Comscore Tracker

Jangan Sedih, 5 Cara Mengurangi Kecewa saat Realita Tak Sesuai Rencana

Jangan sampai rasa kecewa membuatmu enggan mencoba lagi

Setiap orang wajar saja bila memiliki rencana dalam hidupnya. Perencanaan itulah yang membuat manusia memiliki jalan dan tujuan yang akan dicapai. Sayangnya, kadang kala kenyataan yang ditemui tak sejalan dengan rencana yang dibuat. Bila begitu, lalu bagaimana cara menyikapinya? Yuk, simak.

1. Tetap tenang dan jangan terpacu emosi

Jangan Sedih, 5 Cara Mengurangi Kecewa saat Realita Tak Sesuai RencanaPexels/Craig Adderley

Rasa kecewa kadang kala sering diiringi dengan perasaan marah. Hal ini yang membuat banyak orang cenderung mudah rerpacu emosi bila rencana tak berjalan dengan mulus. Oleh demikian, kamu harus berusaha untuk tetap tenang agar emosimu tak mudah terpacu dan justru hanya akan merugikan dirimu sendiri.

2. Menerima dan mencari letak kesalahannya

Jangan Sedih, 5 Cara Mengurangi Kecewa saat Realita Tak Sesuai RencanaUnsplash/Nik Shuliahin

Kecewa adalah hal yang wajar dan itu sangat manusiawi. Namun, berlarut-larut dalam rasa kecewa sangat tidak disarankan. Kamu harus mencoba menerima kekecewaan dan mencoba mencari letak kesalahan tersebut. Dengan menemukan kesalahan yang ada, maka hal tersebut bisa menjadi cara untukmu dalam memperbaikinya di lain waktu.

Baca Juga: Pahami 5 Hal Ini untuk Meminimalisir Kecewa Saat Orang Lain Berubah

3. Mempersiapkan rencana selanjutnya

Jangan Sedih, 5 Cara Mengurangi Kecewa saat Realita Tak Sesuai RencanaPexels/Tim Gouw

Alih-alih kecewa, untuk kamu yang sudah banyak persiapan justru akan lebih fokus dalam rencana selanjutnya atau plan b. Cara tersebut biasanya dilakukan bila rencana awal tak berjalan dengan baik. Bila kamu sudah memiliki rencana-rencana alternatif, maka kamu pun jadi mudah dalam mengendalikan rasa kecewa.

4. Tak menyerah dan terus berusaha

Jangan Sedih, 5 Cara Mengurangi Kecewa saat Realita Tak Sesuai RencanaPexels/Christina Morillo

Apabila kamu tipe orang yang tak mudah menyerah bila menemui kegagalan, maka kamu adalah calon orang hebat. Kekecewaan mungkin akan menghadang, namun dengan kegigihan dan terus mau berusaha, maka kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dengan begitu, maka tetap kuatkan tekadmu untuk terus berusaha.

5. Memetik hikmah yang ada

Jangan Sedih, 5 Cara Mengurangi Kecewa saat Realita Tak Sesuai RencanaUnsplash/Joshua Rawson-Harris

Setiap kegagalan dan kekecewaan biasanya akan memberikan hikmah tersendiri yang mungkin akan disadari di lain waktu. Kamu perlu tahu bahwa kekecewaan yang ada, bukan berarti akan membuatmu menjadi orang yang gagal, namun Tuhan sedang mempersiapkan rencana tang jauh lebih baik untukmu di depan sana. Oleh sebab itu, tak ada alasan untuk menyerah dan enggan mencoba lagi.

Meskipun menerima kekecewaan itu sulit, namun bukan berarti kamu harus menyerah. Dengan terus melihat sisi positif, maka kamu akan memetik hikmahnya di lain waktu. Jangan sedih lagi, ya!

Baca Juga: 5 Hikmah Positifnya Jika Kamu Berani Jujur dan Jadi Diri Sendiri

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya