Comscore Tracker

Stop Lakukan 5 Hal Ini Ketika Kamu Merasa Banyak Melakukan Kesalahan

Jangan terperangkap pada perasaan bersalah #IDNTimesLife

Setiap orang pasti pernah melakukan sebuah kesalahan, entah itu disengaja ataupun tidak. Ketika hal itu terjadi, terkadang seseorang akan menyadarinya sehingga muncullah rasa menyesal dari dalam diri. Biasanya rasa menyesal itu akan menjadikan diri menjadi terperangkan terhadap rasa bersalah.

Hal itu sebenarnya cukup baik bila terjadi sebab bisa dijadikan sebagai sebuah pelajaran hidup. Namun terkadang tidak sedikit orang yang terlalu larut dalam kesalahan bersalah. Hal tersebut tentunya malah akan membuat diri menjadi down.

Ada beberapa hal yang harus stop dilakukan ketika kamu terjebak dalam perasaan bersalah setelah melakukan keburukan. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal apa saja yang dimaksud, simak pembahasan lengkapnya berikut ini, ya!

1. Terlalu berlebihan dalam menyalahkan diri sendiri

Stop Lakukan 5 Hal Ini Ketika Kamu Merasa Banyak Melakukan KesalahanIlustrasi stres (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Ketika perasaan bersalah muncul, janganlah kamu terlalu berlebihan dalam menyalahkan diri sendiri. Meskipun kamu benar-benar terbukti melakukan kesalahan, namun percayalah bahwa banyak hal yang juga terlibat di dalamnya.

Lagipula setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, kok! Jangan siksa dirimu dengan terlalu terpaku pada perasaan bersalah, ya! Percayalah bahwa semua kesalahan pasti bisa diperbaiki.

2. Merasa menjadi manusia yang tidak berguna

Stop Lakukan 5 Hal Ini Ketika Kamu Merasa Banyak Melakukan KesalahanIlustrasi kesedihan (pexels.com/Christian Muñoz)

Biasanya ketika perasaan bersalah itu muncul, kamu pasti menyesal terhadap apa yang telah terjadi. Dengan adanya hal tersebut, kamu akan merasa menjadi manusia yang tidak berguna. Padahal hidup itu tidak sejahat itu, kok! Sekali lagi ingatlah bahwa sejatinya sebuah kesalahan pasti bisa diperbaiki.

Roda kehidupan akan terus berputar seiring berjalannya waktu. Tetaplah berusaha untuk menjadi yang terbaik tanpa merendahkan diri sendiri, ya! Ingatlah bahwa kamu itu tetap berharga meskipun telah melakukan sebuah kesalahan.

Baca Juga: 5 Kesalahan Saat Menghibur Teman yang Sedang Bersedih, Jangan Diulang!

3. Menjauhi orang-orang yang kamu sakiti tanpa meminta maaf

Stop Lakukan 5 Hal Ini Ketika Kamu Merasa Banyak Melakukan KesalahanIlustrasi merenung di rumah (pexels.com/cottonbro)

Biasanya seseorang yang berbuat kesalahan itu cenderung menjauh dari sang korban. Hal itu sebenarnya gak boleh dilakukan sebab akan merusak hubungan sosial. Meminta maaf merupakan sebyah hal yang wajib dilakukan. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sebagai seorang manusia.

Jika kamu mau meminta maaf dengan ikhlas, orang tersebut pasti akan menerimanya. Yang harus kamu lakukan sekarang hanyalah mengakui semua kesalahan. Kamu juga akan mendapatkan banyak pelajaran berharga jika telah berhasil melewati semua struggle yang ada. Jangan menjauh dari orang tersebut dan cobalah untuk tetap menjaga hubungan baik.

4. Terlalu terpaku dengan perasaan bersalah sehingga tidak mau mengembangkan diri

Stop Lakukan 5 Hal Ini Ketika Kamu Merasa Banyak Melakukan KesalahanIlustrasi kesedihan (pexels.com/Liza Summer)

Di awal sudah disebutkan bahwa seseorang yang berbuat salah itu pikirannya akan kalut. Ketika hal itu terjadi, kamu akan terus-terusan merenungkan apa yang telah diperbuat. Namun, hal tersebut biasanya akan mendorongmu untuk malas melakukan apa-apa. Kamu tidak mau mengembangkan diri sebab perasaan bersalah itu terlalu terbayang. Coba buang hal tersebut secara perlahan demi kebaikan dirimu, ya!

5. Terlalu menjauh dengan Tuhan

Stop Lakukan 5 Hal Ini Ketika Kamu Merasa Banyak Melakukan KesalahanIlustrasi merenung (pexels.com/dids)

Satu hal yang bisa membuatmu merasa tenang ketika terjebak dalam perasaan bersalah adalah mendekatkan diri ke Tuhan. Jika sebelumnya kamu terlalu jauh kepadaNya karena cenderung sibuk dengan urusan duniawi, cobalah untuk mengurangi hal buruk semacam itu. Ingatlah bahwa apapun yang terjadu di dunia ini adalah kehendak Tuhan.

Mulailah untuk mendekatkan diri kepadaNya sebab Tuhanlah satu-satunya penolongmu. Perkuat ibadahmu agar hubunganmu dengan Tuhan ikut membaik. Lakukan hal tersebut secara ikhlas agar kamu bisa mendapatkan banyak kebaikan.

Menghilangkan perasaan bersalah dari dalam diri memang bukanlah hal yang gampang. Namun kamu bisa memulainya dengan berhenti melakukan kelima hal buruk di atas. Semangat memperbaiki diri, ya!

Baca Juga: 5 Tanda Sederhana Kamu Sudah Jadi Dirimu Sendiri

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya