Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Tak Boleh Berhenti Mencoba karena Faktor Usia

Bukankah banyak juga orang baru sukses di usia tua?

Sukses adalah impian semua orang. Untuk mencapainya pun banyak orang melakukan berbagai cara, entah mencari tutor, memperbanyak relasi dengan orang-orang penting, mengikuti seminar, dan masih banyak lagi.

Namun, belakangan sangat banyak ditemukan beberapa orang memamerkan kesuksessannya di usia yang sangat muda. Usia yang ketika orang lain masih menikmatinya untuk main-main, tapi dia sudah berada dipuncak kesuksesan.

Walau demikian, tidak seharusnya kamu malah mundur untuk mencoba dan merasa minder. Sebab kamu masih punya kesempatan untuk mencoba agar tahu hasilnya seperti apa dibanding hanya menerka-nerka. Masih tak yakin untuk mencoba karena masalah usia? Berikut lima alasan yang mungkin bisa menguatkanmu untuk kembali mencoba.

1. Dengan mulai mencoba kamu akan tahu hasilnya

5 Alasan Kamu Tak Boleh Berhenti Mencoba karena Faktor Usiailustrasi berhasil (pexels.com/Ketutsubiyanto)

Tidak ada yang tahu hasil dari sebuah usaha jika tak mencobanya. Mencoba adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar tidak penasaran dengan tantangan yang akan kamu hadapi. Jika kamu pilih untuk tidak mencoba sama sekali, maka kesempatanmu juga ikut hilang.

Jadi, jangan pernah berhenti mencoba hanya karena takut gagal, usia sudah tidak muda, dan merasa terlambat untuk memulai. Padahal kamu hanya perlu melangkah agar tahu hasilnya.

2. Banyak juga orang-orang yang malah sukses saat usia sudah tidak muda

5 Alasan Kamu Tak Boleh Berhenti Mencoba karena Faktor Usiailustrasi laki-laki sukses (pexels.com/Adrea Piacquadio)

Beberapa pengusaha sukses bukan selalu dari kalangan muda, bahkan banyak juga dari mereka yang sudah berumur. Banyak yang menjadikan mereka sebagai motivasi, jika usia hanyalah sebuah angka yang berarti tak menjadi kendala untuk terus mencoba.

Jika hanya berpatokan pada usia dan merasa sudah terlambat untuk memulai, itu sama saja seperti sudah kalah sebelum perang. Tidak ada salahnya untuk mencoba. Seminimal mungkin hal baik yang bisa dinikmati adalah pengalaman. Hasil akhirnya pun bisa membuatmu tak penasaran atau menyesal karena tidak pernah mencobanya.

Baca Juga: 5 Sikap Rendah Diri Penghalang Kesuksesan, Bikin Kariermu Stuck!

3. Justru di usia tua kamu sudah punya banyak relasi jadi akan lebih mudah nantinya

5 Alasan Kamu Tak Boleh Berhenti Mencoba karena Faktor Usiailustrasi menelepon (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Usia yang sudah matang biasanya mempunyai banyak relasi atas jumlah usia yang sudah digunakannya selama hidup. Relasi ini sangat penting dan bisa menunjang keberhasilan usaha yang kamu rintis nantinya.

Memanfaatkan relasi yang sudah terkumpul di usia matang adalah satu langkah lebih awal yang sudah kamu dapatkan. Tinggal bagaimana caranya memaksimalkannya dengan baik dan sesuai rencana yang sudah ditetapkan.

4. Baru mendapatkan akses dan informasi di usia tidak muda

5 Alasan Kamu Tak Boleh Berhenti Mencoba karena Faktor Usiailustrasi dapat informasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kita tahu bahwa tidak semua orang memiliki akses informasi dengan mudah. Beberapa orang memang sudah didukung oleh lingkungannya dengan baik, tapi sebagian lagi harus berusaha ekstra untuk mendapatkannya.

Nah, apabila kamu baru mendapatkan akses informasi, ide dan bisa eksekusinya di usia yang sudah tak muda, itu wajar saja. Sebab itu bukanlah suatu hal yang buruk. Artinya, memang kesempatan untukmu baru datang saat itu.

5. Sebenarnya bukan usia yang tolak ukur memulai, tapi mental dan kesiapan

5 Alasan Kamu Tak Boleh Berhenti Mencoba karena Faktor Usiailustrasi karyawan berumur (pexels.com/Vanessa Gracia)

Berapa pun usia seseorang untuk memulai suatu usaha atau langkahnya dalam mencapai tujuan itu tidak menjamin ia akan sukses lebih awal. Semua juga tergantung kesiapan dari orang itu sendiri. Kesiapan juga mencakup hal yang luas, baik itu mental, lingkungan, konsisten, dan menerima risiko atau kegagalan.

Kesiapan ini akan berperan penting dalam prosesmu. Jika sudah siap menghadapi apa pun hal baik dan buruk yang akan terjadi kedepannya, artinya kamu juga akan dengan mudah menyelesaikan setiap masalah di masa depan.

Jangan pernah berhenti mencoba hanya karena merasa usia tak muda lagi. Mulailah ketika kamu siap dengan semua kesiapan yang nantinya memang berguna selama proses mencapai tujuan dan kesuksesan tadi. Semangat!

Baca Juga: 5 Tips Jadi Perempuan Berdaya di Usia Muda, Bahagia Sepanjang Masa

Witri Wahyuni Photo Verified Writer Witri Wahyuni

Daripada numpuk dikepala, mending ditulis aja!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya