Comscore Tracker

Jika Tumbuh Rasa Iri Saat Temanmu Meraih Kesuksesan, Lakukan 5 Hal Ini

Semua akan bahagia pada waktunya kok!

Tidak ada orang yang gak ingin hidupnya disertai dengan kesuksesan. Namun pada realitanya untuk mewujudkan hal tersebut sangatlah susah karena kamu dituntut untuk bisa melewati berbagai macam struggle yang cukup memberatkan. Apalagi ketika melihat kawan sendiri sukses, rasa iri pasti akan muncul di dalam diri.

Namun hal tersebut tidak boleh terus-terusan dipelihara karena akan berdampak buruk bagi keberlangsungan hidup. Jika kamu kesusahan dalam membuang kebiasaan buruk itu, sebenarnya ada beberapa cara efektif yang bisa dilakukan. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak pembahasannya berikut ini.

1. Gak hanya kepada teman, kamu juga perlu mengapresiasi diri sendiri

Jika Tumbuh Rasa Iri Saat Temanmu Meraih Kesuksesan, Lakukan 5 Hal Inipexels.com/just name

Salah satu hal yang harus dilakukan adalah kamu perlu mengapresasi diri sendiri. Hal tersebut akan sangat berguna karena kamu akan merasa sangat dihargai. Rasa iri pun lambat laun pasti akan memudar karena kamu percaya bahwa kesuksesan juga tidak jauh dari genggamanmu.

Selain itu kamu juga harus mengucapkan selamat kepadanya dengan ikhlas tanpa disertai adanya rasa dengki. Jika telah terbiasa mengapresiasi diri sendiri, kamu pasti akan lebih menghargai setiap perjuangan yang dilakukan olehmu sampai saat ini.

2. Selalu ingat bahwa setiap orang pasti akan mendapatkan kesuksesan

Jika Tumbuh Rasa Iri Saat Temanmu Meraih Kesuksesan, Lakukan 5 Hal Inipexels.com/andrea piacquadio

Ketika rasa iri itu muncul di dalam kepala, kamu harus mengingat bahwa setiap orang pasti akan mendapatkan kesuksesannya masing-masing. Tidak perlu bersikap iri kepada orang lain yang telah mendapatkan kesuksesan lebuh celat darimu. Ingatlah bahwa hal tersebut hanya akan membuang-buang waktu saja.

Jika telah berusaha secara maksimal, percayalah bahwa kamu akan mendapatkan ganjaran yanh setimpal. Fokuslah pada perjuanganmu sendiri saja daripada memupuk penyakit hati dengan cara memilihara rasa dengki di dalam diri.

3. Cobalah untuk lebih bersyukur terhadap pencapaianmu saat ini

Jika Tumbuh Rasa Iri Saat Temanmu Meraih Kesuksesan, Lakukan 5 Hal Inipexels.com/rene asmussen

Tidak dapat dimungkiri bahwa bersyukur merupakan obat sakit hati terbaik. Jika kamu merasa sakit hati ketika melihat teman yang telah berhasil melampauimu, cobalah untuk lebuh banyak bersyukur. Meskipun sangat susah, tetapi mau tidak mau kamu harus berani melakukannya demi kebaikan hati.

Bersyukurlah terhadap apa yang telah kamu dapatkan saat ini. Jangan terlalu lama melihat ke atas karena hal tersebut hanya akan menjadi bumerang untukmu suatu saat nanti. Jangan pernah berhenti untuk berusaha dan bersyukur meskipun keberhasilan tidak kunjung didapat.

Baca Juga: 5 Tips Atasi Perasaan Iri Melihat Hubungan Cinta Sahabat yang Harmonis

4. Jangan mencari-cari kesalahannya di belakang

Jika Tumbuh Rasa Iri Saat Temanmu Meraih Kesuksesan, Lakukan 5 Hal Iniunsplaah.com/ben white

Hargailah temanmu itu yang telah berhasil menemukan jalan kesuksesannya sendiri. Selagi tidak menjatuhkanmu dalam meraih semua kebahagiaan itu, alangkah lebih baik jika kamu senantiasa mendukung langkah-langkahnya. Jangan biarkan kedengkian menghanyutkanmu ke dalam keburukan sehingga kamu mencari celah untuk menjelekkannya di belakang.

Ingatlah bahwa hal tersebut dapat menyakiti hatinya dan akan membahayakan hubungan pertemananmu. Oleh karena itu mulai sekarang biasakan diri untuk tidak membicarakan keburukannya di belakang karena hal tersebut tidak ada gunanya.

5. Mulailah memupuk konsistensi diri agar kamu juga meraih sukses

Jika Tumbuh Rasa Iri Saat Temanmu Meraih Kesuksesan, Lakukan 5 Hal Iniunsplash.com/daniel chekalov

Sebelumnya telah disebutkan bahwa daripada larut dalam kedengkian, alangkah lebih baik jika kamu mulai memupuk konsistensi diri dari sekarang. Ingatlah bahwa kunci utama dari sebuah keberhasilan adalah konsistensi diri. Hal tersebut akan sangat membantumu dalam memudahkan jalan untuk meraih semua kesuksesan.

Jangan terlalu larut pada kesuksesan orang lain karena hal tersebut tidak akan membuatmu sukses pula. Mulailah melakukan berbagai macam kegiatan positif yang dapat menunjang keahlian sehingga kamu dapat mencapai puncak karier dengan mudah.

Rasa iri di dalam diri memang harus segera dihilangkan karena kamu tidak akan mendapatkan hal positif dari itu semua.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Logis Kamu Gak Perlu Iri sama Hidup Orang Lain di Medsos

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya