Comscore Tracker

Sering Merasa Bersalah, 6 Zodiak Ini Terlalu Menilai Rendah Dirinya 

Mereka jadi membenci dirinya sendiri 

Setiap orang pasti tidak ingin melakukan kesalahan. Namun jika diambil dari sisi positifnya, setiap kesalahan tentu bisa membuat diri kita menjadi lebih baik karena selalu ada pelajaran dibaliknya. Tetapi tidak semua orang bisa berpikir positif ketika ada masalah yang sedang dihadapi.

Keenam zodiak ini sering merasa bersalah dan merasa bertanggung jawab atas kesalahan tersebut. Perilakunya ini sering membuatnya menilai rendah diri mereka sendiri. Apakah kamu salah satunya?

1. Cancer

Sering Merasa Bersalah, 6 Zodiak Ini Terlalu Menilai Rendah Dirinya Pexels.com/Ketut Subiyanto

Sifat narsis dalam diri Cancer sering mermbuat mereka merasa bertanggung jawab atas semua yang terjadi. Akibatnya, kebahagiaannya sangat ditentukan oleh orang lain. Ketika orang lain tidak merespon dengan baik kesalahan tersebut, Cancer justru merasa sedih dan merasa harus menanggungnya sendiri.

Cancer menjadi pesimis dan menganggap dirinya gagal. Mereka pun sering mencaci diri mereka sendiri dan berpikir tentang kesalahan tersebut. Tetapi baiknya, rasa bersalah Cancer selalu bisa dikendalikan. Mereka tahu kapan harus berhenti dan memperbaikinya.

2. Virgo

Sering Merasa Bersalah, 6 Zodiak Ini Terlalu Menilai Rendah Dirinya Pexels.com/Andrea Piacquadio

Virgo memiliki standar yang tinggi dalam setiap hal, sehingga mereka cenderung memandang remeh orang lain. Ketika kesalahan terjadi, Virgo sering merasa bersalah. Mungkin karena menurutnya tidak ada orang lain yang bisa diandalkan selain dirinya.

Virgo secara otomatis menganggap dirinya merupakan sumber kesalahan. Sebagai seorang pemikir, waktu Virgo akan habis untuk memikirkan masalah tersebut. Banyak hal yang ada dalam pikirannya, dan berakibat pada hidupnya yang berantakan.

3. Capricorn

Sering Merasa Bersalah, 6 Zodiak Ini Terlalu Menilai Rendah Dirinya Pexels.com/Polina Zimmerman

Capricorn gampang merasa bersalah dan menilai rendah dirinya. Capricorn merupakan seseorang yang teratur, dan selalu melaksanakan pekerjaan dengan disiplin. Dalam bekerja, mereka memiliki harapan untuk memberikan yang terbaik.

Namun seringkali ekspektasi tersebut membuatnya terjebak ketika kegagalan terjadi. Mereka akan jatuh dalam keputusasaan, dan merasa bertanggung jawab atas kesalahan tersebut. Capricorn merasa telah mengecewakan banyak orang, dan mencoreng nama baiknya.

Baca Juga: 5 Alasan Zodiak Capricorn Gak Suka Tipe Pasangan Posesif dan Clingy

4. Scorpio

Sering Merasa Bersalah, 6 Zodiak Ini Terlalu Menilai Rendah Dirinya Pexels.com/Malte Luk

Rasa bersalah merupakan motivasi bagi Scorpio untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Namun seringkali hal tersebut merupakan kepura-puraan yang dibuatnya. Scorpio sering merasa perlu untuk menangani semuanya ketika kondisi berjalan buruk. Semua yang ia lakukan untuk menjaga penilaian orang lain tentangnya.

Bahkan ketika dirinya mencoba tegas dan menegur kesalahan yang orang lain, itu tidak akan membuat rasa bersalahnya hilang. Scorpio selalu menganggap dirinya bisa melakukan perubahan yang besar sendirian, padahal tidak.

5. Libra

Sering Merasa Bersalah, 6 Zodiak Ini Terlalu Menilai Rendah Dirinya Pexels.com/Karolina Grabowska

Libra sangat merasa bersalah, namun mereka mencoba jujur dengan menyampaikan kesalahan yang orang lain lakukan. Ketika tegas, Libra bisa dengan tega menghakimi dan tidak menghargai perasaan orang lain.

Tetapi yang buruk, setelahnya Libra akan merasa perlu menanggung semua masalah tersebut sendirian. Setelah semua yang dirinya lakukan, Libra menjadi sulit percaya dengan orang lain. Sayangnya hal ini yang membebani dan membuat Libra berada pada posisi yang sulit.

6. Pisces

Sering Merasa Bersalah, 6 Zodiak Ini Terlalu Menilai Rendah Dirinya Pexels/Andrea Piacquadio

Ketika kegagalan terjadi, tidak ada hal lain yang dirasakan Pisces selain merasa bersalah. Mereka merasa bertanggung jawab, meskipun hal tersebut merupakan kesalahan bersama. Dirinya merasa perlu bertanggung jawab atas kesalahan tersebut dan itu murni dari kepribadian Pisces yang individualis.

Mereka menjadi tidak bersemangat seperti sebelumnya, dan membutuhkan motivasi dari orang lain. Hal ini dikarenakan dalam dirinya sedang terjadi pergulatan batin untuk bangkit dari kesalahan yang terjadi.

Setiap orang memiliki sikap yang berbeda ketika menghadapi masalah. Namun menyalahkan diri sendiri dan merasa bertanggung jawab untuk memperbaiki sendiri semua kesalahan itu, merupakan tindakan yang keliru. Setiap hal pasti akan berjalan mudah jika diselesaikan bersama-sama.

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Akan Dilakukan Seorang Pisces Saat Putus Cinta

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya