Comscore Tracker

5 Langkah Ini Dapat Membantumu agar Lebih Mencintai Diri Sendiri

Apakah kamu sudah mencintai diri sendiri?

Mencintai diri sendiri merupakan sebuah hal yang harus dilakukan oleh setiap orang agar bisa merasakan kebahagiaan. Namun dalam praktiknya, kebanyakan orang cenderung lebih mendahulukan kepentingan orang lain sehingga diri sendiri pun menjadi tidak terurus.

Jika kamu masih terjebak dalam kondisi itu, cepat-cepatlah berbenah. Ada beberapa hal yang dapat membantumu agar lebih mencintai diri sendiri melebihi apapun. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, coba simak pembahasannya berikut ini.

1. Jangan pernah mengesampingkan kepentingan pribadi

5 Langkah Ini Dapat Membantumu agar Lebih Mencintai Diri Sendiripexels.com/andrea piacquadio

Mendahulukan kepentingan pribadi merupakan senjata ampuh agar kamu lebih mencintai diri sendiri. Ingatlah bahwa kamu itu berhak untuk merealisasikan mimpi tanpa diganggu oleh orang lain. Mendahulukan kepentingan pribadi bukanlah hal yang egois jika itu menyangkut kebahagiaanmu.

Percayalah bahwa terkadang kamu perlu memberanikan diri untuk menolak segala permintaan tolong yang mengganggu perjuangan mimpi. Cobalah untuk lebih bersikap realistis dalam menjalani hidup agar kamu tidak mudah dibodohi.

2. Jangan pernah lupa untuk melakukan refleksi terhadap pencapaian

5 Langkah Ini Dapat Membantumu agar Lebih Mencintai Diri Sendiripexels.com/Masha Raymers

Sebelumnya telah disebutkan bahwa setiap orang pasti ingin semua mimpinya dapat terealisasi. Namun hal tersebut membutuhkan sebuah perjuangan yang cukup panjang sehingga kamu dituntut untuk bisa senantiasa memperbaiki diri. Salah satu cara memperbaiki diri yang paling ampuh yaitu dengan merefleksi semua pencapaian.

Dengan melakukan hal tersebut kamu pasti akan tahu apa saja yang perlu diperbaiki agar mimpi dapat mudah teralisasi. Maka dari itu mulai sekarang jangan pernah lupa untuk senantiasa merelfeksikan pencapaian agar kamu bisa menjadi manusia yang lebih berkualitas lagi.

Baca Juga: [QUIZ] Kami Tahu Bentuk Self Love Kamu dari Zodiakmu!

3. Jangan terlalu pelit terhadap kebahagiaan diri sendiri

5 Langkah Ini Dapat Membantumu agar Lebih Mencintai Diri Sendiripexels.com/andrea piacquadio

Tidak dapat dimungkiri bahwa kunci utama agar merdeka secara finansial yaitu dengan menabung. Namun hal tersebut tidak dapat dijadikan alasan untuk menyiksa diri dengan terlalu pelit terhadap kebahagiaan pribadi. Ingatlah bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu gak baik, begitupula dengan berhemat.

Jangan pernah ragu untuk memberikan self-reward terhadap diri sendiri. Hal tersebut dilakukan agar kamu bisa paham seberapa pentingnya melakukan apresiasi terhadap diri sendiri. Dengan adanya hal itu, kamu pasti akan lebih mencintai diri sendiri melebihi apapun.

4. Jangan terlalu memaksakan diri dalam memperjuangkan sesuatu

5 Langkah Ini Dapat Membantumu agar Lebih Mencintai Diri Sendiripexels.com/andrea piacquadio

Memiliki mimpi yang tinggi adalah sebuah keharusan dalam menjalani hidup. Namun jangan pernah lupa untuk bersikap realistis agar kamu tidak terlalu memaksakan diri. Ingatlah bahwa terkadang kamu perlu memperjuangkan sesuatu yang sesuai dengan kemampuanmu.

Jangan terlalu menjunjung tinggi idealisme jika kamu hanya memiliki kemampuan yang itu-itu saja. Lagipula hal tersebut hanya akan membuang-buang waktumu saja. Cobalah lakukan hal tersebut agar kamu dihindarkan dari kebiasaan memaksa sesuatu yang mustahil.

5. Jangan pernah mengorbankan kebahagiaan diri sendiri demi orang lain

5 Langkah Ini Dapat Membantumu agar Lebih Mencintai Diri Sendiripexels.com/Anastasia Shuraeva

Tidak dapat dimungkiri bahwa self-love itu harus di atas segalanya. Hal tersebut akan sangat berguna agar kamu bisa hidup bahagia sesuai kemauanmu. Berhenti mengorbankan kebahagiaan diri sendiri demi orang lain adalah langkah awal yang perlu dilakukan.

Kamu bebas menciptakan kebahagiaan diri sendiri selama hal tersebut tidak merugikan orang lain. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk berhenti menjadi seorang people pleaser agar kamu bisa merasakan kebahagiaan sesuai angan-anganmu.

Mencintai diri sendiri bukanlah tindakan egois yang gak boleh dilakukan oleh seseorang. Hal tersebut perlu dilakukan agar kamu bisa memiliki prinsip kuat dalam menjalani hidup.

Baca Juga: 8 Langkah Mudah Self-Love, Bikin Kamu Tambah Bahagia

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya