Comscore Tracker

Hindari, 7 Kesalahan Finansial yang Sering Terjadi di Usia 20-an 

Awas, jangan sampai terjebak!

Masa muda hanya bisa dirasakan sekali seumur hidup. Tak jarang banyak orang yang terlalu menikmati masa mudanya sampai mereka tak sadar bahwa ada masa depan yang perlu diperjuangkan.

Walaupun boleh-boleh saja menikmati masa muda, tapi kita juga tidak perlu berlebihan dalam melakoninya. Bahkan, sampai lupa untuk belajar mengelola finansial yang tentu sangat berguna di masa depan.

Berikut tujuh kesalahan finansial yang sering terjadi di umur 20-an. Jangan sampai kamu terjebak dan bisa terhindar untuk merasakannya.

1. Belum memiliki tabungan 

Hindari, 7 Kesalahan Finansial yang Sering Terjadi di Usia 20-an ilustrasi menabung di celengan (unsplash.com/spanic)

Tak bisa dipungkiri bahwa anak muda saat ini sudah terbiasa dengan gaya hidup mewah dan glamor. Hal tersebut tanpa disadari membuat mereka akan berpikir dua kali hanya untuk menyisihkan uang. Jelas, ini bisa berdampak pada kesehatan keuangan mereka di masa mendatang.

Perilaku hedonisme biasanya adalah penyebab utama mengapa orang sulit untuk memulai membuat tabungan. Namun, kalau kamu memiliki komitmen untuk berubah, pasti kamu bisa berhenti dari kebiasaan negatif ini.

2. Tidak memiliki budget plan

Hindari, 7 Kesalahan Finansial yang Sering Terjadi di Usia 20-an ilustrasi menghitung budget plan (unsplash.com/kellysikkema)

Walaupun terdengar sederhana, tapi masih banyak orang yang belum memiliki budget plan. Padahal budget plan atau rencana anggaran sangat penting untuk mengetahui aliran keuangan kamu.

Dengan adanya budget plan, kamu bisa melacak pengeluaran kamu dan tahu dengan jelas kemana uang kamu pergi dan akan digunakan kedepannya.

3. Terlalu sering party

Hindari, 7 Kesalahan Finansial yang Sering Terjadi di Usia 20-an ilustrasi orang berpesta di klub malam (unsplash.com/neal_johnson)

Untuk menghilangkan rasa bosan, terkadang perlu untuk bergaul dan berpesta dengan teman-teman. Namun, kalau hal itu dilakukan berlebihan dan terlalu sering, maka akan berpengaruh buruk untuk diri sendiri.

Kamu tidak boleh menghabiskan masa muda dengan kesenangan sesaat tanpa memikirkan masa depan. Mulai sekarang, belajarlah untuk mengelola finansial agar uangmu tidak habis untuk sesuatu yang tidak ada gunanya.

Baca Juga: 5 Kesalahan Anak Muda dalam Mengatur Uang, Boros dan Gak Bijak!

4. Dating kemahalan

Hindari, 7 Kesalahan Finansial yang Sering Terjadi di Usia 20-an ilustrasi pasangan sedang berkencan di restoran (unsplash.com/frame_media)

Budaya berpacaran mungkin bukan suatu hal yang baru. Banyak sebagian anak muda yang sudah memiliki pasangan saat ini. Jadi, wajar saja kalau kita ingin selalu bertemu dengan pasangan kapan pun kita ingin.

Disaat kamu dan pasangan ingin bertemu, biasanya kita malah terlalu memaksakan diri untuk mengajaknya kencan ke kafe atau restoran yang mahal. Padahal kamu tahu kondisi keuanganmu saat itu masih tidak bisa terkendali dengan baik.

Niat hati ingin membuat hati pasangan menjadi terkesan, hal itu malah membuat pengeluaran kamu makin membengkak. Jadi gak enak di akhir, bukan?

5. Sering pesan makanan online

Hindari, 7 Kesalahan Finansial yang Sering Terjadi di Usia 20-an ilustrasi food delievery (unsplash.com/introspectivedsgn)

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, tidak perlu repot lagi kalau ingin makan memesan makanan. Kamu sudah bisa memesan makanan yang diinginkan dengan mudah secara online lewat gawai pintar.

Walaupun terlihat praktis, memesan makanan secara online terlalu sering bisa membuat pengeluaranmu meledak setiap bulannya. Kamu mungkin menganggap bahwa pengeluaranmu belum seberapa. Namun, pas memastikannya lagi ke rekening, ternyata cukup banyak mengeluarkan uang hanya untuk pesan makanan lewat gawai pintar. Maka dari itu, kamu perlu membatasinya.

6. Suka belanja fashion berlebihan

Hindari, 7 Kesalahan Finansial yang Sering Terjadi di Usia 20-an ilustrasi belanja (unsplash.com/freestocks)

Selalu ingin tampil trendi, menjadi alasan banyak orang menghabiskan uang untuk belanja berbagai fashion item yang sedang hype saat ini.

Mengenakan outfit terbaru dengan harga selangit memang akan membuat kamu terlihat menarik di mata orang lain. Namun sayangnya, kamu bisa saja mengalami krisis keuangan bila terlalu sering belanja barang-barang tersebut. Kamu akan sulit mencukupi kebutuhanmu yang lebih penting nantinya, lho.

7. Lebih suka memakai kendaraan mahal 

Hindari, 7 Kesalahan Finansial yang Sering Terjadi di Usia 20-an ilustrasi mobil mewah (pexels.com/Broderick Armbrister)

Biasanya, gengsi adalah salah satu faktor yang mempengaruhi banyak anak muda lebih suka menggunakan barang mewah. Tak terkecuali kendaraan yang mereka pakai.

Kendaraan mewah tentu memiliki perawatan yang mahal juga. Kalau kamu memiliki penghasilan yang pas-pasan, lebih baik jangan coba-coba membeli atau menggunakan kendaraan yang mahal, karena bisa menguras pendapatanmu.

Itulah beberapa kesalahan yang sering terjadi di usia 20-an dan patut kamu waspadai. Sebaiknya kamu menghindari kesalahan finansial di atas agar bisa lebih bertanggung jawab atas keuanganmu.

Baca Juga: 5 Pertanyaan yang Bakal Membantumu Terhindar dari Belanja Impulsif

Yuda Pratama Mukti Photo Verified Writer Yuda Pratama Mukti

Introvert and The Bathroom Singer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya