Comscore Tracker

5 Keistimewaan Jadi Anak Tunggal, Akrab dengan Orangtua

Selain itu, anak tunggal selalu memiliki mimpi hebat yang ingin dicapai

Setiap anggota keluarga biasanya memiliki jumlah yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Ada anggota keluarga yang berisi beberapa bersaudara dan ada pula yang tidak memiliki saudara kandung sebab merupakan anak tunggal.

Meski sering sekali dicap sebagai anak yang manja dan keras kepala, ternyata menjadi anak tunggal justru memiliki banyak keistimewaan yang jarang diketahui. Jika kamu terlahir sebagai anak tunggal, beberapa keistimewaan berikut ini pasti sudah umum untuk dirimu.

1. Mendapatkan dukungan penuh dari orangtua

5 Keistimewaan Jadi Anak Tunggal, Akrab dengan Orangtuailustrasi keluarga bahagia (Pexels/Gustavo Fring)

Sebagai anak satu-satunya yang ada dalam keluarga, tidak heran bila dukungan yang diperoleh pun akan penuh. Orangtua akan mendukung anaknya dengan sebaik mungkin.

Bahkan tidak jarang jika anak-anak tunggal tidak perlu merasa kurang diperhatikan bila melakukan sesuatu. Hal ini karena orangtua akan siap sedia dalam mendukung dan mencurahkan perhatian secara penuh pada anak.

2. Memiliki ambisi dan tujuan yang baik

5 Keistimewaan Jadi Anak Tunggal, Akrab dengan Orangtuailustrasi gadis kecil menulis (Pexels/Andrea Piacquadio)

Untuk urusan ambisi dan tujuan baik, anak tunggal justru bisa dikatakan menjadi salah satunya. Mereka memiliki semua hal tersebut sebab pola pikir dan pola asuh yang diperolehnya.

Menjadi anak tunggal artinya menjadi tumpuan harapan satu-satunya dari orangtua, sehingga anak pun akan paham posisi tersebut. Tak heran bila anak akan mencoba memperolehnya dengan cara memiliki ambisi dan tujuan yang baik.

3. Hubungan dengan orangtua cenderung sangat akrab

5 Keistimewaan Jadi Anak Tunggal, Akrab dengan Orangtuailustrasi anak dengan keluarga (Pexels/Kampus Production)

Tidak semua anak dapat beruntung untuk memiliki hubungan yang akrab dengan orangtua. Bahkan tak jarang antara anak dan orangtua justru merasa canggung serta saling berjauhan.

Hal seperti ini jelas hampir tak mungkin terjadi pada anak tunggal. Mereka justru cenderung memiliki kualitas kedekatan yang baik dengan orangtua.

Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Diajarkan pada Anak Tunggal agar Tidak Manja

4. Memiliki kepercayaan diri yang kuat

5 Keistimewaan Jadi Anak Tunggal, Akrab dengan Orangtuailustrasi anak dan ibu sedang makan kue (Pexels/cottonbro)

Untuk urusan kepercayaan diri, anak tunggal bisa dikatakan juaranya. Kepercayaan diri tersebut dianggap sebagai modal besar bagi anak untuk melakukan segala sesuatu di kehidupannya.

Ada banyak faktor yang membuat anak memiliki kepercayaan diri tinggi. Salah satu alasannya disebabkan karena pola asuh orangtua yang selalu dapat memberikan kepercayaan penuh, sehingga anak dapat percaya diri dalam berekspresi.

5. Minim risiko untuk gemar berkonflik dengan orang lain

5 Keistimewaan Jadi Anak Tunggal, Akrab dengan Orangtuailustrasi anak kecil marah (Pexels/mohamed abdelghaffar)

Tidak ada orang yang ingin memiliki konflik dengan orang. Namun, anak tunggal mungkin dapat dikatakan sebagai sosok yang minim risiko konflik.

Tidak terbiasa berkonflik, sebab tidak memiliki saudara kandung, biasanya membuat anak tunggal cenderung memiliki emosional yang stabil. Mereka juga akan merasa tidak nyaman jika berada dalam situasi konflik.

Menjadi anak tunggal memang memiliki beberapa keistimewaan di atas yang mungkin dapat menjadi ciri khas utamanya. Meski demikian, selalu ambil sisi positif dari segala sesuatunya, ya. 

Baca Juga: 5 Sisi Baik dan Sulitnya jika Menikah dengan Anak Tunggal

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya