Comscore Tracker

Jangan Takut, 5 Alasan Pentingnya Berada di Lingkungan yang Kompetitif

Membuatmu memiliki mental seorang pemenang

Sebagian orang sering menghindar berada di lingkungan yang kompetitif. Lingkungan yang kompetitif menuntut setiap orang untuk keluar dari zona nyaman dan saling bersaing untuk mencapai standar yang harus dicapai. Tidak jarang karena mental dan fisik yang belum kuat membuat orang-orang tidak betah berada dalam lingkungan tersebut.

Memang tidak mudah untuk bisa bertahan dalam lingkungan yang kompetitif, namun jika kamu sudah terbiasa hal tersebut bisa menjadi capaian kesuksesanmu. Di bawah ini terdapat 5 alasan pentingnya berada di lingkungan yang kompetitif. Jangan pernah menghindarinya karena ada keuntungan yang bisa kamu ambil.

1. Melatih mental dan fisik

Jangan Takut, 5 Alasan Pentingnya Berada di Lingkungan yang KompetitifPexels/Andrea Piacquadio

Berada di lingkungan yang kompetitif menjadikanmu memiliki mental yang kuat. Di lingkungan tersebut kamu bersaing dengan siapa pun bahkan bisa temanmu sendiri. Tidak ada waktu untuk banyak bersantai. Setiap hari kamu akan disibukkan untuk mencapai target-target yang sudah ditentukan.

Sangat penting untuk terus menjaga mental agar tidak down ketika melihat capaian orang lain. Kegagalan pasti akan kamu rasakan, namun sikap ketika menghadapi kegagalan tersebut lebih penting. Selain itu fisikmu akan terkuras dengan rutinitas sehari-hari. Kamu perlu menjaga stamina agar tidak cepat lelah. Meski melelahkan, berada dalam lingkungan yang kompetitif membuatmu memiliki jiwa bersaing dan tidak takut terhadap kegagalan.

2. Belajar jeli melihat kesempatan

Jangan Takut, 5 Alasan Pentingnya Berada di Lingkungan yang KompetitifPexels/Andrea Piacquadio

Dengan banyaknya pesaing yang mengejar tujuan yang sama, sangat penting untuk bisa berinovasi dan membuat perbedaan dari yang orang lain lakukan. Berada di lingkungan tersebut membuatmu terus mengasah otak untuk mencari kesempatan.

Semakin lama kamu akan terbiasa dan mudah memunculkan ide yang kreatif dan inovatif. Dengan banyaknya pesaing kamu akan belajar memanfaatkannya sebaik mungkin. Siapa yang paling efektif dan efisien merealisasikan idenya yang akan jadi pemenang. Jangan mudah menyerah untuk terus mencari peluang dan solusi yang kreatif.

3. Menantang diri untuk terus mengembangkan keterampilan

Jangan Takut, 5 Alasan Pentingnya Berada di Lingkungan yang KompetitifPexels/mentatdgt

Untuk bisa bertahan dalam lingkungan tersebut tentu kamu membutuhkan keterampilan yang mumpuni. Kamu akan bertemu banyak orang dengan keterampilan dan ide hebat lainnya. Maka sangat wajib bagi kamu untuk terus mengembangkan keterampilan. Selain itu ada keuntungan yang tidak kamu sadari bisa dapatkan.

Secara tidak langsung wawasanmu akan bertambah dan tahu ketrampilan apa yang sedang dibutuhkan. Lingkungan yang kompetitif akan menantangmu untuk terus mengembangkannya bukan satu keahlian saja. Seringkali siapa yang lebih cepat menguasai dialah pemenangnya.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Konon Sangat Kompetitif dan Tak Mau Kalah

4. Lingkungan yang kompetitif menuntutmu untuk terus produktif

Jangan Takut, 5 Alasan Pentingnya Berada di Lingkungan yang KompetitifPexels/Rene Asmussen

Sangat penting untuk menjaga diri agar terus berada di lingkungan yang kompetitif. Lingkungan tersebut akan membentuk dirimu menjadi lebih produktif. Mungkin jika kamu sudah terbiasa berada dalam zona nyaman tentu hal tersebut sangat sulit ketika di awal.

Namun ketika sudah terbiasa kamu akan memiliki banyak waktu produktif daripada melakukan hal-hal yang tidak berguna. Bukankah setiap orang akan memiliki karakter yang sama dengan lingkungannya? Berada di lingkungan yang kompetitif membuatmu memiliki jiwa seorang pemenang dan tidak mudah takut.

5. Membuatmu lebih menghargai orang lain

Jangan Takut, 5 Alasan Pentingnya Berada di Lingkungan yang KompetitifPexels/Andrew Neel

Akan ada banyak orang yang kamu temui dalam lingkungan yang kompetitif. Setiap orang memiliki ide dan sifat yang beragam. Meski mereka adalah pesaingmu namun kamu tetap harus memiliki toleransi dan bisa mengapresiasi kinerja orang lain. Dari sini kamu akan belajar banyak menghargai prestasi-prestasi yang diterima orang lain.

Memang tidak setiap waktu kamu bisa menjadi pemenang, namun dari hal tersebut kamu bisa lebih menghargai orang lain termasuk menghargai perbedaan satu sama lain. Jangan sampai kamu menilai rendah orang lain, karena setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing.

Berada dalam lingkungan yang kompetitif membuat kita lebih sering introspeksi diri dan terus mencari target yang perlu dicapai. Meski tidak mudah bertahan dalam lingkungan yang kompetitif namun baik sukses atau gagal kamu akan mendapatkan pelajaran yang tidak terlupakan.

Baca Juga: 5 Tips Menerapkan Belajar Berkelanjutan Agar Kamu Tetap Kompetitif

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya