Comscore Tracker

Sedang sedih? Coba Lakukan 8 Aktivitas Ini Biar Kamu Ceria Lagi

#GoodLife Jangan terlalu larut dalam kesedihan

Setiap orang pasti pernah merasa sangat sulit menghadapi cobaan hidup, menjadi putus asa dan larut dalam kesedihan. Terlebih sekarang ini banyak sekali orang yang dengan mudah men-judge dan mengkritik kamu tanpa tahu permasalahan sebenarnya dan membuat kamu merasa semakin down.

Menghilangkan kesedihan memang tidak mudah, tapi itu bukanlah hal yang mustahil lho.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menghilangkan kesedihan dan menjadi ceria kembali.

1. Teleponlah orang-orang yang mencintaimu

Sedang sedih? Coba Lakukan 8 Aktivitas Ini Biar Kamu Ceria LagiUnsplash/Priscilla Du Preez

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika sedang sedih atau down adalah menelepon orang tuamu, terutama Ibu. Setiap orang memiliki hubungan spesial dengan orangtuanya, tetapi banyak dari kita yang mungkin merasa lebih dekat dan nyaman untuk bercerita kepada Ibu.

Jika kamu tidak nyaman bercerita tentang kesusahan yang sedang dihadapi pada orang tua, kamu dapat menceritakannya kepada sahabat terdekat.

Karena orang-orang yang mencintaimu adalah orang yang menghargai dirimu apa adanya, yang akan siap membantu memecahkan permasalahanmu dan selalu memberimu semangat positif.

2. Bersyukurlah dengan apa pun kondisimu sekarang

Sedang sedih? Coba Lakukan 8 Aktivitas Ini Biar Kamu Ceria LagiUnsplash/Mikail Duran

Banyak dari kita yang terlalu memikirkan perkataan buruk orang-orang dan terlalu 'diambil ke hati'. Untuk menghilangkan perasaan sedih itu dan menambah kepercayaan dirimu kembali, kamu dapat berdiri di depan cermin. Lihatlah dirimu dengan seksama, lalu tersenyum dan bersyukur atas apa yang kau lihat.

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, pun dengan dirimu. Bersyukurlah atas segala pemberian Tuhan maka kamu akan merasa bahwa kamu adalah orang paling beruntung dan bahagia di dunia ini.

Baca Juga: Secara Ilmiah, Inilah 7 Khasiat yang Kamu Peroleh Ketika Bersyukur

3. Temukan sahabat sejatimu

Sedang sedih? Coba Lakukan 8 Aktivitas Ini Biar Kamu Ceria LagiUnsplash/Levi Guzman

Apakah kamu merasa bahwa orang yang kamu anggap 'sahabat' itu justru orang yang ternyata selalu menjatuhkanmu?

Mungkin sudah saatnya kamu sadar kalau ternyata mereka bukanlah sahabat sesungguhnya. Seorang sahabat baik tidak akan pernah membuatmu merasa rendah diri karena ucapannya. So, sudah saatnya untuk menjauh dari fake friends dan hal-hal negatif di sekitarmu ya.

4. Nikmati pencapaianmu

Sedang sedih? Coba Lakukan 8 Aktivitas Ini Biar Kamu Ceria Lagithemarysue.com

Tips lainnya untuk menghilangkan rasa sedihmu adalah dengan menulis semua pencapaian yang telah kamu raih dalam hidup. Kamu dapat menulis hal-hal kecil seperti memasak untuk orang tua, traveling ke luar kota, mencoba hobi baru, membaca novel favoritmu atau apapun yang bisa membuatmu bahagia.

Letakkan kertas hasil pencapaianmu itu di depan meja atau di tempat-tempat tertentu yang mudah terlihat. Bacalah list itu setiap hari dan kamu pasti akan merasa lebih bahagia karena ada banyak hal yang telah kamu lakukan dalam hidupmu.

5. Berolahraga

Sedang sedih? Coba Lakukan 8 Aktivitas Ini Biar Kamu Ceria Lagithepinsta.com

Ada banyak alasan mengapa berolahraga dapat membuatmu merasa lebih bahagia. Diantaranya yaitu olahraga membuat tubuh melepaskan Dopamine (senyawa kimia yang berperan penting dalam perasaan bahagia), menekan stres, membuatmu lebih bersemangat dan meningkatkan rasa percaya diri.

Tidak perlu melakukan olahraga berat, kamu dapat berlari di gym atau berkeliling di taman dekat rumah. Dengan aktif berolahraga, tubuh dan pikiranmu akan berhenti untuk sedih.

6. Coba juga bermeditasi agar lebih tenang

Sedang sedih? Coba Lakukan 8 Aktivitas Ini Biar Kamu Ceria Lagiapothequelifestylespa.com

Ambil posisi yang nyaman, tutup mata dan bernapas dengan perlahan dan dalam. Lepaskan semua tekanan saat menghela napas dan biarkan kehangatan mengalir melalui tubuhmu dari kepala hingga ujung kaki.

Banyak yang menganggap bahwa liburan adalah salah satu booster yang terbaik, namun penelitian menjelaskan bahwa efek relaks dari liburan hanya dapat bertahan 2 minggu setelahnya. Sedangkan, meditasi yang lebih murah daripada liburan, memiliki efek yang lebih panjang.

Penelitian Sara Lazar, seorang neuroscientist menunjukkan bahwa meditasi menyusutkan amygdala, bagian dari otak yang mengontrol rasa gelisah dan ketakutan. Gelisah dan ketakutan yang berkurang, membuat stres berkurang dan kita pun merasa lebih bahagia.

7. Manjakan dirimu

Sedang sedih? Coba Lakukan 8 Aktivitas Ini Biar Kamu Ceria LagiPexels/João Jesus

Di saat kamu merasa sedih, manjakanlah dirimu dengan melakukan kegiatan yang kamu suka. Kamu dapat pergi ke spa terdekat untuk dipijat, berbelanja di mal atau makan enak di restoran yang kamu idam-idamkan.

Hal kecil seperti memotong rambutmu atau melakukan makeover juga dapat membantumu merasa lebih baik. Penelitian membuktikan bahwa merawat kulit dan penampilan dapat membantu orang menjadi merasa lebih baik.

8. Lakukan hobimu

Sedang sedih? Coba Lakukan 8 Aktivitas Ini Biar Kamu Ceria LagiUnsplash/Alexis Brown

Saat sedang sedih, lupakanlah dengan melakukan hobimu kembali. Kamu dapat bernyanyi dengan teman-teman di karaoke, berkebun, merajut, bermain lego atau apapun hobimu yang sudah lama terlupakan.

Menghabiskan waktu dengan melakukan sesuatu yang disukai dan dinikmati akan membantu kita untuk dapat merasa lebih rileks dan positif.

Semoga tips-tipsnya bermanfaat ya.

Tyas Putri Photo Verified Writer Tyas Putri

Lazy panda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya