Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Sudah Menemukan Ketenangan Jiwa yang Sesungguhnya

Coba cek dulu, deh!

Ketenangan jiwa merupakan salah satu harapan banyak manusia yang hidup di muka bumi. Dianggap sebagai pencetus rasa bahagia, rasa tenang bahkan kadang diusahakan sedemikian rupa tanpa memikirkan benar dan salah caranya. Tak perlu usaha lebih, sesungguhnya ketenangan jiwa bisa hadir dengan cara yang sederhana. 

Harus belajar untuk memahami konsep hidup yang benar tanpa mengedapankan ego dan ambisi pribadi adalah salah satu jalan agar rasa tenang hadir setiap harinya. Nah, untuk mengecek apakah kamu telah menemukan ketenangan jiwa yang sesungguhnya, ada baiknya kamu simak lima tanda berikut. Keep reading, ya!

Baca Juga: Empati Berlebih Sebabkan Gangguan Kecemasan? Ini Penjelasannya

1. Segala kecemasan tentang hidup berkurang secara alami

5 Tanda Kamu Sudah Menemukan Ketenangan Jiwa yang SesungguhnyaPexels.com/Ray Rodriguez

Tanda pertama bahwa kamu sudah menemukan ketenangan jiwa yang sesungguhnya adalah kamu jarang merasa cemas atau overthinking terhadap kehidupanmu. Kita memang hidup dengan masalah dan beban yang tidak ada habisnya. Namun, bagi beberapa orang hal tersebut bukanlah alasan untuk merasa cemas dan berpikir berlebihan. 

Orang yang telah menemukan ketenangan jiwa cenderung dapat menghadapi segala permasalahan dengan santai dan lebih legowo. Bukan tanpa alasan, mereka memilih bersikap demikian karena telah memahami bahwa rasa bahagia dan ketenangan bukan hadir dengan cara dicari hingga ke ujung bumi tetapi diciptakan dari diri sendiri.

2. Waktu tidur yang kurang tetap mampu membuatmu bersemangat

5 Tanda Kamu Sudah Menemukan Ketenangan Jiwa yang SesungguhnyaPexels.com/Andrea Piacquadio

Kurangnya waktu tidur sering kali dijadikan alasan oleh sebagian orang untuk tidak terlihat bersemangat menjalani hari. Tidak dapat dimungkiri bahwa waktu tidur yang cukup memanglah salah satu faktor penunjang agar tubuh tetap fit. Namun, perlu digarisbawahi bahwa kuantitas tidur kadang tidak berbanding lurus dengan kualitasnya.

Mereka yang telah menemukan ketenangan jiwa biasanya memiliki kualitas tidur yang lebih baik dari orang kebanyakan. Meskipun waktu tidur mereka mungkin lebih singkat, semangat dan energi mereka tampak tidak berkurang. Hal itu disebabkan energi positif yang mereka miliki mampu membantu tubuh mereka lebih bertenaga.

3. Kamu lebih percaya diri dan tidak meragukan kemampuan dirimu lagi

5 Tanda Kamu Sudah Menemukan Ketenangan Jiwa yang SesungguhnyaPexels.com/Andrea Piacquadio

Biasanya orang yang telah menemukan ketenangan jiwanya adalah mereka yang bisa mencintai diri sendiri dengan seutuhnya. Bagaimana bisa kamu tenang jika kamu tidak mencintai dirimu sendiri? Bagaimana bisa kamu meminta orang lain untuk menerima kurang dan lebihmu sementara kamu sendiri tidak melakukannya?

Oleh karena itu, agar ketenangan jiwa yang sesungguhnya hadir dalam hidupmu, ada baiknya kamu belajar untuk menerima dan mengenali diri sendiri. Nantinya, rasa cinta itu akan membuatmu percaya akan kemampuan dan kelebihan yang kamu miliki. Jika kamu terus merawatnya nantinya kamu akan terhindar dari rasa minder ataupun rendah diri.

4. Kamu sadar bahwa dirimu tidak bisa memandang segala hal dengan satu perspektif

5 Tanda Kamu Sudah Menemukan Ketenangan Jiwa yang SesungguhnyaPexels.com/Alan Retratos

Tanda selanjutnya bahwa kamu telah menemukan ketenangan jiwa adalah dirimu bisa memandang segala hal dengan perspektif yang luas. Cara pandang kita terhadap masalah mampu memudahkan kita untuk lebih dekat dengan rasa tenang.

Semakin luas pespektif kita tentang beragam hal, maka semakin mudah pula hati kita merasa lapang jika menghadapi segala sesuatu. Oleh karena itu, jika kamu ingin menemukan ketenangan jiwa, ada baiknya kamu mencoba untuk memperluas sudut pandang dan tidak terpaku pada perspektif berbau negatif saja.

5. Kamu tidak kesulitan menentukan arah hidupmu

5 Tanda Kamu Sudah Menemukan Ketenangan Jiwa yang SesungguhnyaPexels.com/cottonbro

Tanda terakhir bahwa kamu benar-benar telah menemukan ketenangan jiwa adalah tidak adanya rasa bimbang dan takut berlebihan saat dihadapkan dengan banyak pilihan dalam hidupmu. Rasa tenang yang hadir di dalam diri seseorang akan mengajaknya untuk senantiasa berpikir secara logis dan rasional. Hal itu juga yang akan membuatnya tidak kesulitan dalam menentukan arah langkahnya ke depan. 

Alih-alih ketakutan, kamu justru menapakkan kaki ke depan dengan berani dan penuh rasa optimistis. Rasa tenang yang sesungguhnya akan membuatmu senantiasa berpikir positif tanpa meninggikan espektasi dan menurunkan kadar hati-hati.

 

Nah, itulah lima tanda bahwa kamu telah menemukan ketenangan jiwa yang sesungguhnya. Tidak sulit dirasakan, rasa tenang sesungguhnya akan hadir secara alami tanpa dipaksa. Yuk, belajar menghadirkan rasa tenang dan kurang-kurangi bikin sensasi di hidup sendiri!

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Meraih Ketenangan Jiwa, agar Hidup Lebih Bahagia!

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya