Comscore Tracker

Kepercayaan yang Jadi Kunci Sukses Unilever Ini, Bisa Kamu Tiru Lho!

Bisa jadi pedomanmu juga untuk memulai bisnis, nih!

Apakah kamu pernah bertanya tentang nilai-nilai yang dipercaya perusahaan sekaliber Unilever? Apa rahasia mereka agar menjadi sukses? Bisakah itu ditiru untuk diri sendiri dan karier kita?

Jawabannya, tentu saja bisa! Kuncinya adalah miliki tujuanmu. Dari Hemant Bakshi (Presiden Direktur Unilever Indonesia), IDN Times memahami kepercayaan yang jadi kunci sukses Unilever. Apa saja?

1. Kepercayaan yang dimaksud adalah companies with purpose last longer, brands with purpose grow, and people with purpose thrive

Kepercayaan yang Jadi Kunci Sukses Unilever Ini, Bisa Kamu Tiru Lho!Hemant Bakshi dalam IMS 2020. 18 Januari 2020. IDN Times/Kevin Handoko

"Unilever percaya, kami ingin membuat tujuan yang benar dan memahaminya. Perusahaan yang punya tujuan, bertahan lebih lama. Merek dengan tujuan akan tumbuh, dan orang dengan tujuan akan berkembang," bocor Hemant soal kepercayaan yang dianut perusahaan tempatnya bekerja.

Oleh karena itu, ketika ditanya oleh salah satu audiens tentang nilai yang dibawa oleh perusahaan dan bagaimana berkomitmen dengan itu, Hemant Bakshi memberikan sarannya.

"Saya benar-benar mendorongmu untuk meluangkan waktu supaya menemukan apa tujuan hidupmu dan apa yang kamu minta," lanjutnya yang tengah menjadi pembicara dalam Indonesia Millennial Summit 2020 (18/1) lalu.

2. Untuk membuktikannya, Hemant menjabarkan tujuan dari salah satu produk perawatan Unilever yaitu Pond's

Kepercayaan yang Jadi Kunci Sukses Unilever Ini, Bisa Kamu Tiru Lho!Hemant Bakshi dalam IMS 2020. 18 Januari 2020. IDN Times/Reynaldy Wiranata

"Setiap wanita bisa jadi cantik," kata Hemant soal tujuan dari produk Pond's. Produk ini benar-benar berupaya memastikan bahwa kecantikan ada bagi mereka yang mau mengakui dan menerima dirinya.

3. Sementara itu, tujuan Axe tidaklah jauh-jauh dari transisi anak laki-laki ke pria dewasa dan soal menemukan jati diri

Kepercayaan yang Jadi Kunci Sukses Unilever Ini, Bisa Kamu Tiru Lho!Hemant Bakshi dalam IMS 2020. 18 Januari 2020. IDN Times/Reynaldy Wiranata

"Ketika anak laki-laki tumbuh, mereka menemukan bahwa harus menyesuaikan aturan untuk menjadi pria dewasa, untuk menjadi macho, kuat," kata Hemant menjelaskan kondisi sosial yang kerap dialami laki-laki di masa transisinya.

Untuk itulah, Axe hadir di antaranya. "Karena itu, kami percaya bahwa anak laki-laki dapat menjadi apa yang mereka inginkan," jelas dia. Di samping itu, mereka juga dapat menemukan siapa diri mereka yang sesungguhnya.

Baca Juga: IMS 2020: Ini Cara Presdir Unilever, Hemant Bakshi Cintai Keberagaman

4. Cerita unik muncul dari Sariwangi. Bukan lini perawatan tubuh & wajah, produk itu terinspirasi dari pemilihan umum di Indonesia

Kepercayaan yang Jadi Kunci Sukses Unilever Ini, Bisa Kamu Tiru Lho!Hemant Bakshi dalam IMS 2020. 18 Januari 2020. IDN Times/Reynaldy Wiranata

"Beberapa waktu lalu, ada pemilihan umum di Jakarta. Kami temukan di sana, banyak orang-orang dari dua sisi sangat mudah marah. Saya pikir, apa yang kami temukan adalah perspektif berlainan dari orang-orang itu," kisah pria yang memulai kariernya di India itu.

Ia juga mengamati, ketika mengobrol di aplikasi perpesanan, orang-orang itu sangat agresif. "Tetapi ketika mereka bertemu dan berhadapan, kami menemukan bahwa ada beberapa kesamaan daripada perbedaan," tuturnya.

Dari situlah, Hemant dan timnya percaya bahwa secangkir teh dapat mewujudkan perdamaian. "Saya tahu, komunikasi itu penting. Ini tentang keluarga dan lebih mudah berbicara dengan secangkir teh," singkat Hemant.

5. Ia pun berpesan kepada millennials agar menemukan dan memiliki tujuannya untuk mencapai cita-cita

Kepercayaan yang Jadi Kunci Sukses Unilever Ini, Bisa Kamu Tiru Lho!Hemant Bakshi dalam IMS 2020. 18 Januari 2020. IDN Times/Reynaldy Wiranata

Menurutnya, millennials memiliki peluang dan pilihan yang lebih banyak daripada generasi sebelumnya. Karena itu, ia ingin millennials membuat kesempatan besar. Di samping itu, millennials harus menjaga fokus pada yang dilakukan dan menyadarinya sepenuh hati.

"Sadari tujuanmu untuk menciptakan dunia yang lebih baik di antara kita," tutup dia sebelum beranjak dari panggung Visionary Leaders.

Itulah kepercayaan yang jadi kunci sukses Unilever. Bagaimana? Masuk akal, bukan? Jika kamu ingin maju dalam berkarier, tidak ada salahnya mulai menentukan tujuanmu dari sekarang.

Baca Juga: IMS 2020: Hemant Bakshi Sebut 3 Produk Terbesar Unilever

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya