Comscore Tracker

5 Kemuliaan Hati Rasulullah SAW yang Patut Diteladani

Jangan berhenti berbuat baik, ya 

Setiap bulan maulid, umat muslim di seluruh dunia akan memperingati kelahiran Rasulullah SAW. Perayaan maulid merupakan wujud kecintaan umat muslim kepada Nabi Muhammad SAW. Banyak amalan yang dapat kita lakukan untuk memperingati kelahiran Rasulullah SAW, seperti memperbanyak sholawat, bersedekah, puasa sunah, dan amalan lainnya.

Selain mengerjakan amalan tersebut, sebagai umat muslim juga dianjurkan agar selalu menerapkan perbuatan Rasulullah SAW, ada beberapa kemuliaan yang dapat kita teladani dalam kehidupan sehari-hari.

 1. Menggunakan harta hanya untuk kebaikan  

5 Kemuliaan Hati Rasulullah SAW yang Patut Diteladaniilustrasi membantu orang lain (unplash.com/ Jon Tyson)

Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk hidup sederhana dan dermawan, tidak menjadikan dunia sebagai ambisi, tetapi menjadikan akhirat sebagai tujuannya. Meski begitu, Nabi Muhammad SAW tidak melarang untuk hidup kaya, namun kekayaan yang telah kita miliki dianjurkan agar tidak dinikmati sendiri.

Setiap harta tersebut digunakan untuk kebaikan dan sesama, seperti membangun masjid, perbanyak bersedekah, dan peduli kepada anak yatim.

2. Memuliakan orang yang lebih tua 

5 Kemuliaan Hati Rasulullah SAW yang Patut Diteladaniilustrasi menghormati orang tua (pexels.com/Kampus Production)

Perbuatan lain yang harus kita teladani dari Rasulullah SAW adalah memuliakan orang yang lebih tua, Rasulullah SAW selalu menunjukkan rasa hormatnya. Menghormati orang tua dapat berupa mendahulukan makan atau minum, menyambut dan menjabat tangan, memanggil dengan sopan, tidak duduk di tempat yang lebih tinggi.

Meski terlihat sederhana, akan tetapi jangan sampai kita meremehkannya, ya, karena memuliakan orang yang lebih tua itu perbuatan mulia dan terpuji.

3. Menjenguk orang yang sedang sakit

5 Kemuliaan Hati Rasulullah SAW yang Patut Diteladaniilustrasi menemani orang yang sakit (pexels.com/ Rodnae Productions)

Selain menjaga hubungan baik dengan Allah, Nabi Muhammad SAW juga mengajak umatnya untuk memperhatikan sesama. Jika mengetahui ada yang sakit, beliau langsung menjenguknya, mendoakannya agar diangkat penyakit, dan memberi hiburan kepada yang sakit.

Perbuatan Rasulullah SAW tersebut patut kita contoh, sebab, dengan menjenguk orang yang sakit, kehadiran kita akan sedikit mengurangi kesedihan dan memberikan semangat hidup. 

Baca Juga: 5 Fakta Umar bin Khattab, Pemimpin Sederhana Sahabat Rasulullah SAW

4. Membantu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga  

5 Kemuliaan Hati Rasulullah SAW yang Patut Diteladaniilustrasi pasangan memasak bersama (pexels.com/Amina Filkins)

Nabi Muhammad SAW merupakan pribadi yang berakhak mulia, meskipun sibuk berdakwah, tetapi beliau turut membantu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Seperti pada hadist berikut:

“Tidaklah beliau itu seperti manusia pada umumnya, beliau menjahit bajunya, memerah kambing dan melayani dirinya sendiri. (HR. Tirmidzi)

Rasulullah SAW tidak pernah menganggap pekerjaan bernilai rendah, justru beliau tidak segan untuk melakukan tugas istri. Sebab itulah sebagai wujud memuliakan dan memanjakan istri.

5. Tidak mengucilkan orang yang berperilaku buruk 

5 Kemuliaan Hati Rasulullah SAW yang Patut Diteladaniilustrasi mendengarkan orang berbicara (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Salah satu kemuliaan hati Rasulullah SAW juga ditunjukkan kepada orang jahat sekalipun, beliau tidak mengucilkan dan tidak menjauhi orang yang akhlaknya buruk. Justru Rasulullah SAW tetap memperlakukan dengan baik dan sopan.

Selain itu, Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk tidak membalas kejahatan orang lain tetapi bersabar dan memaafkan kesalahan itu.

Beberapa perbuatan Rasulullah SAW di atas mesti kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkannya, semoga kita akan mendapat ridho dari Allah SWT.

Baca Juga: Sunnah Rasul, Ini 5 Manfaat Belajar Panahan untuk Si Buah Hati

Murniawati Photo Verified Writer Murniawati

nothing is impossible if you keep trying.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya