Comscore Tracker

6 Cara Mudah Menyembuhkan Diri dari Kecanduan Smartphone, Tanpa Dokter

Sekali-kali, kamu perlu lepas dari smartphone lho!

Di zaman yang serba digital ini, sulit banget untuk gak menggenggam ponsel terus menerus. Ditambah dengan segala kemudahan teknologi, memungkinkanmu untuk melakukan apa pun yang kamu inginkan lewat ponsel.

Jadinya, seakan seluruh hidupmu berputar pada aplikasi di ponsel pintar. Beberapa ahli mengatakan, screen time yang berlebihan pada ponsel itu juga gak sehat buat jiwa kita.

Kalau kamu merasa jengah dengan kondisi ini dan pengen detoks sebentar dari ponselmu, coba deh baca cara mudah menyembuhkan diri dari kecanduan smartphone berikut! Gak pakai dokter, lho!

1. Rajin bersihin isi ponselmu

6 Cara Mudah Menyembuhkan Diri dari Kecanduan Smartphone, Tanpa Dokterpexels.com/Tracy Le Blanc

Coba periksa seluruh isi file dan aplikasi yang terpasang di ponselmu. Hapus yang gak perlu! Ini penting banget karena selain makan storage space di ponsel, beberapa orang jadi punya kecenderungan untuk buka-buka file dan aplikasi itu hanya karena iseng.

2. Letakkan hanya aplikasi penting di homepage

6 Cara Mudah Menyembuhkan Diri dari Kecanduan Smartphone, Tanpa Dokterpexels.com/Adrianna Calvo

Homepage adalah halaman pertama kamu lihat ketika membuka ponsel. Agar kamu bisa lebih produktif, coba deh selektif dalam meletakkan aplikasi di sana. Misalnya, letakkan e-mail dan aplikasi chat yang berhubungan dengan kerjaan.

3. Jangan terlalu emotionally attached sama file apa pun yang disimpan di ponselmu!

6 Cara Mudah Menyembuhkan Diri dari Kecanduan Smartphone, Tanpa DokterPexels.com/Dương Nhân

Memang susah menghapus beberapa file di ponsel karena kenangan di dalamnya. Tapi, kamu gak harus benar-benar menghapusnya kok! Kamu bisa memindahkannya ke storage cloud atau laptop. Memori-memori indahmu, pasti masih aman tersimpan kok!

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Merawat Kesehatan Mental, Jangan Sakiti Dirimu!

4. Cek berapa lama screen time kamu di setiap aplikasi pada paruh waktu tertentu. Kalau berlebihan, tegaslah untuk membatasi!

6 Cara Mudah Menyembuhkan Diri dari Kecanduan Smartphone, Tanpa Dokterpexels.com/picjumbo.com

Beberapa jenis operating systems itu, sudah punya screen-time trackers tersendiri. Coba deh luangkan waktu! Kira-kira, seminggu sekali saja untuk tahu, kamu sering menghabiskan waktu buat aplikasi apa saja.

Setelah tahu angkanya, kamu bisa refleksi, apakah kebiasaanmu membuka aplikasi itu berlebihan atau gak. Misalnya, screen time kamu main Instagram adalah 3 jam sehari.

Kamu bisa menguranginya jadi 2 jam sehari untuk minggu depan. Perlahan-lahan, pasti kamu jadi gak terlalu kecanduan untuk buka aplikasi itu lagi!

5. Kamu gak perlu bawa ponselmu setiap saat, kok!

6 Cara Mudah Menyembuhkan Diri dari Kecanduan Smartphone, Tanpa Dokterpexels.com/Pixabay

Kalau kamu mau pergi keluar sebentar, entah untuk sekadar berbelanja ke minimarket terdekat atau jogging ke taman, kamu gak perlu terus membawa ponselmu kok! Sekali-kali, tinggalkanlah ponselmu di rumah!

Luangkan waktu di ruang terbuka dan melihat-lihat keadaan sekitar. Pasti otak dan pandanganmu akan terasa lebih segar.

6. Pasang notifikasi hanya pada aplikasi yang penting

6 Cara Mudah Menyembuhkan Diri dari Kecanduan Smartphone, Tanpa Dokterpexels.com/bruce mars

Bunyi dan pop-up notifikasi benar-benar bikin gemas buat cek ponsel. Kalau semua aplikasi kamu pasang notifikasi, bisa-bisa sebagian besar waktumu dihabiskan buat melirik ke ponsel lho! 

Jadi, coba deh pikir-pikir lagi! Kira-kira, notifikasi apa saja yang perlu kamu prioritaskan, ya?

Itulah cara mudah menyembuhkan diri dari kecanduan smartphone. Semoga bisa membantu produktivitasmu, ya!

Baca Juga: 5 Cara Menghindari Social Comparison ketika Bermain Media Sosial

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya