Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Adalah Orang yang Terlalu Mandiri, Gak Baik Nih!

Kadang kita juga perlu minta bantuan kok

Kemandirian adalah salah satu sikap baik yang kerap ditumbuhkan pada diri seseorang sedari belia. Banyak orang beranggapan dengan bersikap mandiri, kamu akan tumbuh lebih kuat dan tidak gampang meminta pertolongan.

Namun, jika rasa mandiri ditumbuh kembangkan secara berlebihan tentu hasilnya juga tidak baik terutama dalam segi mental. Terlalu mandiri membuatmu seperti sosok individual yang enggan membantu atau dibantu orang lain.

Harus dihindari, berikut adalah lima tanda bahwa kamu adalah orang yang terlalu mandiri. Baca sampai akhir ya!

1. Kamu enggan membantu orang lain karena kamu pun tidak pernah minta bantuan

5 Tanda Kamu Adalah Orang yang Terlalu Mandiri, Gak Baik Nih!Pexels.com/Keira Burton

Saking terlalu mandiri kamu hampir tidak pernah meminta bantuan apapun kepada orang lain. Bukan hanya berbentuk materi, jasa orang lain pun sebisa mungkin tidak pernah kamu manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kamu beranggapan bahwa tidak ada hal yang tidak bisa kamu lakukan dengan tanganmu sendiri. Makin hari tidak jarang kebiasaan itu membuatmu individualis dan tidak peduli dengan orang lain.

Merasa segala sesuatu bisa dikerjakan sendiri, kamu jadi beranggapan bahwa orang lain juga harusnya dapat hidup dengan cara sepertimu. Alih-alih baik, hal demikian justru membuatmu dijauhi oleh orang lain.

2. Sesulit apapun hal yang kamu hadapi kamu tidak pernah mencoba mencari bantuan kepada orang lain

5 Tanda Kamu Adalah Orang yang Terlalu Mandiri, Gak Baik Nih!freepik/freepik

Sebagai manusia tentunya ada beberapa hal yang tidak bisa kamu kerjakan sendirian. Namun, saking merasa mandiri kamu berusaha sekuat tenaga untuk melakukan hal-hal yang terbilang mustahil dengan kepercayaan diri yang tinggi.

Alih-alih berhasil, seringkali tingkah seperti ini membuatmu merasa lelah dan membuang waktumu dengan sia-sia.

Baca Juga: 5 Sebab Wajib Mandiri Finansial Sebelum Menikah, Jangan Terburu-buru! 

3. Kamu tidak jarang bersikap egois dan anti sosial

5 Tanda Kamu Adalah Orang yang Terlalu Mandiri, Gak Baik Nih!freepik/freepik

Bagimu setiap orang harusnya mampu mengatasi berbagai persoalan hidupnya masing-masing. Terlalu mandiri membuatmu merasa dirimu bukan makhluk sosial yang saling membutuhkan.

Alih-alih dipandang kuat di mata orang lain, sikap seperti ini justru membuat orang lain menjaga jarak karena merasa tidak dihargai dan dibutuhkan.

4. Kamu sering menilai orang lain tidak lebih hebat darimu

5 Tanda Kamu Adalah Orang yang Terlalu Mandiri, Gak Baik Nih!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Rasa mandiri yang berlebihan biasanya disertai kepercayaan diri yang teramat tinggi. Bagimu segala sesuatu yang ada padamu adalah hal yang paling hebat di dunia.

Tidak jarang kamu menganggap bahwa dirimu tidak punya kekurangan dan kelemahan dibanding manusia lainnya. Harus dihindari, sikap semacam ini membuatmu tampak sangat sombong dan tidak menarik di mata orang lain.

5. Kamu tidak mengizinkan siapapun untuk membantu pekerjaan yang tidak dapat kamu selesaikan sendirian

5 Tanda Kamu Adalah Orang yang Terlalu Mandiri, Gak Baik Nih!Pexels.com/Vera Arsic

Terlalu mandiri biasanya membuatmu kurang mempercayai kemampuan orang lain. Bagimu hanya kamu saja yang paling paham dan paling baik dalam mengerjakan tugas yang sering kamu emban.

Kamu kadang lupa bahwa meminta bantuan juga penting untuk menyempurnakan dan meringankan beban yang kamu tanggung sendirian.

 

Nah, itulah lima tanda bahwa kamu orang yang terlalu mandiri. Jangan sungkan minta bantuan karena kita bukan makhluk yang penuh kesempurnaan. Ingat ya, yang terlalu itu biasanya gak baik!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Akan Pernah Berubah demi Orang Lain, Bukan Egois!

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya