Comscore Tracker

5 Alasan Masuk Akal Kamu Jangan Mencintai Diri Sendiri Apa Adanya 

Tuntutlah dirimu sendiri untuk jadi yang lebih baik

Sering kali kamu mendengar jargon “Love yourself” yang berarti kita harus mencintai diri sendiri berikut segala kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam diri kita sendiri. Karena sikap seperti ini akan membawa kedamaian dan ketenangan jiwa.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang masih salah mengartikannya dengan mencintai diri sendiri dengan apa adanya termasuk sifat-sifat buruk yang justru berakibat fatal bagi hidupmu.

Memang rasanya sangat kejam jika tidak mencintai diri sendiri apa adanya, namun cobalah untuk berpikir lebih jernih akan dampak yang nyata dirasakan dalam jangka panjang. Biar lebih jelas dan paham, simak penjelasannya berikut ini.

1. Sadari bahwa kamu harus menampilkan versi terbaik dari dirimu sendiri

5 Alasan Masuk Akal Kamu Jangan Mencintai Diri Sendiri Apa Adanya pexels.com/brucemars

Dalam segala hal di hidupmu, kamu pasti ingin menjadi sosok yang lebih baik dan disukai semua orang. Dengan tidak mencintai dirimu sendiri dengan apa adanya, kamu sudah membantu dirimu sendiri menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Cobalah untuk menyadari dan mengerti bahwa perubahan di dalam diri sendiri itu perlu bahkan harus dilakukan demi kebaikan diri sendiri. Jika kamu mencintai dirimu dengan sungguh-sungguh, maka tuntutan untuk menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri janganlah dianggap sebagai beban.

2. Tujuan mencintai diri sendiri adalah untuk menjadi lebih positif, bukan negatif 

5 Alasan Masuk Akal Kamu Jangan Mencintai Diri Sendiri Apa Adanya Pexels/Kaique Rocha

Semua orang pasti setuju bahwa tujuan seseorang mencintai diri sendiri adalah untuk menjadi pribadi yang lebih positif. Jika kamu ingin hidup yang lebih baik, maka dirimu sendiri akan dituntut untuk menjadi yang terbaik dalam segi perilaku sampai penampilan fisik.

Coba kamu bayangkan jika kamu menjalani hidup di dunia ini dengan apa adanya tanpa melakukan perubahan berarti, pastinya kamu akan menuai hasil negatif yang akan menyengsarakanmu kelak. Maka dari itu, berpikirlah realistis demi kebaikan dirimu sendiri.

3. Terkadang penilaian negatif orang lain atas dirimu ada benarnya juga 

5 Alasan Masuk Akal Kamu Jangan Mencintai Diri Sendiri Apa Adanya Pexels/Moose Photos

Hal yang patut kamu sadari bahwa tidak semua penilaian negatif dari orang lain atas dirimu akan terus dimaknai sebagai ejekan atau hujatan. Terkadang apa yang mereka katakan tentang dirimu juga benar adanya dan anggaplah semua itu sebagai bahan instrospeksi diri.

Jangan sampai karena mencintai diri sendiri apa adanya, kamu jadi tutup kuping dan cuek atas penilaian negatif orang lain terhadapmu karena bisa saja itu akan menjadi pelecut semangatmu untuk mengubah diri jadi lebih baik lagi di masa yang akan datang. 

Baca Juga: Coba 5 Cara Ini agar Anak Terbiasa Bersyukur & Cintai Diri Sendiri

4. Hidup ini bukan hanya tentang hari ini, tetapi juga esok dan nanti

5 Alasan Masuk Akal Kamu Jangan Mencintai Diri Sendiri Apa Adanya Pexels/Ady April

Bagi orang yang sudah dewasa secara pola pikir, menjalani hidup di dunia ini bukan hanya untuk hari ini saja, tetapi juga ada hari esok dan seterusnya. Beranikan dirimu untuk menuntut diri sendiri jika kamu benar-benar terus bertahan menghadapi kerasnya hidup.

Namun jika kamu enggan melakukannya dan terlanjur nyaman dengan dirimu saat ini, maka cepat atau lambat kamu akan tergilas roda zaman yang terus bergulir alias tersingkir dari panggung kehidupan. Hidup ini sadis, jadi bukan buat main-main, guys!

5. Manusia yang berkualitas adalah yang berani menuntut diri sendiri menjadi lebih baik 

5 Alasan Masuk Akal Kamu Jangan Mencintai Diri Sendiri Apa Adanya Pexels.com/Anastasiya Gepp

Jika kamu menginginkan hidup yang lebih indah sekaligus bermakna, maka mulai sekarang ubah prinsipmu dari mencintai diri sendiri apa adanya menjadi menuntut diri sendiri untuk berubah ke arah yang lebih baik lagi. Ini wajib dilakukan karena sejatinya manusia yang berani menuntut diri sendiri agar menjadi yang terbaik adalah manusia berkualitas.

Hal-hal baik pun pasti akan dituai jika kamu selalu menuntut diri sendiri. Kebahagiaan dan keberuntungan pasti akan datang silih berganti berkat adanya perubahan positif yang kamu ciptakan sendiri. Oleh karena itu, jangan ragu dan jangan takut untuk selalu menuntut diri sendiri demi kebaikan dan kebahagiaan dirimu sendiri karena kalau bukan kamu yang memulai, siapa lagi?

Itulah alasan masuk akal mengapa kamu tidak boleh lagi mencintai diri sendiri apa adanya. Berpikirlah realistis, jangan mudah terlena dengan apa adanya dirimu yang justru akan menghancurkanmu kelak di masa depan. Tetap semangat ya, guys!

Baca Juga: 5 Alasan di Balik Sulitnya Mengikhlaskan Orang yang Lama Kamu Cintai

Wimantyo Resi H. Photo Verified Writer Wimantyo Resi H.

Hanya orang biasa yang ingin melihat dunia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya