Comscore Tracker

5 Sikap yang Membuatmu Sering Dimanfaatkan Orang Lain, Harus Tahu!

Cek, ada sikapmu gak?

Saat menjalin sebuah hubungan, baik itu pekerjaan, pertemanan, maupun asmara, tentu umpan balik merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan. Tidak boleh ada yang berat sebelah, setiap hubungan diharapkan mampu mendatangkan manfaat bagi semua pihak yang terlibat.

Namun, pada kenyataannya banyak sekali orang yang mendekat hanya jika sedang perlu bantuan. Tidak ada umpan balik, orang seperti ini juga kerap memperlakukanmu seenak jidatnya sendiri. Agar tidak terjebak menjadi korban, ada baiknya kamu mengubah lima sikap yang sering membuatmu dimanfaatkan orang lain berikut ini. Baca sampai akhir, ya! 

Baca Juga: Bukan Gak Yakin, Ini 5 Alasan Dia Masih Menolak saat Kamu Ajak Menikah

1. Gak bisa menolak kalau dimintain bantuan oleh orang lain

5 Sikap yang Membuatmu Sering Dimanfaatkan Orang Lain, Harus Tahu!Pexels.com/Samantha Garrote

Sebagai makhluk sosial, kita memang berkewajiban untuk saling menolong satu sama lainnya. Meski begitu, bukan berarti kamu tidak boleh menolak permintaan tolong dari orang lain. Sebelum menolong orang lain, kamu terlebih dahulu harus memahami kapasitas dan kemampuanmu.

Jangan membiasakan diri untuk menolong orang lain saat kondisimu tidak memungkinkan. Jika kamu meneruskan kebiasaan tersebut, yang ada orang lain justru terus-terusan minta bantuan tanpa berusaha mengerti keadaanmu. Kamu harus ingat bahwa rasa empati tidak boleh sampai membuatmu mengorbankan kebahagian diri sendiri.

2. Terlalu berpikiran positif kepada semua orang

5 Sikap yang Membuatmu Sering Dimanfaatkan Orang Lain, Harus Tahu!unsplash.com/Artem Maltsev

Berpikiran positif memang dapat membuatmu lebih mudah merasakan kebahagiaan. Namun, pikiran positif yang berlebihan dapat membuatmu lebih mudah berteman dengan kekecewaan. Kamu harus paham bahwa manusia adalah makhluk yang rentan berubah dan sulit ditebak.

Tidak semua manusia yang baik padamu memiliki niat yang baik pula dalam hatinya. Ada kalanya kebaikan justru menjadi kedok dari kejahatan seseorang. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk berpikir positif secara logis tanpa menyingirkan rasa curiga sepenuhnya.

3. Selalu baik meski sering diperlakukan buruk

5 Sikap yang Membuatmu Sering Dimanfaatkan Orang Lain, Harus Tahu!freepik.com/shisuka

Menjadi baik memang sebuah keharusan, tetapi bukan berarti kamu rela jika dirimu dimanfaatkan. Saat diperlakukan buruk, tetap berlaku baik tanpa perlawanan bukanlah solusi yang tepat. Membiarkan orang lain berlaku kurang baik dapat makin menyesatkan seseorang dan seolah membenarkan jalannya yang salah.

Selain itu, orang lain akan menganggapmu gampang dimanipulasi. Kamu pasti akan diperlakukan seenaknya oleh orang lain jika terus-terusan merawat kebiasaan ini. Sebelum sikapmu merugikan dirimu sendiri, ada baiknya kamu mulai bersikap tegas dari sekarang.

4. Gak pernah protes dan mengungkapkan pendapatmu saat tidak menyukai sesuatu

5 Sikap yang Membuatmu Sering Dimanfaatkan Orang Lain, Harus Tahu!Pexels.com/Streetwindy

Apa kamu termasuk orang yang minim pendapat dan tampak selalu setuju dengan apa yang disarankan orang lain? Jika iya, tidak heran kamu sering dimanfaatkan oleh orang sekitarmu.

Tanpa kamu sadari, terlalu sering mengiyakan pendapat orang lain dapat membuatmu tampak seperti robot yang gampang diperintah. Berawal dari rasa tidak enak terhadap seseorang, lama-kelamaan perasaan tersebut mengubahmu menjadi manusia yang gemar mengorbankan diri sendiri.

Harus segera diubah, kamu harus memahami bahwa melakukan protes bukanlah sebuah kesalahan, melainkan sebuah langkah untuk menyalurkan pendapat dan menemukan jalan keluar terbaik.

5. Terlalu bersikap royal kepada orang-orang

5 Sikap yang Membuatmu Sering Dimanfaatkan Orang Lain, Harus Tahu!Pexel.com/Sam Lion

Semakin kamu royal kepada orang lain, semakin banyak pula orang-orang yang mendekat padamu. Siapa yang tidak ingin memiliki teman yang baik dan royal terhadap orang sekitarnya? Namun, kamu juga harus paham bahwa tidak semua orang yang mendekat padamu benar-benar menyukaimu tanpa embel-embel lainnya.

Setidaknya selalu ada peluang kamu akan bertemu dengan ular berkepala dua sepanjang hidupmu. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar selektif dalam memilih teman. Jangan sampai kamu memilih orang yang salah yang justru mengubah hari cerahmu mendadak berteman luka yang parah.

 

Nah, itulah lima sikap yang membuatmu sering dimanfaatkan orang lain. Baik itu wajib, namun pasrah dibodohi itu pilihan. Beranilah bertindak tegas, jangan memilih diam dan terus dimanfaatkan!

Baca Juga: 5 Hal Positif yang Bisa Dipetik jika Memiliki Sikap Tidak Pernah Puas

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya