Comscore Tracker

5 Tanda Sudah Saatnya Kamu Keluar dari Zona Nyaman, Persiapkan Diri!

Jika sudah saatnya, jangan ragu untuk ambil langkah besar

Dalam rentang kehidupan manusia, tentu kita selalu dihadapkan pada tantangan-tangan tertentu yang harus dijalani. Tantangan tersebut perlahan akan membawa kita naik level untuk selalu meng-upgrade kualitas diri. Namun, banyak orang yang terjebak pada zona nyaman yang membuat enggan beranjak bahkan takut untuk membuka jendela baru.

Salah satu alasannya karena mereka takut akan sesuatu yang belum jelas kedepannya, seperti takut menghadapi kegagalan. Berikut ini ada 5 tanda yang harus kamu evaluasi. Barangkali sudah saatnya kamu harus keluar dari zona nyaman demi masa depan yang lebih baik.

1. Kamu merasa hidupmu sudah mencapai titik stagnan

5 Tanda Sudah Saatnya Kamu Keluar dari Zona Nyaman, Persiapkan Diri!ilustrasi merasa stagnan (pixabay.com/StartupStockPhotos)

Saat kamu merasa keseharianmu tidak membuatmu berkembang, maka sudah saatnya kamu segera keluar dari zona nyaman. Dalam diri tiap orang tentu memiliki kapasitas yang tentu sayang jika tidak dimanfaatkan dengan optimal.

Kalau kamu bisa mencapai lebih bahkan dari apa yang kamu bayangkan, kenapa kamu harus terjebak dalam situasi stuck tersebut? Bergegaslah meski harus ambil langkah besar dan menggenggam resiko. Selalu ada hasil besar yang menanti di saat kita berani ambil risiko yang besar juga.

2. Merasa bosan berkepanjangan

5 Tanda Sudah Saatnya Kamu Keluar dari Zona Nyaman, Persiapkan Diri!ilustrasi merasa bosan (pixabay.com/Foundry)

Rasa bosan menjadi salah satu hal yang wajar saat kita menjalani rutinitas yang sama setiap hari. Umumnya bosan bersifat sementara, dan akan hilang jika diselingi aktivitas menarik lainnya. Namun, saat rasa bosan melanda berkepanjangan, ini bisa jadi sebuah alarm yang harus segera disadari.

Mungkin sudah saatnya kamu mengalihkan pandangan pada sesuatu yang baru dan belum pernah kamu coba sebelumnya. Bosan tersebut disebabkan kamu sudah terlalu enjoy hingga merasa tak ada lagi tantangan yang memacu minat kamu. 

Baca Juga: 5 Perbedaan Zona Nyaman yang Dipertahankan vs. Ditinggalkan

3. Penasaran akan kemampuan diri dan tertantang coba hal baru

5 Tanda Sudah Saatnya Kamu Keluar dari Zona Nyaman, Persiapkan Diri!ilustrasi belajar hal baru (pixabay.com/nrjfalcon1)

Di dunia ini ada jenis orang yang tak bisa berdiam diri dan selalu haus akan pengalaman baru. Pribadi jenis ini tidak akan puas hanya dengan melakukan hal yang itu-itu saja dan harus selalu ada tantangan pada segala sesuatu yang ia lakukan. Jika kamu termasuk orang dengan karakter demikian, kamu berkesempatan memiliki pengalaman lebih dibanding yang lainnya.

Ketika seseorang terlalu malas dan takut saat mencoba hal baru, kamu justru terlahir dengan rasa keingintahuan yang tinggi sehingga menjauhkanmu dari rasa malas tersebut. Tentunya ini akan membawamu untuk mengeksplor apa yang ada di dalam diri.

4. Mulai mempertanyakan apakah sudah berada di jalan yang diinginkan

5 Tanda Sudah Saatnya Kamu Keluar dari Zona Nyaman, Persiapkan Diri!ilustrasi sedang berpikir (pixabay.com/StockSnap)

Evaluasi diri sesekali memang diperlukan sebagai bagian dari proses pengembangan diri. Saat kamu sudah terlalu lama di zona nyaman, terbersit pikiran tentang apa saja yang sudah berhasil didapatkan serta apa saja yang masih menjadi target pencapaian.

Pertanyakan pada dirimu sendiri apakah jalan yang kamu tempuh sudah sesuai dengan jalur menuju impian atau tidak. Atau apakah kamu sudah berada di tempat yang memang kamu inginkan atau belum. Benahi sebelum terlambat dan crosscheck lagi tentang list to do yang telah disusun. 

5. Ada hal lain yang lebih menarik perhatianmu

5 Tanda Sudah Saatnya Kamu Keluar dari Zona Nyaman, Persiapkan Diri!ilustrasi berbagi cerita (pixabay.com/naassomz1)

Saat melihat atau mendengar kehidupan dan pencapaian orang lain, dalam cerita mereka terkadang ada hal yang mencuri perhatianmu. Kamu menjadi antusias terhadapnya dan tertarik untuk mencoba. Tentu saja tidak ada salahnya untuk belajar hal baru selama mendatangkan pengalaman berharga. Sebaiknya tidak mengabaikan rasa ketertarikan ini karena barangkali itulah yang akan menarikmu pada minat dan bakat baru. Kamu juga jadi sadar bahwa ada hal menyenangkan lainnya yang ternyata belum kamu coba selama ini. 

Itu dia lima tanda sudah saatnya kamu bergeser dari zona nyaman. Zona nyaman memang membuat hidup lebih damai, tapi jangan sampai membuat kamu seolah jalan di tempat tanpa ada kemajuan yang berarti. 

Baca Juga: 5 Cara Cowok Persiapkan Diri untuk Keluar Zona Nyaman dalam Bekerja 

Widi April Photo Verified Writer Widi April

just do what i want

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya