Comscore Tracker

5 Tips Dasar Memelihara Ikan Hias untuk Para Pemula, Pasti Bisa!

Asalkan tetap bertanggung jawab dalam merawat ikan, ya

Ikan hias merupakan salah satu jenis hewan yang bisa dijadikan peliharaan di rumah. Meskipun tak seperti hewan-hewan lain yang bisa diajak main, namun ikan hias bisa memberikan keindahan tersendiri apabila disimpan di rumah.

Namun, tentu saja memelihara ikan hias tak semudah seperti yang dibayangkan khususnya bagi para pemula. Apa saja yang perlu diperhatikan? Yuk, catat.

1. Memilih ikan yang lebih familiar

5 Tips Dasar Memelihara Ikan Hias untuk Para Pemula, Pasti Bisa!fishkeepingworld.com

Untuk pemula sebaiknya tak perlu terlalu pemilih dalam memelihara ikan. Jangan ragu untuk mulai merawat ikan hias yang umum seperti ikan mas koki, ikan cupang, dan jenis lainnya.

Pilihlah ikan yang tak memiliki masalah pada perubahan jenis air, serta tetap perhatikan kualitas ikan pada saat membeli. Jangan sampai kamu tertipu dengan harganya yang miring.

2. Ketahui kebutuhan dasar ikan yang akan dipelihara

5 Tips Dasar Memelihara Ikan Hias untuk Para Pemula, Pasti Bisa!fishkeepingadvice.com

Pada dasarnya setiap jenis ikan memiliki perbedaan terhadap kebutuhan dasarnya. Hal ini termasuk ke dalam suhu airnya, makanannya, bahkan hingga seberapa sering akuariumnya perlu dibersihkan. Pahami kebutuhan-kebutuhan ikan hiasmu terlebih dahulu sebelum membelinya.

Baca Juga: 7 Kesalahan Pemula saat Memelihara Ikan Cupang, Pahami ya!

3. Membeli akuarium yang baik

5 Tips Dasar Memelihara Ikan Hias untuk Para Pemula, Pasti Bisa!Youtube/Hayes Garden World

Sama halnya dengan membeli ikan hias, pemilihan akuarium juga menjadi fokus selanjutnya yang perlu kamu perhatikan. Pastikan untuk membeli peralatan akuarium yang baik dan dapat mendukung sistem pengairan untuk tempat tinggal ikan nantinya. Kamu juga bisa menghiasnya sesuai selera.

4. Memberi makan yang baik

5 Tips Dasar Memelihara Ikan Hias untuk Para Pemula, Pasti Bisa!thesprucepets.com

Salah satu kunci dari kesehatan ikan adalah pakan yang baik. Kamu sebaiknya memilih jenis pakan alami yang baik dikonsumsi oleh ikan. Pahami durasi pemberian makan untuk setiap jenis ikannya agar tak salah.

5. Rutin membersihkan akuarium

5 Tips Dasar Memelihara Ikan Hias untuk Para Pemula, Pasti Bisa!fishkeepingworld.com

Akuarium juga dapat kotor apabila jarang dibersihkan. Dengan membersihkan akuarium secara teratur, maka ikan yang ada di dalamnya pun akan tampak lebih terawat. Bersihkan akuarium secara rutin minimal satu kali seminggu.

 

Ternyata memang tak sulit memelihara ikan hias sendiri di rumah khususnya untuk para pemula. Ingin coba?

Baca Juga: 7 Cara Memelihara Hamster untuk Pemula, Gampang kok!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya