Comscore Tracker

5 Cara Mudah agar Semangat Awali Hari, Aktivitas Jadi Lancar

Bikin kamu penuh good mood seharian, nih!

Apakah kamu tahu dalam menjalani hari yang menyenangkan ternyata bisa ditentukan dari bagaimana kamu mengawali hari, lho. Jika kamu memulainya dengan perasaan terkendali, kamu akan mampu menangani tantangan apa pun dan menikmati sepanjang hari dengan lebih baik.

Begitu pun sebaliknya jika kamu mengawali hari dengan bad mood dan stres, hal tersebut juga akan berpengaruh seharian penuh. Coba lakukan beberapa cara mudah agar semangat awali hari berikut ini, yuk!

1. Awali dengan berdoa beberapa menit tiap pagi

5 Cara Mudah agar Semangat Awali Hari, Aktivitas Jadi Lancarilustrasi berdoa bersama (pexels.com/Thirdman)

Ketika jiwa sehat tubuh pun akan ikut menjadi kuat. Untuk membuat tubuh sehat diperlukan juga pikiran yang tenang, sejumlah aktivitas dapat memberikan pengaruh baik namun kegiatan yang paling efektif adalah doa. Cara terbaik yakni mengawali pagimu dengan berdoa kepada Sang Pencipta.

Dengan harapan untuk dimudahkan dan mendapat kelancaran dalam beraktivitas. Selain itu, pada saat berdoa pikiran menjadi terpusat dan jiwa turut menjadi lebih segar. Karena itulah luangkan waktu beberapa menit untuk berdoa setiap selesai beribadah.

2. Lanjutkan dengan olahraga ringan

5 Cara Mudah agar Semangat Awali Hari, Aktivitas Jadi Lancarilustrasi melakukan yoga di pagi hari (pexels.com/Elina Fairytale)

Selanjutnya dengan membiasakan diri menggerakkan tubuh sebelum beraktivitas. Dengan olahraga dapat menurunkan stres dan efek positif untuk kesehatan.

Kamu juga bisa menggabungkan olahraga sambil mendengarkan musik dengan melodi upbeat. Hal tersebut dapat menstimulasi pikiran lebih baik. Lakukan olahraga setidaknya 10 menit setiap pagi hari sebelum memulai aktivitas.

3. Bersihkan diri dengan shower

5 Cara Mudah agar Semangat Awali Hari, Aktivitas Jadi Lancarilustrasi membersihkan diri di pagi hari (pexels.com/Ron Lach)

Mandi pada pagi hari mungkin jadi kegiatan yang menyegarkan tubuh. Hanya saja terkadang beberapa orang melakukannya terburu-buru karena terlambat. Padahal kamu bisa meluangkan beberapa menit untuk menikmatinya dengan shower.

Biarkan air dingin membasahi seluruh tubuh ditambah aroma harum sabun yang membuat pikiran relaks. Tubuh yang segar membuat diri semakin semangat untuk mengawali hari.

Baca Juga: 5 Rutinitas Sederhana yang Bikin Good Mood Seharian, Anti Mood Swing!

4. Sempatkan mengisi jurnal sebelum beraktivitas

5 Cara Mudah agar Semangat Awali Hari, Aktivitas Jadi Lancarilustrasi menulis jurnal (pexels.com/George Milton)

Selanjutnya dengan menyempatkan waktu untuk menulis jurnal harian. Menulis jurnal sangat bermanfaat bagi kesehatan dan berguna untuk manajemen stres serta dapat meningkatkan self-awareness.

Meluangkan waktu untuk menulis satu kali dalam sehari dapat membantumu untuk lebih fokus, memproses emosi negatif serta problem solving. Caranya bisa tuliskan pada sebuah buku catatan tiga hal yang kamu syukuri bersama jadwal kegiatan yang ingin dilakukan pada hari tersebut.

5. Biasakan untuk menyempatkan sarapan

5 Cara Mudah agar Semangat Awali Hari, Aktivitas Jadi Lancarilustrasi menu sarapan (pexels.com/Julio Melanda)

Langkah terakhir dengan mengawali hari dengan sarapan. Salah satu hal penting mengawali pagi hari adalah dengan menyantap sarapan. Sepotong sandwich berisi telur dan irisan daging di pagi hari dapat menjadi sumber energi baik untuk tubuh.

Memberikan makanan pada tubuh bisa menyeimbangkan fisik dan mental, loh. Tanpa sarapan, tubuh akan kekurangan asupan nutrisi. Jadi pastikan untuk menyempatkan sarapan bergizi dan buah-buahan, bukan hanya secangkir kopi saja!

Itulah lima cara mudah agar semangat awali hari. Bisa kamu jadikan kebiasaan pagi yang baik, nih. Gak sulit untuk dicoba agar pikiran tenang aktivitas lancar, bukan?

Baca Juga: 5 Kebiasaan Pagi yang Bikin Kulit Glowing Maksimal, Praktikkan!

St Martynaa Photo Verified Writer St Martynaa

Suka membaca, menulis, merangkai kalimat sambil menikmati secangkir coklat hangat! Follow me @ryetinakiee

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya