Comscore Tracker

5 Tanda Kondisi Baik-Baik Saja yang Kamu Perlihatkan Sebatas Sandiwara

Sampai kapan mau berpura-pura?

Gak banyak orang yang mampu menunjukkan ekspresi kesedihan mereka di hadapan orang lain. Sebagian justru beranggapan bahwa memperlihatkan kesedihan sama halnya membongkar kelemahan diri sendiri. Bahkan, sebagian orang pantang berkata "i'm not okay" karena menurutnya hal itu sama dengan membagi beban ke raga orang lain.

Salah satu seni menyakiti diri sendiri, nyatanya pura-pura baik-baik saja hanya akan membuatmu menderita di dalam diam. Kebohongan yang sering gak disadari, nyatanya lima hal ini menandakan bahwa kalimat baik-baik saja dari mulutmu berlawanan dengan apa yang kamu rasakan. Yuk, kenali tandanya!

1. Kamu merasa gak tenang jika gak punya kesibukan dan punya banyak waktu bersantai

5 Tanda Kondisi Baik-Baik Saja yang Kamu Perlihatkan Sebatas Sandiwarailustrasi perempuan bekerja (pexels.com/George Milton)

Orang yang aslinya memang sedang baik-baik saja tentu bisa menikmati waktu senggangnya dengan tenang. Beda hal kalau selama ini kamu hanya berpura-pura, tentu kamu akan dilanda kegelisahan jika harimu gak diisi banyak kegiatan. Ketidakbaikan kondisimu membuatmu ingin lari dari kenyataan, salah satunya dengan mencari kesibukan dan kegiatan agar pikiranmu teralihkan. 

Harus segera kamu sudahi, terlalu sering bersandiwara di depan orang lain hanya akan membuat masalah hidupmu semakin bertambah. Belum lagi kalau kamu terus-terusan memforsir dirimu untuk melakukan berbagai kegiatan, nantinya justru fisikmu yang jadi korban. Ingat, ya, manusia itu gak harus kelihatan kuat terus, jadilah apa adanya saja.

2. Kamu sering merasa kesepian dan kesulitan tidur di malam hari

5 Tanda Kondisi Baik-Baik Saja yang Kamu Perlihatkan Sebatas Sandiwarawanita melamun (pexels.com/RODNAE Productions)

Saat malam berganti pagi dan berada di tempat yang ramai kamu mungkin bisa ketawa bahagia kayak gak punya beban sama sekali. Namun, jika kamu sudah berada di kamar sendirian dan mematikan lampu, segala bentuk kesedihan yang berusaha kamu lawan kembali lagi dalam pikiran. Hal yang berusaha kamu sembunyikan nyatanya dengan mudah pulang setiap malam datang.

Suasana hening malam membuat segala hal yang kamu takutkan kembali berkecamuk dalam pikiran. Gak jarang kamu juga merasa sulit tidur dan terjaga hingga dini hari. Bahkan, yang lebih parah, setiap malam kepalamu seperti berat dan gak bisa berhenti memikirkan banyak hal.

Baca Juga: Jangan Terkecoh! Ini 5 Tanda Pria yang Hanya Pura-pura Sayang Padamu

3. Meski gak berat, aktivitas yang kamu lakukan selalu membuatmu penat

5 Tanda Kondisi Baik-Baik Saja yang Kamu Perlihatkan Sebatas Sandiwarailustrasi sakit (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Jika kamu bekerja terlalu berat, padat, dan dikejar deadline, wajar rasanya kalau harimu terasa melelahkan. Nah, berbeda hal kalau kamu sedang pura-pura baik-baik saja. Biasanya aktivitas yang minim pun bisa membuatmu penat dan kelelahan hebat. Bagaimana gak penat jika kamu berusaha melawan kenyataan, sementara kenyataan justru menunjukkan hal berlawanan?

Penat yang kamu rasakan tersebut menandakan kamu lelah secara psikis dan mental. Jika kamu menyayangi dirimu, ada baiknya kamu berhenti melakukan hal yang berlawanan dengan hatimu. Lagipula, untuk apa, sih, kamu harus pura-pura baik-baik saja sementara hatimu luka-luka?

4. Senyum dan ekspresi bahagia yang kamu tampilkan seperti topeng yang kamu kenakan setiap hari

5 Tanda Kondisi Baik-Baik Saja yang Kamu Perlihatkan Sebatas Sandiwarawanita sedang tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ibarat ponsel yang punya pengaturan default, begitulah kira-kira senyum dan tawa dalam hidupmu. Kamu gak lagi menganggap senyum yang kamu tampakkan sebagai ekspresi perasaan, melainkan sebatas pengaturan harian. Bagimu, orang lain hanya perlu tahu kebahagiaanmu dan kesedihanmu cukup kamu pendam sendirian.

Mungkin niatmu gak mau merepotkan orang lain, tetapi secara gak sadar kamu justru meramu racun yang menghancurkan mentalmu pelan-pelan. Kalau perasaanmu saja gak kamu terima, bagaimana kamu bisa benar-benar merasa baik-baik saja, 'kan? Jangan jadi orang yang bisa menasihati dan bijak di hadapan orang lain, tetapi jahat kepada diri sendiri. Itu gak benar kawan!

5. Suasana hatimu cepat berubah padahal gak ada apa-apa

5 Tanda Kondisi Baik-Baik Saja yang Kamu Perlihatkan Sebatas Sandiwarailustrasi perempuan marah (pexels.com/Liza Summer)

Kalau suasana hatimu sering berubah secepat kilat, itu tanda konkret bahwa ada sesuatu yang tengah mengganjal pikiranmu dan mungkin saja karena kepura-puraanmu. Kalau hari ini kamu bahagia dan besoknya baru kelihatan murung, itu masih terbilang lumrah. Kalau kamu bahagia, lalu beberapa menit kemudian marah-marah, selanjutnya kelihatan galau dan terpuruk di saat yang sangat berdekatan, itu tandanya kamu ada dalam masalah.

Saat kamu sedang gak baik-baik saja, biasanya suasana hatimu mudah naik turun dengan cepat. Kalau kamu menyikapinya kurang tepat dan cepat, yang ada nantinya mentalmu semakin terpuruk. Segala hal berkaitan dengan mental gak boleh kamu sepelekan meski sekilas gak mengganggu kehidupanmu. Banyak lho orang yang kelihatannya happy, tetapi dalamnya hancur di sana-sini. Memangnya kamu mau begitu? 

 

Hidup ini sudah berat, jangan kamu beratkan lagi dengan kepura-puraan dan sandiwara yang gak berguna. Kamu gak perlu jadi kuat agar lebih dihargai. Orang kuat itu jika dia bisa jujur pada dirinya sendiri. Mulai sekarang berhenti main drama di kehidupan sendiri, ya! Gak ada gajinya juga 'kan? 

Baca Juga: Kamu Hanya Pura-pura Bahagia Jika Tak Rasakan 5 Hal Ini Pada Hubungan

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya