5 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Kompetitif, Buat Batasan!

Menghadapi rekan kerja yang kompetitif tak selalu mudah

Setiap orang tentunya membutuhkan pekerjaan untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Namun, sering kali dunia kerja sangatlah dinamis dan membutuhkan banyak persaingan di dalamnya, sehingga masing-masing dari pegawai harus saling bersaing satu sama lain.

Ada banyak tipe rekan kerja yang seolah harus dihadapi setiap harinya, dari mulai rekan kerja yang cenderung sportif hingga rekan kerja yang kompetitif. Memang bukan hal mudah untuk menghadapi masalah rekan kerja yang kompetitif, namun kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini dalam menghadapinya.

Baca Juga: 6 Alasan Pentingnya Punya Sikap Kompetitif di Dunia Kerja, Termotivasi

1. Menjaga sikap profesional dengan baik

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Kompetitif, Buat Batasan!ilustrasi wawancara (unsplash.com/Christina @ wocintechchat.com)

Menghadapi rekan kerja yang kompetitif sebetulnya memerlukan cara tersendiri yang perlu kamu ingat. Hal tersebut salah satunya adalah mengenai profesionalitas dalam bekerja, sebab itulah yang menjadi kunci penting untuk bisa tetap bekerja dengan nyaman dan menghindari potensi perselisihan yang mungkin terjadi.

Meski mungkin berinteraksi dengan rekan kerja yang kompetitif sering kali membuat banyak orang merasa tidak nyaman, namun tetap harus menjaga sikap profesionalitas yang ada. Justru sikap profesionalitas itulah yang nantinya akan menjadi batas, sehingga bisa menjaga proses bekerja dengan baik.

2. Berusaha berpikir dengan positif

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Kompetitif, Buat Batasan!ilustrasi pegawai muda (pexels.com/@olly)

Mungkin kamu memiliki pandangan tersendiri pada saat melihat rekan kerja yang cenderung kompetitif. Sering kali sifat kompetitif yang dimiliki oleh seseorang tidak selalu menggambarkan hal yang positif, namun ada juga yang justru melihat hal tersebut sebagai sesuatu yang menyebalkan.

Sebetulnya, kunci utama dalam mengatasi hal ini adalah dengan mengubah pada pola berpikirmu. Jika kamu berusaha untuk selalu berpikir positif dengan rekan kerja yang seperti itu maka potensi perselisihan juga bisa diatasi dengan baik. Namun, jika kamu terus dibayangi oleh pemikiran negatif, maka rasanya akan mudah sekali dalam berkonflik dengan rekan kerja yang seperti itu.

3. Menjaga etika dan tata krama dengan baik

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Kompetitif, Buat Batasan!ilustrasi atasan dan pegawai (pexels.com/@shvetsa)
dm-player

Kunci penting yang mungkin perlu kamu ingat pada saat berinteraksi dengan rekan kerja adalah mengenai etika dan tata krama. Dua hal tersebut sering kali dianggap sebagai sesuatu yang sederhana namun justru sulit untuk dilakukan oleh banyak pegawai karena ego yang dimiliki.

Memang bukan hal mudah untuk menghadapi rekan kerja yang kompetitif, namun kamu tetap perlu berusaha untuk menjaga etika dan tata kramamu pada saat berinteraksi satu sama lain. Terpenting tidak sampai menyinggung hal-hal yang bersifat personal, sehingga bisa tetap sama-sama merasa nyaman saat berinteraksi.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Memiliki Sikap Kompetitif yang Berlebihan

4. Membuat batasan

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Kompetitif, Buat Batasan!ilustrasi atasan dan pegawai (pexels.com/@jonathanborba)

Tak dapat dimungkiri bahwa berinteraksi dengan rekan kerja yang sangat kompetitif mungkin akan menyulitkanmu secara personal. Namun, bukan berarti kamu juga bisa bersikap terlalu luwes karena hal tersebut bisa saja justru memberatkanmu dan berdampak pada produktivitas dalam bekerja.

Kamu tetap memerlukan adanya batasan pada saat berinteraksi dengan rekan kerja yang kompetitif. Tujuannya agar sifat kompetitif yang dimiliki oleh rekan kerja tidak sampai memberikan dampak buruk terhadap dirimu dan juga hasil pekerjaanmu.

5. Menegur jika kelewat batas

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Kompetitif, Buat Batasan!ilustrasi berkonflik (pexels.com/@karolina-grabowska)

Kamu tentunya memahami betul apa yang mungkin membuatmu merasa tidak nyaman pada saat berinteraksi dengan rekan kerja. Sama halnya apabila kamu merasa bahwa rekan kerja yang terlalu kompetitif melakukan hal-hal yang dianggap kelewat batas untukmu, sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman.

Jika memang kamu merasa tidak nyaman, maka jangan ragu untuk menegurnya secara halus dan profesional. Cara tersebut penting agar nantinya kamu tidak sampai merasa terusik pada saat bekerja, sehingga tidak akan berdampak pada hasil pekerjaan yang kamu peroleh.

Menghadapi rekan kerja yang kompetitif memang sering kali membutuhkan cara-cara tersendiri. Hal ini karena memang selalu ada potensi perselisihan yang mungkin terjadi antaramu dan rekan kerja. Apakah kamu pernah bertemu dengan rekan kerja yang sangat kompetitif?

Baca Juga: 6 Alasan Orang Berjiwa Kompetitif Sering Susah Bekerja Sama

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih suah membaca!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Fajar Laksmita

Berita Terkini Lainnya