Comscore Tracker

5 Sikap yang Harus Ditunjukkan jika Kebaikanmu Tidak Dibalas Orang

Jangan keburu emosi, ya!

Usai berbuat baik, setiap orang pasti butuh apresiasi agar merasa senang. Namun, pada kenyataannya tidak semua orang mau menunjukkan sikap apresiatif. Hal tersebut membuatmu merasa apa yang kamu lakukan tidak dihargai orang lain.

Jika hal yang menjengkelkan itu terjadi, janganlah kamu keburu terbawa emosi. Sebenarnya, ada beberapa cara bijak yang bisa dilakukan saat kebaikanmu tidak dibalas oleh orang lain. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak pembahasan berikut ini.

1. Jangan terlalu memperlihatkan bahwa kamu ingin diakui

5 Sikap yang Harus Ditunjukkan jika Kebaikanmu Tidak Dibalas Orangilustrasi marah (unsplash.com/Obiz Fernandez)

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan bersikap seolah-olah kamu tidak haus akan pengakuan. Memang sungguh menjengkelkan jika perbuatan baik yang sudah dilakukan tidak terbalas. Namun, kamu tidak boleh memaksa orang lain untuk mengapresiasimu.

Sebuah apresiasi itu biasanya timbul dengan niat yang ikhlas. Memaksa orang lain untuk mengapresiasi kebaikanmu hanya akan membuatmu kehilangan harga diri. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk bersikap biasa-biasa saja meskipun kebaikanmu tak diakui.

2. Tetaplah berbuat baik dan anggap hal tersebut sebagai sebuah investasi

5 Sikap yang Harus Ditunjukkan jika Kebaikanmu Tidak Dibalas Orangilustrasi berbuat baik (unsplash.com/Jon Tyson)

Meskipun tidak dihargai, kamu wajib tetap mempertahankan perbuatan baik. Kamu bisa menganggap hal positif yang kamu lakukan sebagai sebuah investasi. Maksudnya di sini adalah kebaikanmu saat ini pasti akan menghasilkan sesuatu yang menguntungkan di kemudian hari.

Salah satu contoh gampangnya adalah ketika kamu sedang merasakan kesusahan, pasti ada orang yang secara sukarela membantumu. Hal tersebut didapatkan karena kamu sudah terbiasa berbuat baik tanpa meminta imbalan.

Baca Juga: Apresiasi: Pengertian, Fungsi dan Tingkatannya

3. Jangan membalas hal tersebut dengan perilaku yang buruk

5 Sikap yang Harus Ditunjukkan jika Kebaikanmu Tidak Dibalas Orangilustrasi bertengkar (unsplash.com/Roland Samuel)

Pada dasarnya setiap manusia memang harus bersikap baik meskipun sering dijahati orang lain. Saat kamu sudah bersikap baik, namun ia tidak membalas, jangan sekali-sekali melakukan sebuah keburukan kepadanya. Hal itu hanya akan menghilangkan kemurnian hatimu yang sebelumnya sudah ditanam.

Tetaplah bersikap biasa saja dengan tidak menganggu kehidupannya. Meskipun ia tidak membalas kebaikanmu, kamu masih tetap bisa hidup bahagia, kok! Kamu hanya perlu membiasakan diri untuk bisa menerima apapun tanggapan orang lain terkait sikapmu.

4. Jangan menghakiminya karena hal tersebut hanya buang-buang waktu

5 Sikap yang Harus Ditunjukkan jika Kebaikanmu Tidak Dibalas Orangilustrasi bertengkar (unsplash.com/Sebastian Herrmann)

Banyak orang yang beranggapan bahwa waktu adalah uang. Hal tersebut membuat seseorang harus memanfaatkan setiap momen dengan baik agar hidupnya tidak sia-sia. Salah satu contohnya adalah dengan tidak terlalu haus akan pengakuan saat kebaikanmu tidak terbalaskan.

Terkadang, seseorang mengabaikan kebaikanmu itu karena gengsi untuk mengucapkan terima kasih. Jangan memaksa orang semacam itu sebab hanya akan membuang-buang waktumu. Alangkah lebih baik jika kamu berfokus untuk menebar kebaikan ke semua orang.

5. Cobalah untuk menjauh dari sana, namun tidak dengan mencari masalah

5 Sikap yang Harus Ditunjukkan jika Kebaikanmu Tidak Dibalas Orangilustrasi bertengkar (unsplash.com/Charlier Foster)

Jika kamu memang tipikal orang yang haus akan pengakuan, cobalah untuk menjauh dari orang semacam itu. Hal tersebut sebenarnya sah-sah saja untuk dilakukan sebab kamu memiliki hak untuk menyaring lingkaran pertemanan.

Namun, kamu tetap harus menjauh secara perlahan tanpa membuat masalah. Cobalah untuk mencari lingkaran pertemanan yang sesuai dengan pandanganmu. Jika sudah menemukannya, hidupmu pasti akan lebih tenang. Jangan cari keributan dengan orang yang tidak bisa mengapresiasi, ya!

 

Terkadang, sikap baik yang kamu tunjukkan ke orang lain tidak akan terbalas secara setimpal. Namun, kamu harus menyadari dan memaklumi hal tersebut sebab tidak semua orang memiliki empati untuk saling menghargai.

Baca Juga: 5 Kebaikan Milenial yang Dapat Membantu Indonesia Kala Pandemi

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya