Comscore Tracker

Demi Hidup Penuh Berkah, Hafalkan Amalan serta Doa Hari Jumat Ini

Hari Jumat adalah salah satu hari yang istimewa

Hari Jumat merupakan salah satu hari yang diistimewakan dalam ajaran agama Islam. Terdapat banyak momentum penting yang terjadi pada hari ini. Dari mulai diturunkannya Nabi Adam ke bumi hingga hari di mana ia dimasukkan kembali ke dalam surga.

Sebagaimana hadis Rasulullah SAW, "Sungguh hari Jumat adalah tuannya hari-hari dan yang paling agung di sisi Allah." (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Untuk mendapatkan keberkahan dari hari Jumat, para muslimin dapat menghafalkan doa hari Jumat serta belajar memahami keutamananya. Berikut telah IDN Times rangkum doanya, simak ya!

1. Asal kata Jumat yang berasal dari bahasa Arab

Demi Hidup Penuh Berkah, Hafalkan Amalan serta Doa Hari Jumat IniIDN Times/Dwi Agustiar

"Jumat" berasal dari bahasa Arab yaitu "Jumu'ah". Artinya adalah berkumpul. Hal ini juga bisa diartikan sebagai kewajiban umat muslim laki-laki untuk menunaikan salat Jumat secara berjamaah.

Selain itu, hari ini juga senantiasa dimuliakan dalam ajaran agama. Penyebabnya adalah adanya banyak keutamaan di dalamnya.

2. Doa hari Jumat yang perlu kamu hafalkan

Demi Hidup Penuh Berkah, Hafalkan Amalan serta Doa Hari Jumat IniPexels.com/Pok Rie

Agar kehidupanmu berjalan semakin berkah, kamu bisa melafalkan doa ini setiap Jumat pagi. Doanya berbunyi sebagai berikut:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الحَيُّ القَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullāhalladzī lā ilāha illā huwal hayyul qayyūmu, wa atūbu ilaihi.

Artinya,

“Aku memohon ampun kepada Allah, Zat yang tiada Tuhan selain Dia yang maha hidup, lagi maha tegak. Aku bertobat kepada-Nya.”

3. Hadis tentang keistimewaan hari Jumat

Demi Hidup Penuh Berkah, Hafalkan Amalan serta Doa Hari Jumat IniPexels.com/Ali Arapoğlu

Doa pada poin di atas dianjurkan untuk dibaca sebanyak tiga kali. Niscaya, Allah SWT akan mengampuni dosa orang yang melafalkan doa tersebut. Hal ini sebagaimana ada dalam hadis yang berbunyi sebagai berikut:

وروينا في كتاب ابن السني، عن أنس رضي الله عنه، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال من قال صبيحة يوم الجمعة قبل صلاة الغداة : أستغفر الله الذي لا إله إلا هو الحي القيوم وأتوب إليه ثلاث مرات غفر الله ذنوبه ولو كانت مثل زبد البحر

Artinya, 

“Diriwayatkan kepada kami dari Ibnu Sinni dari Anas RA, dari Nabi Muhammad SAW bahwa ia bersabda, ‘Siapa saja yang berdoa di pagi hari Jumat sebelum salat pagi dengan, ‘Astaghfirullāhalladzī lā ilāha illā huwal hayyul qayyūmu, wa atūbu ilaihi’ sebanyak tiga kali, niscaya Allah mengampuni dosanya meski sebanyak buih di lautan."

Baca Juga: Jaga Tubuhmu, Ini Kumpulan Doa Agar Sehat dan Sembuh bagi Muslim

4. Keutamaan hari Jumat ada banyak. Salah satunya adalah waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa

Demi Hidup Penuh Berkah, Hafalkan Amalan serta Doa Hari Jumat IniPexels.com/Chattrapal (Shitij) Singh

Karena hari Jumat dipandang sebagai hari yang paling baik dalam Islam, amalan serta ibadah akan terasa lebih berkah pada hari ini. Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: 

"Sesungguhnya di hari Jumat terdapat satu waktu yang mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan salat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasulullah SAW mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu" (HR. Muttafaq Alaih)

Ada pun waktu-waktu yang dianggap mustajab itu terbagi ke beberapa bagian. Dari mulai saat khatib duduk hingga selesai salat Jumat juga setelah waktu Ashar. Selain itu, ibadah sedekah juga diutamakan untuk dilakukan pada hari ini.

5. Keutamaan hari Jumat lainnya juga meliputi pahala yang menyertai umat muslim yang pergi ke masjid pada hari ini

Demi Hidup Penuh Berkah, Hafalkan Amalan serta Doa Hari Jumat IniPexels.com/Talha R

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Aus bin Aus, Rasulullah SAW bersabda:

"Siapa yang mandi pada hari Jum’at, kemudian bersegera berangkat menuju masjid, dan menempati saf terdepan kemudian dia diam, maka setiap langkah yang dia ayunkan setara dengan pahala puasa dan salat selama satu tahun, dan itu adalah hal yang mudah bagi Allah”. (HR. Ahmad dan Ashabus Sunan, dinyatakan shahih oleh Ibnu Khuzaimah).

Dalam hadis tersebut juga disertai beberapa amalan yang bisa dilakukan para muslim pada hari Jumat. Dari mulai mensucikan diri hingga pergi beribadah ke masjid.

Selain itu, terdapat juga riwayat hadis yang menyebutkan bahwa hari Jumat menjadi salah satu hari yang istimewa sehingga setiap umat muslim yang wafat pada hari ini, maka dosanya akan diampuni. Rasulullah SAW bersabda:

"Setiap muslim yang mati pada siang hari Jum’at atau malamnya, niscaya Allah akan menyelamatkannya dari fitnah kubur". (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Itu dia doa, amalan, serta keutamaan dari hari Jumat. Semoga membantu dan menginspirasi, ya!

Baca Juga: 5 Doa Meminta Jodoh, Para Jomblo Tidak Perlu Sedih dan Berkecil Hati!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya