Comscore Tracker

Penuh Cobaan, 5 Hal Ini Akan Datang Padamu Saat Hidup Mengejar Passion

Apakah kamu juga pernah merasakannya?

Menentukan tujuan hidup sesuai passion bukanlah hal yang mudah. Terkadang kita terus mempertanyakan apakah keputusan yang sekarang kita kerjakan adalah pilihan hidup yang tepat atau tidak? Mungkin tujuan hidup setiap orang sangat subjektif, namun setiap tujuan hidup yang benar selalu membuat perasaan kita tenang, dan nyaman mengerjakannya.

Jika kamu saat ini sedang mengerjakan sesuatu, mungkin sekarang saatnya untuk mengetahui tanda-tanda dalam perjuanganmu. Berikut ini terdapat lima hal yang akan kamu rasakan saat mencoba hidup mengejar passion. 

1. Kamu akan menerima banyak masukan, namun pastikan kamu sendiri yang memutuskan 

Penuh Cobaan, 5 Hal Ini Akan Datang Padamu Saat Hidup Mengejar PassionPexels/August de Richelieu

Setiap orang berhak memberikan saran kepada kita, terutama bagi orang-orang terdekat. Namun kamu harus memastikan bahwa apa yang kamu kerjakan adalah keputusan yang kamu pilih. Terkadang orang lain tidak mengetahui dengan pasti apa yang benar-benar kita inginkan.

Jika kamu menerima mentah-mentah apa yang orang lain katakan, bisa jadi kamu akan semakin jauh dari tujuan hidupmu. Kamu memiliki kebebasan untuk memilih jalan mana yang tepat, kuncinya adalah kamu mengambil tanggung jawab dengan keputusanmu.

2. Tidak selalu bahagia, namun kamu merasa puas dan nyaman mengerjakannya

Penuh Cobaan, 5 Hal Ini Akan Datang Padamu Saat Hidup Mengejar PassionPexels/Ketut Subiyanto

Nyaman dan bahagia adalah suatu kondisi yang berbeda. Terkadang apa yang kamu kerjakan sekarang belum bisa membuatmu bahagia, namun bukan berarti itu tujuan yang salah. Sedangkan ketika kamu nyaman mengerjakannya, kamu bisa memahami bahwa ada proses yang harus kamu lalui.

Semua orang memulai dari tempat terbawah dalam hidupnya, karena itu seseorang harus bisa menemukan lebih banyak kedamaian bukan kebahagiaan. Terkadang apa yang membuat kita bahagia bisa menjebak pada perasaan yang sementara. Jadi kamu harus merasa nyaman dengan apa yang ada dalam dirimu terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Jenis Pengorbanan yang Harus Kamu Keluarkan Demi Mengejar Passion 

3. Terkadang kamu merasa ada yang selalu mencoba menggagalkanmu 

Penuh Cobaan, 5 Hal Ini Akan Datang Padamu Saat Hidup Mengejar PassionPexels/Andrea Piacquadio

Tujuan hidup kita merupakan harapan yang membawa kita ke tempat yang kita inginkan. Salah satu tanda yang membuktikan bahwa kamu sedang mengejar passion, adalah adanya halangan untuk sampai ke tujuan tersebut. Biasanya halangan tersebut yang membuat kita patah semangat, dan mengancam kita untuk mundur.

Namun kamu dapat memutuskan sendiri pilihan hidupmu, apakah akan mencari solusi atau cukup berhenti. Biasanya selalu ada yang mencoba menggagalkan rencana yang sudah kita susun, jadi pastikan bahwa kamu memilih pilihan yang pertama.

4. Tanpa kamu sadari sebenarnya tujuan tersebut selaras dengan seluruh aspek kehidupanmu 

Penuh Cobaan, 5 Hal Ini Akan Datang Padamu Saat Hidup Mengejar PassionPexels/cottonbro

Idealnya, apa yang kamu kerjakan harus selaras dengan tujuan yang lain. Jadi tujuan hidupmu mencakup semua aspek dalam kehidupan. Kamu harus bisa menyeimbangkan antara kerja keras dan kesehatan, atau kekayaan dan kebahagiaan. Jangan sampai ada satu aspek yang harus dikorbankan.

Semakin seimbang apa yang kamu kerjakan, akan lebih mudah menikmati hidup. Bahkan perjuangan yang kamu rasakan menjadi tidak memberatkan. Kamu merasa bersyukur atas apa yang sudah didapatkan, dan berjuang lagi esok hari. Tujuan hidup kita selalu menuntun untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

5. Kamu merasa harus berjuang, meski pernah ada pikiran untuk pindah haluan 

Penuh Cobaan, 5 Hal Ini Akan Datang Padamu Saat Hidup Mengejar PassionPexels/Ba Tik

Terkadang saking sulitnya mencapai tujuan tersebut, kita sering terjebak dan menyerah untuk berjuang. Hampir setiap orang pasti pernah mengalaminya, sehingga berpikir untuk pindah haluan. Hal ini sangat wajar terjadi ketika kamu menemui tujuan hidup yang benar.

Sesekali mungkin kamu butuh waktu untuk rehat sejenak, namun bukan berarti berhenti. Jangan merasa terjebak dalam perjuangan tersebut dan berpikir bahwa tidak ada yang bisa kita ubah. Perjuangan tersebut justru membuktikan bahwa ada kesuksesan besar di baliknya.

Mungkin saat ini kamu sedang sedang berjuang mengejar passion, dan mengalami stuck dalam kehidupan. Sekarang saatnya kamu bisa bangkit dan mewujudkan impian tersebut.

Baca Juga: Yakin Mau Mengejar Passion? Baca 5 Hal Ini dan Coba Pikirkan

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya