Comscore Tracker

5 Ayat Al-Qur'an Ini Membantumu Bangkit dari Keterpurukan, Semangat!

Jangan sedih lagi ya ...

Saat musibah atau ujian datang tak terduga, tentu terkadang membuat kita merasa kecil hati dan rasanya sangat tak sanggup menghadapinya. Rasanya tidak adil ketika hanya kita yang merasakan semua ini sedangkan yang lain tidak.

Namun, tahukah kamu tanda Allah ingin menaikkan derajat seorang muslim/muslimah itu ya dengan memberi ujian. Jika kita tidak diuji, maka bagaimana kita tahu kualitas iman kita? Lalu, sejatinya tidak ada suatu musibah sekecil apapun itu pergi tanpa menghapus dosa-dosa kita.

Maka dari itu tak heran jika perkara orang mukmin itu luar biasa. Ketika musibah datang kepada mereka, mereka sabar karena mereka benar-benar yakin Allah selalu bersama mereka dan Allah menyayangi mereka. Lalu ketika nikmat datang kepada mereka, mereka bersyukur karena yakin bahwa semua itu milik Allah, dan yang ada pada diri mereka hanya titipan yang akan diambil kembali oleh pemiliknya. Maka, maukah kamu menjadi salah satu dari golongan mereka?

Nah, berikut ini ada ayat Al-Qur'an yang InsyaAllah dapat membantumu untuk tetap tegar menghadapi situasi apa pun. Resapi baik-baik ya!

1. "Dan Dia bersamamu di mana pun kamu berada" (QS. Al Hadid 57:4 )

5 Ayat Al-Qur'an Ini Membantumu Bangkit dari Keterpurukan, Semangat!unsplash.com/Warren Wong

Begitu keren ayat ini sehingga membuat siapa saja yang memahaminya tidak akan merasa takut lagi karena Allah selalu bersama kita dimana pun kita berada. Di kala kita ditinggalkan oleh orang-orang terdekat entah karena konflik fisik maupun batin, tak apa jangan bersedih. Allah ada dan akan selalu ada menemani kita di mana pun kita berada. Bukankah hal ini hebat?

2. “Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang orang yang paling tinggi derajatnya jika kamu beriman”. (QS Al Imran : 139)

5 Ayat Al-Qur'an Ini Membantumu Bangkit dari Keterpurukan, Semangat!unsplash.com/Gregory Hayes

Nah inilah salah satu penyebab perkara orang mukmin itu luar biasa. Mereka sadar bahwa mereka memiliki derajat yang tinggi jika mereka beriman maka mereka tidak berlarut-larut dalam kesedihan dan kembali mendekatkan diri kepada Allah.

Baca Juga: 7 Kebaikan yang Kamu Dapatkan Jika Rutin Membaca Al-Qur'an

3. “Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kadar kesanggupannya.” (QS. Al Baqarah 2 : 286)

5 Ayat Al-Qur'an Ini Membantumu Bangkit dari Keterpurukan, Semangat!unsplash.com/Luiz Guimaraes

Memang terkadang beban hidup rasanya sangat berat hingga kita merasa tak mampu lagi menghadapinya. Namun, pernahkah kamu memperhatikan?

Allah memberi ujian sesuai tingkatan kesanggupan kita. Jika kita diuji lebih berat daripada teman atau saudara kita, maka tingkat kesanggupan kita tentu lebih tinggi daripada mereka. Mereka belum tentu mampu jika menerima ujian seperti kita karena memang beda tingkatan. Jadi untuk apa meratapi masalah yang tak kunjung selesai? Bukankah kita diuji untuk menaikkan level keimanan kita?

4. “Berdoalah kepada Ku pastilah Aku kabulkan untukmu”. (QS Al Mukmin : 60)

5 Ayat Al-Qur'an Ini Membantumu Bangkit dari Keterpurukan, Semangat!unsplash.com/Jeremi Thomas

Jika dihitung menggunakan logika, Allah itu kurang apa lagi sih buat diri kita? Bayangkan, kita doa saja Allah yang mengabulkan, kita minta apa saja Allah yang memberi.

Memang kadang tak sesuai ekspektasi. Namun, sadarkah kamu jika yang kamu minta itu hanya Allah yang tahu baik atau tidaknya untukmu kelak. Maka untuk apa bersedih hati jika Allah Yang Maha Besar yang langsung memilihkan sesuatu perkara untukmu yang kamu bahkan tak akan menduga kebaikan apa di balik semua itu?

5. “Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus dari rahmat Allah melainkan orang orang yang kufur”. (QS Yusuf : 87)

5 Ayat Al-Qur'an Ini Membantumu Bangkit dari Keterpurukan, Semangat!unsplash.com/Dollar Gill

Tetaplah berharap kepada Allah. Bahkan jika memang kenyataan memaksamu untuk berharap kepada selain-Nya. Mengapa? Karena hanya Allah tempat bergantung atas segala sesuatu. Tak akan terjadi suatu perkara jika Allah tidak meridai hal itu terjadi. Hanya Allah yang memiliki kekuasaan penuh di dunia ini. Lalu, untuk apa berputus asa atas rahmat Allah?

Itu dia lima ayat Al-Qur'an yang semoga dapat memotivasi kita semua ketika merasa hidup ini tidak adil. Semoga bermanfaat ya. Yuk, semangat lagi, yuk!

Baca Juga: 5 Kutipan Ayat Al-Qur'an buat Kamu yang Sedang Galau 

Umi Khoiriyah Photo Writer Umi Khoiriyah

Ilmu adalah cahaya dan cahaya Allah tidak diberikan kepada pelaku maksiat. ~Imam Waki' bin Jarrah~ (Guru Imam Syafi'i)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya