Comscore Tracker

Jangan Cuek Sama 6 Hal Ini kalau Gak Mau Hidupmu Merugi

Cuek soal masa depan juga masuk, lho! 

Jangan sampai kamu malah cuek dengan hal-hal yang menuntut adanya kepedulian dan keseriusan karena akan ada kerugian yang akan didapatkan jika kamu mengabaikannya. Apa sajakah hal yang gak boleh dicuekin itu? Yuk, mari kita simak penjelasannya!

1. Kritik dan masukan yang membangun

Jangan Cuek Sama 6 Hal Ini kalau Gak Mau Hidupmu MerugiIlustrasi nasihat (Pexels/SHVETS Production)

Cuek dengan omongan buruk, misalnya saja kritik yang menjatuhkan, hinaan, atau gosip memang bukanlah masalah besar, malah justru dianjurkan. Namun bila sikap cuek ini kamu terapkan dalam menyikapi kritik , saran, dan masukan dari orang lain yang sifatnya membangun dan membawamu ke arah yang positif, maka jangan dilakukan, ya.

Bila ada orang yang melontarkan kritik dan masukan sebagai bahan evaluasi dan koreksi diri sendiri meskipun cara penyampaiannya terkesan kasar, ada baiknya untuk gak mengabaikan omongan mereka. Sebab bila kamu terlalu bodo amat dengan kritikan yang berkonteks positif maka kamu dianggap sebagai orang yang sombong dan antikritik.

2. Nasihat orangtua

Jangan Cuek Sama 6 Hal Ini kalau Gak Mau Hidupmu MerugiIlustrasi ayah menasihati anaknya (Pexels/Kindel Media)

Sudah bukan rahasia lagi bahwa nasihat orangtua itu gak lekang oleh zaman meskipun di mata anaknya terkesan kurang pas dengan keadaan sekarang. Apalagi kalau mereka jauh lebih berpengalaman dalam hidup dan nasihatnya tentu saja demi kebaikan anaknya.

Namun jika kamu cuek atau gak mau mendengarkan bahkan menyanggah nasihat mereka, maka itu sama saja dengan mengundang murka Tuhan karena sudah dianggap sebagai sikap durhaka kepada orangtua.

3. Kesempatan atau peluang emas

Jangan Cuek Sama 6 Hal Ini kalau Gak Mau Hidupmu MerugiIlustrasi menelepon lowongan pekerjaan (Pexels/Ron Lach)

Memang benar bahwa semua kesempatan atau peluang harus dimanfaatkan. Karena dengan ini, kamu akan mendapatkan pengalaman serta pelajaran berharga dalam kehidupan. Terlebih jika kesempatan itu berpengaruh besar untuk hidupmu, lowongan kerja misalnya.  

Namun jika kamu malah seolah mengabaikan bahkan sama sekali gak tertarik dengan kesempatan emas itu maka kamu gak akan pernah berkembang dalam segala hal dan penyesalan yang akan kamu rasakan.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Bersikap Cuek di Kantor, Jangan Dengar Nyinyiran!

4. Permintaan orang lain yang sangat mendesak

Jangan Cuek Sama 6 Hal Ini kalau Gak Mau Hidupmu MerugiIlustrasi menolong orang lumpuh (Pexels/RODNAE Productions)

Memang salah satu manfaat dari bersikap cuek adalah supaya kamu gak dimanfaatkan oleh orang lain yang terkadang hanya ingin mengambil keuntungan dari ketulusan hatimu. Selain itu, sikap ini juga membuatmu terhindar dari kebiasaan terlalu kepo dengan urusan orang lain.

Tetapi jika terhadap permintaan orang lain yang sifatnya darurat atau sangat mendesak kamu malah cuek bahkan gak segan-segan menolak padahal mereka sangat membutuhkanmu, maka kamu harus stop kebiasaan ini karena hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan.

5. Penampilan diri

Jangan Cuek Sama 6 Hal Ini kalau Gak Mau Hidupmu MerugiIlustrasi wanita bergaun hitam (Pexels/Pixabay)

Sering kali kita mendengar pepatah “Don’t judge book by its cover” yang mengajarkan untuk gak menilai seseorang dari tampak luarnya saja. Tetapi ini bukan sebagai pembenaran untuk abai dengan penampilan luar diri sendiri.

Perlu diketahui bahwa baik buruknya penampilan luar sangat berpengaruh terhadap kesan pertama di mata orang lain, terutama dalam hubungan profesional. Jika kamu masih belum bisa sedikit peduli dengan penampilan luar maka bukan gak mungkin kamu akan dijauhi orang lain karena kamu sudah dipandang sebagai orang yang jorok.

6. Masa depan

Jangan Cuek Sama 6 Hal Ini kalau Gak Mau Hidupmu MerugiIlustrasi wanita bekerja (Pexels/Anthony Shkraba)

Memang bahwa masa depan jangan dipikirkan terlalu keras karena bisa membuatmu gak bisa menikmati momen di masa sekarang. Namun sekali lagi, ini sama sekali bukan alasan untuk gak mau peduli perihal kehidupan di masa depan.

Karena bagaimanapun juga, apa yang kamu lakukan di masa kini akan mempengaruhi kehidupanmu di masa depan, jadi sudah seharusnya kamu berpikir keras soal hal tersebut. Kalau sikapmu yang bodo amat soal masa depan gak segera dihilangkan, gak usah salahkan siapa-siapa kalau nanti hidupmu terlunta-lunta di esok hari alias masa depan suram.

Setelah kamu mengetahui keenam hal yang disebutkan tadi, masih mau kamu memasang sikap bodo amat atau cuek seolah gak penting sama sekali? Stop bersikap menyepelekan sesuatu yang sifatnya serius jika ingin menjadi manusia yang lebih baik dalam berbagai hal.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dihindari agar Tak Abai pada Kepentingan Diri Sendiri

Wimantyo Resi H. Photo Verified Writer Wimantyo Resi H.

Hanya orang biasa yang ingin melihat dunia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya