Comscore Tracker

Ketahui, 5 Alasan Kenapa Menjadi Pendiam Itu Bukan Pilihan yang Tepat

Jangan sampai kamu terus sembunyi dibalik bayang-bayangmu

Sifat pendiam merupakan salah satu karakter individu yang cenderung untuk memilih sendiri dan tidak begitu aktif dalam kehidupan sosial. Orang pendiam lebih tertarik terhadap perasaan dan pemikirannya sendiri daripada menghabiskan waktu bertukar pikiran dengan orang lain. Sifat pendiam merupakan karakteristik dari seseorang yang berkepribadian introver.

Dalam kehidupan sosialnya seorang pendiam memiliki beberapa stigma buruk seperti tidak mudah bergaul, sulit diajak diskusi, membosankan hingga susah dimengerti. Meski begitu kita tidak bisa mengesampingkan orang-orang berkepribadian introver mampu meraih apa yang dicita-citakan. Terdapat banyak orang hebat di dunia ini dengan kepribadian tersebut mampu membuat dunia seperti apa yang dirancang dalam pikirannya.

Namun, tahukah kamu jika memilih bungkam itu tidak lantas selalu pilihan yang tepat? Tentu memilih diam perlu waktu dan tempat yang pas. Ada beberapa alasan kenapa kamu harus memilih bicara daripada terus berurusan dengan diammu, berikut 5 alasan yang perlu kamu tahu.

1. Orang lain tidak tahu keinginanmu, sehingga kesepakatan yang bulat sulit dicapai

Ketahui, 5 Alasan Kenapa Menjadi Pendiam Itu Bukan Pilihan yang TepatPexels/Pixabay

Perilaku diammu sangat tidak tepat jika kamu lakukan ketika berada dalam forum. Karena orang pendiam sebenarnya memiliki banyak pikiran yang ada di pikirannya namun jarang untuk berani mengungkapkannya.

Jika terus bersembunyi di balik ketakutanmu, kamu akan sulit berkembang dalam lingkungan sosialmu. Kamu harus tahu penyebab ketakutan dan sikap diammu. Dengan itu kamu bisa mulai bicara sedikit demi sedikit. Jangan salah, karena bicaranya orang diam yang singkat tersebut biasanya sangat elegan dan dihormati orang lain.

2. Dalam lingkungan sosial, perilaku diammu bisa diartikan tidak peduli atau tidak suka

Ketahui, 5 Alasan Kenapa Menjadi Pendiam Itu Bukan Pilihan yang TepatPexels/Dương Nhân

Perilaku diammu akan cenderung dinilai sebagai sikap tidak peduli, tidak suka bahkan sombong. Meski minim komunikasi kamu perlu klarifikasi atas sikap bawaanmu tersebut. Mulailah mencari cara komunikasi yang efektif bagi seseorang pendiam, kamu bisa mencoba dengan menuliskannya, berbicara empat mata saja atau melalui orang ketiga.

Tunjukkan bahwa kepedulianmu ditunjukkan dengan cara yang berbeda, seseorang yang pendiam adalah pemikir yang handal loh.

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Orang Pendiam yang Selama Ini Tidak Kamu Duga

3. Orang lain akan menjadi sungkan berbicara denganmu

Ketahui, 5 Alasan Kenapa Menjadi Pendiam Itu Bukan Pilihan yang TepatUnsplash/Warren Wong

Ketika berada dalam lingkungan baru seorang pendiam memiliki kelemahan dalam mencari relasi. Untungnya orang yang pendiam akan memiliki teman baru dengan karakter yang sama dan loyal. Pendiam sangat selektif dan sulit beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Hal ini akan membentuk kesan tertutup sehingga orang lain tidak berani mengusik ranah pribadi seorang pendiam. Meski ada baik dan buruknya, perilaku tersebut tidak perlu ditunjukkan kepada semua orang. Suatu saat kamu akan membutuhkan bantuan orang lain. 

4. Kamu hanya akan jadi pengikut

Ketahui, 5 Alasan Kenapa Menjadi Pendiam Itu Bukan Pilihan yang TepatUnsplash/ Kevin Lee

Meski orang pendiam terkesan susah dipengaruhi namun jika tidak memiliki media komunikasi yang tepat tidak menutup kemungkinan seorang pendiam hanya akan menjadi pengikut. Sikap diammu bisa disalahartikan sebagai persetujuan, padahal bisa saja kamu mempunyai kritik yang selama ini kamu simpan.

Tidak seharusnya kamu terus-terusan untuk menjadi pengikut orang lain, beberapa ide cemerlangmu perlu berani kamu keluarkan. Dan kamu akan menjalani sesuai apa yang kamu inginkan.

5. Sebenarnya saranmu selama ini ditunggu teman-temanmu

Ketahui, 5 Alasan Kenapa Menjadi Pendiam Itu Bukan Pilihan yang TepatPexels/Tess Emily Seymour

Jangan salah sangka dengan temanmu yang selama ini mendesakmu untuk berbicara. Justru itu bisa menjadi awal yang baik karena lingkunganmu mendukungmu untuk berkembang. Selain itu, sebenarnya orang-orang disekitarmu sangat menunggu dan membutuhkan saranmu.

Jangan sampai kesempatan ini kamu lewatkan. Sebagai awal bersosialisasi ungkapkanlah dengan singkat dan hindari kalimat yang tidak perlu. Suatu saat temanmu akan menjadi sangat bergantung dan membutuhkanmu.

Tidak selamanya seorang pendiam harus menerima stigma yang buruk. Dibalik keterbatasannya seorang pendiam sebenarnya menyimpan banyak ide yang brilian. Hanya saja dalam lingkungan sosialnya seorang pendiam harus mampu berkembang untuk lebih adaptif. Tidak ada salahnya mencoba sesuatu hal baru.

Baca Juga: Tak Perlu Banyak Ngobrol, 6 Profesi Ini Cocok untuk Kamu yang Pendiam

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya