Comscore Tracker

Jangan Bersedih! Lakukan 5 Hal Bijak Ini Ketika Diremehkan Orang Lain

Jangan pernah takut terhadap cacian orang lain, ya!

Setiap orang hidup di dunia tidak lepas akan pujian dan cacian. Namun hal yang paling membuat seseorang merasa rendah ketika sudah mendapatkan cacian dari orang lain. Tidak selamanya orang akan suka terhadap kehidupan yang kita miliki.

Pastinya rasa iri dan dengki selalu muncul dari diri manusia. Namun sebagai insan yang bijak tentu bisa menyikapi hal demikian. Jadilah sebuah hinaan sebagai intropeksi diri dan buang rasa iri dengan melakukan hal yang bisa meningkatkan potensi.

Maka dari itu kalian tidak perlu khawatir ketika mendapat cacian dari orang lain. Lakukan lima hal ini agar bisa menenteramkan diri ketika seseorang sedang menghina kita.

1. Jangan melawan tetapi lemparkan dengan senyuman

Jangan Bersedih! Lakukan 5 Hal Bijak Ini Ketika Diremehkan Orang Lainpexels.com/Andrea Piacquadio

Tak heran jika kalimat yang menyatakan senyum merupakan ibadah memang benar. Hal itu karena dengan memberikan senyuman kepada orang yang menyakiti kita justu bisa membuat hati terasa lebih damai. Pasalnya emosi marah yang akan diucapkan kepada orang yang menghina kita akan lebih terkendali dan tidak menimbulkan kerusuhan.

Bayangkan saja jika kita membalasnya dengan hinaan juga, pasti akan menimbulkan ribut yang berkepanjangan. Tetapi jika memberikan senyum dan kesabaran hati nantinya akan menimbulkan perdamaian.

Tak perlu khawatir ketika orang lain menghina kita, karena sejatinya Tuhan memberikan kesempatan untuk memperbaiki diri. Ingatlah selalu bahwa Tuhan akan mengabulkan doa orang yang sedang teraniaya dan di saat itulah bisa menjadi kesempatan untuk berdoa kepada-Nya. 

2. Dengarkan saja jangan dimasukkan hati

Jangan Bersedih! Lakukan 5 Hal Bijak Ini Ketika Diremehkan Orang Lainpexels.com/fauxels

Jadikanlah sebuah hinaan dari orang lain sebagai kritik atas kekurangan diri kita. Justru dari hinaan tersebut bisa belajar menjadi lebih baik dan memperbaiki kekurangan. Jika ada kalimat yang melukai hati biarkan hal itu hanya melewatimu saja.

Jangan biarkan hinaan itu masuk ke dalam perasaan supaya hatimu tidak lelah. Dengarkan hinaan seseorang dan jadikan hal itu langkah awal untuk bisa membuktikkan bahwa kamu tidak rendahan.

Semakin seseorang terluka akibat hinaan maka akan menghambat dalam meraih kesuksesan. Untuk itu segeralah lupakan hal yang sering menyakitimu dengan memperbaiki diri menjadi lebih baik.

3. Mulailah dengan memperbaiki kekurangan

Jangan Bersedih! Lakukan 5 Hal Bijak Ini Ketika Diremehkan Orang Lainpexels.com/Julia M Cameron

Setiap sesuatu pasti harus selalu diperbarui begitu juga dengan potensi diri. Selalu berterima kasih ketika seseorang sedang menghinamu. Hal itu karena membuatmu semakin tau letak kekurangan yang seharusnya diperbaiki. 

Hidup tidak akan berjalan lebih baik jika seseorang memilih diam di tempat yang sama. Perjalanan juga selalu diiringi dengan perubahan baru yang semakin menantang. Maka dari itu untuk bisa menjadi manusia yang lebih baik tentunya harus mampu beradaptasi terhadap perubahan yang ada.

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Orang-orang yang Gampang Illfeel

4. Buktikan dengan kerja keras yang nyata

Jangan Bersedih! Lakukan 5 Hal Bijak Ini Ketika Diremehkan Orang Lainpexels.com/Chevanon Photography

Impian harus seimbang dengan tindakan yang diusahakan. Hal itu karena jika seseorang hanya pandai membicarakan impiannya tanpa melakukan aksi untuk mewujudkannya. Tentu akan sering menuai kritikan dan hinaan bahwa seseorang itu hanya mampu omong kosong saja.

Maka dari itu buktikan dengan tindakan yang nyata agar bisa meraih kesuksesan sesuai impianmu. Lewat kerja keras tersebut akan membuat seseorang semakin yakin dan bisa membungkam orang-orang yang pernah menghinamu.

5. Hindari berkumpul dengan lingkungan yang toxic

Jangan Bersedih! Lakukan 5 Hal Bijak Ini Ketika Diremehkan Orang Lainpexels.com/Christina Morillo

Lingkungan yang toxic juga sangat mempengaruhi bagaimana seseorang akan berkembang menjadi lebih baik. Terkadang bibit sebuah hinaan muncul ketika seseorang bergaul pada lingkungan yang salah. Jika seseorang mudah termakan oleh omongan dari luar, hal tersebut bisa memperbesar peluang kegagalan.

Untuk itu perlunya adaptasi dan menghindari lingkungan yang toxic sangat penting. Hal itu dikarenakan jika lingkungan yang ditempati memberi aura positif lebih besar maka hidup akan menjadi tentram dan nyaman. Sehingga sangat mendukung seseorang untuk bisa maju ke arah yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Ingatlah bahwasannya manusia sukses berawal dari perjalanan yang sulit. Untuk itu tidak perlu bersedih dan khawatir ketika banyak orang membencimu. Justru hal tersebut bisa menjadi motivasi diri agar orang-orang yang membencimu menyesal melakukan itu. Tetap semangat dan segera bangkit dari kesedihan ya, guys!

Baca Juga: Tanpa Harus jadi Penjilat, 5 Trik Jitu Bikin Orang Lain Respek ke Kamu

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya