Comscore Tracker

6 Kebiasaan Kecil yang Bikin Kamu Lemah Secara Mental

Gak ada yang suka dengan orang yang bermental lemah! 

Hidup di dunia ini memang sudah dari sananya penuh dengan aneka rupa masalah tanpa kamu cari-cari sendiri. Namun bagi orang yang bermental lemah, hidup terasa berat banget karenanya. Tanpa disadari, mereka akan berpegang pada prinsip hidup “Hidup ini saja sudah banyak masalah, ngapain sih diambil pusing segala?”

Please, deh, jangan sampai kamu ikut-ikutan! Sebab sudah seharusnya manusia memiliki mental yang kuat dalam menghadapi kejamnya dunia ini. Bahaya kalau sampai gak kuat menghadapinya.

Namun, membentuk mental yang kuat dan tangguh bukanlah perkara sekejap jadi dan butuh usaha keras. Jangan malah kamu memelihara kebiasaan ini sehingga membuatmu lemah secara mental.

1. Kelewat pasrah akan keadaan

6 Kebiasaan Kecil yang Bikin Kamu Lemah Secara MentalIlustrasi orang sedang pusing (Pexels/Nathan Cowley)

Ibarat pertandingan sepak bola, kamu berada dalam posisi tertinggal sangat jauh dari lawanmu. Maka dari itu, kamu harus berusaha sangat keras untuk bisa membalikkan keadaan meski pada akhirnya, hasilnya jauh dari harapan.

Tetapi setidaknya, kamu patut untuk bangga karena sudah mau berjuang. Namun, jika kamu terlalu pasrah akan keadaan yang gak menguntungkanmu, kamu akan mudah berputus asa.

2. Terlalu takut menerima kegagalan

6 Kebiasaan Kecil yang Bikin Kamu Lemah Secara MentalIlustrasi putus asa (Pexels/Inzmam Khan)

Sudah bukan rahasia lagi kalau kegagalan adalah sesuatu yang lumrah terjadi dalam hidup manusia sehingga suka atau gak, harus diterima dengan lapang dada dan tegar.

Nah, kalau kamu sendiri terlalu takut dengannya, maka kamu akan merasa bahwa kegagalan adalah akhir dari segalanya dan seperti pada poin pertama, kamu akan sangat mudah berputus asa. 

Baca Juga: 5 Risikonya jika Pergi Merantau Tanpa Kesiapan Diri dan Mental

3. Saat ditimpa masalah, lebih suka curhat daripada menghadapinya sendiri

6 Kebiasaan Kecil yang Bikin Kamu Lemah Secara MentalIlustrasi curhat (Pexels/cottonbro)

Memang kita perlu berbagi cerita dengan seseorang agar beban hidup terangkat. Namun yang paling penting, kamu harus memiliki kemampuan problem solving secara mandiri.

Nah, apabila saat kamu ditimpa masalah, kamu lebih suka curhat daripada mencoba menghadapinya sendiri, maka kemampuanmu memecahkan masalah jadi gak terasah sempurna dan kamu juga akan terbiasa bergantung dan merepotkan orang lain.  

4. Sering bilang ‘gak bisa’ ketika harus melakukan sesuatu yang gak disukai

6 Kebiasaan Kecil yang Bikin Kamu Lemah Secara MentalIlustrasi dua wanita bekerja (Unsplash/Surface)

Tentu saja, kamu gak boleh terlalu memaksakan diri untuk melakukan sesuatu yang gak kamu sukai. Akan tetapi, jangan terbiasa bilang ‘gak bisa’ padahal belum mencobanya, ya!

Kamu cuma takut banget mencoba sesuatu di luar bidang yang dikuasai. Saking seringnya kamu bilang begitu, orang lain jadi merasa kalau kamu sosok yang sangat benci tantangan.

5. Gak mau berusaha bertahan di bawah tekanan

6 Kebiasaan Kecil yang Bikin Kamu Lemah Secara MentalIlustrasi tekanan kerja (Unsplash/JESHOOTS.COM)

Seperti yang kamu ketahui, segala macam tekanan, terutama di dunia kerja itu adalah hal yang biasa dan tentu saja membutuhkan mental yang kuat untuk bisa bertahan di dalamnya.

Namun, kamu justru gak kuat berada dalam kondisi seperti ini dan dengan mudahnya berkata, “Aduh, kerjaan belum selesai malah ditambah lagi, deadline-nya mepet banget pula. Stres banget, nih. Udah ah, aku resign aja!”  

Ucapan seperti ini hanya akan menandakan kalau kamu sama sekali gak mau berusaha untuk bertahan menghadapi tekanan. Apakah bisa kamu sukses dalam karier kalau gak bisa bertahan di bawah tekanan?

6. Menganggap remeh sebuah persaingan

6 Kebiasaan Kecil yang Bikin Kamu Lemah Secara MentalIlustrasi lomba lari (Unsplash/Nicolas Hoizey)

Benar sekali bahwa gak semua hal dalam hidup ini adalah persaingan. Namun untuk soal pencapaian hidup, masa kamu akan terus-terusan menganggapnya bukan persaingan?

Beranikan dirimu untuk menghadapinya dan jangan takut kalah dalam bersaing, jangan malah menghindarinya.

Kalau kamu sendiri menganggap remeh bahkan menghindari persaingan, bagaimana bisa kamu menempa mentalmu menjadi sekuat baja? Yang ada kamu malah diremehkan semua orang lantaran dianggap sebagai penakut.

Mental kuat sudah seharusnya dimiliki oleh setiap manusia dalam menghadapi kejamnya dunia. Bayangkan saja, kalau kamu sendiri bermental lemah, pasti kamu akan merasa mau mati, kan?

Oleh karena itu, jangan sampai kamu punya mental yang lemah, ya! Selain menjadi modal dalam menjalani hidup, mental yang kuat juga akan mendewasakanmu.

Baca Juga: 5 Kerugian Jadi Cowok yang Punya Mental Gampang Rapuh, Hindari Bro!

Wimantyo Resi H. Photo Verified Writer Wimantyo Resi H.

Hanya orang biasa yang ingin melihat dunia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya