Comscore Tracker

5 Tanda Sederhana Kamu Sudah Jadi Dirimu Sendiri

Cek sama-sama, yuk

Dari dulu kamu pasti  sering sekali mendengar ungkapan yang mengatakan bahwa kamu harus jadi diri kamu sendiri. Namun, pada perjalanannya konsep menjadi diri sendiri bagi sebagian orang masih terlalu abstrak dan sulit dimengerti.

Tapi, tenang saja sederet ciri berikut bakal bantu kamu untuk tahu apa saja, sih ciri sederhana yang menunjukkan kalau kamu sudah jadi diri sendiri. Penasaran, dong apa saja ciri yang dimaksud? Cari tahu sama-sama, yuk!

1. Punya prinsip dalam hidup

5 Tanda Sederhana Kamu Sudah Jadi Dirimu SendiriIlustrasi pria (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Salah satu ciri kalau kamu sudah menjadi dirimu sendiri adalah kamu telah memiliki prinsip dalam hidup. Apapun prinsip yang kamu miliki kamu sama sekali gak terpengaruh dengan orang lain.

Gak hanya itu saja prinsip yang kamu miliki terus kamu pegang teguh sampai kapan pun. Sehingga, apapun hal buruk yang menimpa kamu, kamu sama sekali gak akan goyah. Jadi, bagaimana, nih kamu sudah menemukan belum prinsip dalam hidup kamu?

2. Mampu menghargai perbedaan

5 Tanda Sederhana Kamu Sudah Jadi Dirimu SendiriIlustrasi orang yang berdiskusi (Pexels.com/Jopwell)

Kamu sadar betul bahwa setiap individu dilahirkan dengan perbedaan. Karena perbedaan itu juga yang menajdikan setiap orang lebih untik. Lagipula perbedaan saat disatukan juga akan indah, bukan?

Saat kamu sudah menjadi diri kamu sendiri kamu akan lebih mampu untuk menghargai perbedaan, lho. Kamu paham jika apa yang kamu yakini gak bisa dipaksa untuk diterapkan pada orang lain begitu juga sebaliknya apa yang diyakini orang lain gak bisa dipaksa untuk diterapkan pada diri kita.

3. Bisa jujur kepada diri sendiri

5 Tanda Sederhana Kamu Sudah Jadi Dirimu SendiriIlustrasi wanita (Pexels.com/Polina Sirotina)

Bisa jujur kepada diri sendiri merupakan salah satu hal yang sulit dilakukan namun, akan sangat nyaman jika sudah dijadikan kebiasaan. Sekecil apapun itu bentuknya, kamu harus berani untuk mulai jujur kepada diri sendiri.

Karena jika kepada diri sendiri saja kamu gak bisa jujur bagimana kamu kepada orang lain? Jujur kepada diri sendiri itu sangat menyenangkan, lho. Yuk, muali kebiasaan ini jika kamu belum pernah melakukannya sama sekali.

Baca Juga: Ini 5 Akibat bila Terlalu Sering Menutupi Kesedihanmu, Jujur Saja

4. Mau menurunkan ego

5 Tanda Sederhana Kamu Sudah Jadi Dirimu SendiriIlustrasi dua orang bertengkar (Pexels.com/Polina Zimmerman)

Mengakui kesalahan dan meminta maaf merupakan contoh ego yang sulit ditaklukan oleh individu. Namun, jika kamu sudah jadi dirimu sendiri menurunkan ego bukanlah hal yang sulit. Lagipula dalam hidup ini kita gak selamanya selalu benar, kan? Terkadang banyak kesalahan juga yang kita lakukan. Untuk itu butuh keberanian dan kesadaran yang tinggi untuk menurunkan ego.

5. Berani mengeluarkan pendapat kepada orang lain

5 Tanda Sederhana Kamu Sudah Jadi Dirimu SendiriIlustrasi presentasi (Pexels.com/Fauxels)

Saat kamu sudah menjadi diri sendiri kamu pasti akan jauh lebih berani untuk mengeluarkan pendapat kepada orang lain. Karena kamu meyakini betul apa yang kamu yakini atas pendapat kamu.

Kamu gak ragu untuk menyampaikan apa yang ada dalam benakmu kepada orang lain. Kalau kamu belum jadi diri sendiri sudah bisa dipastikan untuk menyampaikan hal sesederhana apapun pasti akan sedikit mengalami kesulitan.

Demikian tadi beberapa ciri yang tunjukkan kalau kamu sudah jadi dirimu sendiri. Lebih nyaman bukan jadi diri sendiri?

Baca Juga: 6 Hal yang Membentukmu Menjadi Perempuan yang Percaya Diri

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya