Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berani Mengutarakan Pendapat, Catat!

Jangan sampai dibungkam pendapatnya karena tak percaya diri

Memberikan pendapat merupakan hak bagi setiap orang. Mengutarakan pendapat juga dapat disampaikan oleh siapapun, tak terbatas pada gender, status sosial, dan apapun itu.

Oleh sebab itu, kamu tak perlu ragu lagi dalam mengutarakan pendapat. Lalu, bagaimana dengan orang-orang yang memiliki ketakutan dalam mengutarakan pendapat?

Yuk, cari tahu alasan mengapa kamu harus bisa mengutarakan pendapatmu lewat lima hal di bawah ini.

1. Melatih kepercayaan diri

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berani Mengutarakan Pendapat, Catat!unsplash.com/Icons8 Team

Mengutarakan pendapat mungkin sulit dilakukan beberapa orang karena kepercayaan diri yang rendah. Namun, kamu tak bisa terlalu berlarut-larut seperti itu. Oleh sebab itu, keberanian dalam mengutarakan pendapat adalah salah satu cara dalam melatih kepercayaan diri. Dengan demikian, maka kepercayaan dirimu pun dapat meningkat dengan baik.

2. Berdampak dalam pengambilan keputusan

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berani Mengutarakan Pendapat, Catat!unsplash.com/Nik Shuliahin

Mengambil keputusan memang membutuhkan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Hal tersebut membuat semua orang perlu berpikir beberapa kali sebelum mengambil keputusan. Dengan kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapat, maka hal tersebut dapat berdampak pada pengambilan keputusan.

Baca Juga: 5 Hal yang Buat Kamu Sulit untuk Mengutarakan Pendapat

3. Mampu menggiring ke dalam diskusi

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berani Mengutarakan Pendapat, Catat!unsplash.com/Priscilla Du Preez

Kamu tipikal orang yang gemar berdiskusi? Bila iya, maka kamu haruslah berani dalam mengemukakan pendapatmu. Dengan demikian, maka hal tersebut dapat menggiringmu terlibat dalam diskusi yang lebih panjang. Sudah tentu, hal ini akan sangat menarik untuk memperoleh banyak gagasan-gagasan baru.

4. Mendapatkan evaluasi dari orang lain

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berani Mengutarakan Pendapat, Catat!pexels.com/Jack Sparrow

Tak sedikit orang yang tak berani dalam mengemukakan pendapat karena takut mendapatkan kritik dari orang lain. Padahal, kritik adalah hal yang sangat wajar. Kritik karena kesalahan berarti kamu telah menemukan titik salah dan dapat mengevaluasinya.

5. Memberi perubahan

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berani Mengutarakan Pendapat, Catat!pexels.com/Designecologist

Siapa yang menyangka bahwa melalui pendapat singkat yang tercetus ternyata mampu memberi perubahan? Tentunya hal ini bukan lah teori semata. Tanpa adanya keberanian dalam memberikan pendapat, sudah tentu maka tak akan ada lagi perubahan yang terjadi.

Itulah lima alasan, mengapa kamu harus berani untuk memberikan pendapatmu. Kamu harus memahami, jika kamu tidak bisa terus mengikuti pendapat orang lain. Jadi, percaya dirilah dan berani untuk mengemukakan pendapatmu, meskipun itu adalah hal kecil.

Baca Juga: 5 Alasan Gak Ada Pendapat yang Benar dan Salah Kalau Sedang Diskusi

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya