalami peningkatan mulai dari segi grafik, hingga genrenya yang semakin bervariasi.

Nah, kamu yang suka memainkan banyak game juga bisa banget mengangkat topik ini, lho.

Ada banyak sekali tema yang bisa dibahas. Misalnya rekomendasi game seru yang pernah kamu mainkan, atau mungkin membagikan tips dan trik saat bermain game. Pastinya, topik seperti ini juga bermanfaat sekali buat mereka-mereka yang tertarik pada dunia game.

2. Menulis artikel bertemakan kuliner juga gak luput dari perhatian, lho!

Anti Bingung, 5 Topik Ini Bisa Kamu Jadikan Ide Menulis Artikel, Lho!ilustrasi makanan (unsplash.com/Luisa Brimble)

Siapa bilang artikel tentang makanan gak ada peminatnya? Justru, di IDN Times artikel yang bertemakan kuliner cukup digemari para pembaca, lho.

Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menjadikannya sebagai ide tulisanmu nanti.

Ada banyak artikel kuliner yang diterbitkan di kanal "food" IDN Times. Mungkin kamu bisa coba buka kanal tersebut untuk melihat contoh artikel beserta topik yang dibahas.

Gak cuma resep, kamu pun bisa menulis rekomendasi tempat makan keren atau membagikan pengetahuan memasakmu yang mungkin saja jarang orang lain tahu.

Baca Juga: Punya Hobi Menulis? Ini Dia 5 Cara Mendapatkan Ide Segar Setiap Hari 

3. Beberapa orang juga gemar membaca buku. Kenapa gak coba angkat topik ini?

Anti Bingung, 5 Topik Ini Bisa Kamu Jadikan Ide Menulis Artikel, Lho!ilustrasi buku (pexels.com/Надежда Окопник)

Kalau kamu suka membaca buku, seharusnya gak ada lagi alasan bingung ingin membahas apa di artikelmu nanti. Merekomendasikan buku kepada para pembaca, sebenarnya juga bisa jadi ide yang bagus untuk dijadikan topik tulisan.

Membagikan review atau ulasanmu terhadap buku yang sudah kamu baca, juga bermanfaat banget untuk para kutu buku di luaran sana.

Kalau kamu merasa sudah tidak ada lagi yang bisa dibahas, maka kamu bisa mencoba jenis buku bacaan yang lain agar pengetahuanmu gak hanya terbatas pada topik yang itu-itu saja.

4. Sesuatu yang berbau Korea juga gak pernah sepi peminat!

Anti Bingung, 5 Topik Ini Bisa Kamu Jadikan Ide Menulis Artikel, Lho!potret grup KPop, BTS (instagram.com/bts.bighitofficial)

Yup, topik tentang hal-hal yang berbau Korea memang kian menarik perhatian banyak negara, termasuk Indonesia. Karena banyak peminatnya, kamu bisa coba mengangkat topik ini untuk dijadikan bahan tulisanmu, lho.

Kalau kamu memiliki ketertarikan terhadap KPop atau KDrama, kamu bisa coba membuat tulisan yang relevan dengan topik tersebut. Entah itu membahas fakta menarik dari idol kesukaanmu, menulis rekomendasi drakor yang underrated, atau membahas kuliner asal negeri ginseng tersebut.

Apalagi sekarang di IDN Times sudah ada kanal khusus Korea. Jadi kamu bisa lebih leluasa menuangkan idemu di sana. Ada banyak sekali topik yang bisa diangkat, asalkan kamu sebagai penulis mampu mencari angle yang menarik.

5. Menulis hal-hal berdasarkan pengalaman hidup juga bermanfaat buat para pembaca!

Anti Bingung, 5 Topik Ini Bisa Kamu Jadikan Ide Menulis Artikel, Lho!ilustrasi wanita sedang merenung (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sesuatu yang berkaitan dengan pengalaman hidup juga cukup relate dengan pembaca. Asalkan kamu bisa membahasnya dengan ringan dan tidak terlalu bertele-tele, topik tentang hal ini pun juga berpotensi membuat artikelmu dibaca banyak orang, lho.

Pastinya ada banyak sekali momen yang pernah kamu rasakan atau temui sebelumnya. Baik suka maupun duka, semua keresahanmu bisa kamu tuangkan ke dalam tulisanmu. Kalau terbit, kamu gak hanya akan mendapatkan uang semata.

Lebih dari itu, pengalaman hidupmu justru akan membantu banyak orang dalam mengarungi kehidupan mereka. Wah, keren banget gak, tuh?

Menulis memang bukan pekerjaan mudah. Bahkan, orang yang sudah terbiasa menulis pun, bukan gak mungkin bakal menemui kesulitan dalam proses menulisnya.

Semoga artikel di atas bisa dijadikan sebagai referensimu dalam menentukan topik yang akan dibahas pada artikelmu nanti, ya. Jangan menyerah dan tetap semangat!

Baca Juga: 5 Tips agar Self Healing dengan Menulis Semakin Efektif

Hay Lee Photo Verified Writer Hay Lee

Nulis karena bingung mau ngapain lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya