Comscore Tracker

Nilai Positif dari Top Gun: Maverick, Pembuktian Adalah Lawan Keraguan

Kamu pun akan mengalami hal-hal ini

Tom Cruise kembali menghibur kita di layar lebar lewat film Top Gun: Maverick. Setelah Top Gun (1986) yang mengorbitkan nama Tom, tentunya kisah terbaru di dunia pilot tempur angkatan laut tersebut menjadi angin segar.

Tayang perdana di Indonesia pada Selasa (24/5/2022), ada banyak nilai positif dari film tersebut. Yuk, kita cari tahu nilai-nilai kebaikan dari film yang disutradarai Joseph Kosinski tersebut!

*Artikel ini mengandung spoiler

1. Pembuktian adalah perlawanan terbaik atas keragu-raguan

Nilai Positif dari Top Gun: Maverick, Pembuktian Adalah Lawan KeraguanMaverick yang diperankan oleh Tom Cruise (dok. Skydance Media/Top Gun: Maverick)

Kisah Kapten Pete "Maverick" Mitchell (Tom Cruise) bermula dari program penerbang top angkatan laut Top Gun yang hendak ditutup. Program tersebut dianggap tidak cukup memberi manfaat, terlebih ada satu indikator yang tidak kunjung terwujud dari situ.

Tidak terima, Maverick melakukan pembuktian secara diam-diam. Sempat ditentang atasan dan membuat situasi geger, nyatanya tindakan tersebut berhasil membuat penentu kebijakan berubah haluan.

2. Perempuan berhak menjadi hebat sekalipun itu di ranah yang didominasi laki-laki

Nilai Positif dari Top Gun: Maverick, Pembuktian Adalah Lawan KeraguanPhoenix yang diperankan oleh Monica Barbaro (dok. Skydance Media/Top Gun: Maverick)

Tidak hanya Maverick, ada tokoh perempuan bernama Phoenix (Monica Barbaro) yang turut menarik perhatian. Bagaimana tidak? Ia jadi satu-satunya perempuan yang tergabung dalam sekolah penerbang Top Gun.

Itu artinya perempuan boleh meraih apa pun cita-citanya. Sekalipun itu adalah ranah yang biasanya didominasi laki-laki, perempuan tetap berhak melakukannya selama ia mampu.

3. Tidak ada gunanya menyimpan dendam karena hanya akan menghambat hidupmu

Nilai Positif dari Top Gun: Maverick, Pembuktian Adalah Lawan KeraguanRooster yang diperankan oleh Miles Teller (dok. Skydance Media/Top Gun: Maverick)

Tak dinyana, Maverick bertemu sosok yang terkait erat dengan masa lalunya, yaitu Bradley "Rooster" Bradshaw (Miles Teller). Rooster bertingkah cukup sinis dan bisa dikatakan merasa dendam atas masa lalu itu. 

Namun, kita harus menyadari bahwa sikap dendam hanya menguras energi, baik itu mental dan fisik. Kita dituntut untuk selalu merespons negatif atas bayang-bayang kesalahan orang lain.

Alangkah baiknya jika kita bisa bersikap move on dan bersikap lebih positif akan masa depan. Kesalahan orang di masa lalu bisa kita jadikan pelajaran.

4. Memberikan kepercayaan pada orang yang kita ragukan itu penting

Nilai Positif dari Top Gun: Maverick, Pembuktian Adalah Lawan KeraguanRooster yang diperankan oleh Miles Teller (dok. Skydance Media/Top Gun: Maverick)

Kadang-kadang, kita perlu memberikan kebebasan pada orang yang diragukan. Mengapa? Karena supaya orang itu bisa belajar dari kesalahannya sendiri. Istilah lainnya adalah learning by doing.

Begitu pula yang terjadi pada Maverick ke salah satu tim pendampingnya. Meski masih memiliki keraguan akan sosok pendampingnya itu, kepercayaannya itu digunakan untuk menantang sekaligus menggembleng semaksimal mungkin.

Baca Juga: 5 Hal yang Sebaiknya Kamu Cari agar Hidup Jadi Lebih Bermakna

5. Kekompakan bisa terjadi jika dalam satu tim mau berkoordinasi dengan baik

Nilai Positif dari Top Gun: Maverick, Pembuktian Adalah Lawan KeraguanScene Top Gun: Maverick (dok. Skydance Media/Top Gun: Maverick)

Sebuah tim pasti punya banyak dinamika, apalagi jika latar belakangnya berbeda-beda. Ada yang karakternya congkak, gengsi, optimis, sampai kurang percaya diri. Namun, hal itu harus dikesampingkan bila berbicara profesionalitas.

Agar profesionalitas tercapai, ego masing-masing harus diredam. Semua harus satu visi dan misi serta sanggup berkoordinasi dengan baik. Dalam konteks militer, tentunya Maverick berusaha mencapai kekompakan tim yang ideal tersebut. 

6. Persahabatan yang tulus akan selalu abadi

Nilai Positif dari Top Gun: Maverick, Pembuktian Adalah Lawan KeraguanMaverick yang diperankan oleh Tom Cruise (dok. Skydance Media/Top Gun: Maverick)

Sudah tiga puluh tahun lebih berkarier di dunia penerbangan, tentunya ada banyak suka dan duka yang dilalui Maverick. Berada di lingkungan militer membuat siapa saja harus berani bertaruh nyawa.

Di sinilah persahabatan Maverick dengan teman seangkatannya tergambar. Bagaimana sahabat saling membantu dan jadi tempat berkeluh kesah merupakan hal yang menyentuh hati.

7. Sehebat apa pun situasi di sekitar, kesuksesan itu tetap kembali pada diri kita masing-masing

Nilai Positif dari Top Gun: Maverick, Pembuktian Adalah Lawan KeraguanMaverick yang diperankan oleh Tom Cruise (dok. Skydance Media/Top Gun: Maverick)

Mungkin, kita sekarang berada di era yang serba canggih. Ilmu pengetahuan berkembang pesat. Menimba wawasan pun tidak sesulit pada zaman yang sudah lampau.

Namun, percayalah bahwa keberhasilan itu ada di tangan kita. Kitalah yang menentukan kesuksesan. Kalau ingin maju tapi tidak ada niat dan hanya mengandalkan orang lain, niscaya pribadi kita tidak berproses.

Itulah nilai-nilai positif dari film Top Gun: Maverick. Apakah kamu tertarik membeli tiket dan menontonnya? Jangan ragu lagi, segera nikmati filmnya!

Baca Juga: Hidup dalam Ketakutan? 5 Cara Ini Bisa Buatmu Bebas Menjalani Hidup

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya