Comscore Tracker

Self Deprecating, 6 Zodiak yang Selalu Menghancurkan Mentalnya Sendiri

Biasanya mereka yang punya perasaan sensitif

Seringkali perasaan rendah diri membuat seseorang kesulitan menjalani hidup. Rasa percaya diri yang kurang, dan gampang insecure melihat kelebihan orang lain menandakan bahwa kita telah mencela diri atau self deprecating. Seseorang yang mengalami self deprecating akan sering menyalahkan perilakunya sendiri dan memberi tekanan pada diri sendiri. Tidak jarang mereka sering menunjukkan kesalahan yang dirinya lakukan pada orang lain.

Dalam astrologi karakter ini memiliki keterkaitan dengan tanda zodiak tertentu. Terdapat enam zodiak yang paling sering mengalami self deprecating. Mereka merendahkan dirinya di depan orang lain, dan merasa terjebak pada perasaan bersalah yang sulit dihilangkan.

1. Pisces  

Self Deprecating, 6 Zodiak yang Selalu Menghancurkan Mentalnya SendiriPexels/Athena

Pisces mungkin terlihat rendah hati, padahal seringkali itu disebabkan karena kurangnya rasa percaya diri dalam dirinya. Mereka sering mencela dan merendahkan dirinya, tanpa orang lain ketahui. Pisces juga tidak akan menceritakan keburukan dalam dirinya kepada siapa pun. Hal tersebut justru membuat dirinya semakin merasa insecure. Pisces menyadari bahwa hidup terkadang kejam, dan mereka beranggapan itu disebabkan karena ketidakmampuan dirinya mengatasinya.

2. Cancer  

Self Deprecating, 6 Zodiak yang Selalu Menghancurkan Mentalnya SendiriPexels/JESSICA TICOZZELLI

Sering menyalahkan diri sendiri itulah cancer. Karena baginya lebih aman marah pada dirinya daripada menyalahkan pada orang lain.  Cancer takut menyalahkan orang lain akan membuat masalah semakin besar. Di luar mereka pendiam, dan orang-orang menghargai sikapnya yang ramah dan baik kepada siapa pun. Padahal dalam dirinya sedang ada pergolakan besar, terutama sisi emosionalnya yang tidak terkendali. Mereka memilih menyalurkan kekesalannya hanya kepada dirinya sendiri. Cancer akan memendamnya.

3. Libra  

Self Deprecating, 6 Zodiak yang Selalu Menghancurkan Mentalnya SendiriPexels/cottonbro

Sebagai lambang timbangan, libra selalu menjaga keseimbangan dalam dirinya. Mereka akan mencoba tetap tenang dan mengendalikan dirinya. Bahkan libra akan berdiri sendiri menghadapi masalahnya, meski sebenarnya itu bukan sifat aslinya. Mereka hanya mencoba mengetahui seberapa baik dirinya menyelesaikan masalah dalam hidupnya. Terkadang mereka juga akan membuat langkah mundur hanya untuk memperbaiki kesalahan yang dirinya lakukan. Libra akan memulainya dari awal lagi, karena ada rasa tanggung jawab dalam dirinya.

Baca Juga: Prediksi Zodiak 30 September 2020, Masih Banyak yang Mendukung Taurus!

4. Aquarius  

Self Deprecating, 6 Zodiak yang Selalu Menghancurkan Mentalnya SendiriPexels/JESSICA TICOZZELLI

Ketika berada di bawah tekanan aquarius cenderung akan merendahkan dirinya. Mereka tidak akan menjelaskannya kepada orang lain, karena mereka selalu menghindari untuk melibatkan orang lain. Aquarius lebih memilih untuk introspeksi diri, dan merefleksikan apa yang terjadi. Mereka ingin mendapat pencapaian yang hanya berasal dari dirinya. Mereka mencoba mencari cara untuk memberikan yang terbaik murni dari hasilnya. Yang sayangnya perilaku tersebut sangat buruk untuk kesehatan mental dirinya.

5. Gemini  

Self Deprecating, 6 Zodiak yang Selalu Menghancurkan Mentalnya SendiriPexels/Vlada Karpovich

Gemini punya cara tersendiri untuk menenangkan dirinya. Mereka akan melihat ke belakang permasalahan yang terjadi, dan menghindari untuk menyinggung orang lain. Mereka membuat cara sendiri dalam menjalani hidup dengan tetap tenang, dan diam dalam menghadapi masalah. Mereka justru merasa nyaman ketika menyalahkan dirinya daripada orang lain. Mereka membuat hidup jauh lebih tenang dengan hal tersebut. Meskipun jika terlalu sering gemini akan mengalami stres dan tekanan mental.

6. Capricorn  

Self Deprecating, 6 Zodiak yang Selalu Menghancurkan Mentalnya SendiriPexels/Vlada Karpovich

Rasa tidak percaya diri capricorn muncul karena mereka sering ragu dengan kemampuan dirinya. Mereka sering tidak mampu mengatasi kebuntuan dalam dirinya saat mengejar tujuan hidupnya. Jadi pelampiasan atas kegagalannya pasti mereka arahkan kepada diirnya sendiri. Mereka menghabiskan banyak waktu untuk mengatasi hal tersebut.

Memang pada akhirnya mereka memiliki kompetensi sebagai individu yang hebat, namun ada proses berat yang mereka lalui. Capricorn selalu memaksakan dirinya menjadi lebih baik, dan membuatnya semakin tertekan.

Perilaku self deprecating seringkali membuat seseorang tidak percaya diri dalam meraih tujuan hidupnya. Self deprecating bisa diatasi dengan mencari tahu potensi diri, menghindari untuk membanding-bandingkan, dan memberi apresiasi atas pencapaian diri sendiri.

Baca Juga: 7 Zodiak Keras Kepala yang Katanya Paling Benci Perubahan, Kamu?

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya