Comscore Tracker

6 Cara Mengatasi Learned Helplessness, yuk Pelajari!

Ketika kamu merasa tidak berdaya

Learned helplessnes adalah suatu kondisi dimana manusia merasa tidak berdaya  untuk menghentikan paparan negatif dari lingkungan sehingga mengakibatkan adanya penurunan respons atau bahkan munculnya sikap pasif. Manusia atau hewan yang  percaya bahwa  mereka tidak memiliki kendali atas yang rasa sakit yang mereka rasakan, tidak mengadakan usaha untuk menghindarinya ― bahkan jika kesempatan untuk keluar dari situasi ini ada― karena merasa bahwa hal itu tidak berguna dan berujung pada kesia-siaan.

Manusia dalam kondisi ini sering kali merasakan perasaan putus asa karena berpikir bahwa jalan keluar dari permasalahannya sudah tidak ada dan terjebak dalam situasi  buruk yang mempengaruhi kondisi kesehatan mental maupun fisiknya. Buat kamu yang sedang ada di fase ini, yuk cari tahu bagaimana cara mengatasinya.

1. Menerima dan mengetahui asal muasal perasaan learned helplessness

6 Cara Mengatasi Learned Helplessness, yuk Pelajari!Wanita mencari sesuatu.(Pixabay/PublicDomainArchive)

Untuk mengetahui asal muasal sebuah  perasaan, kamu bisa memulai dengan  beberapa pertanyaan dasar yang ditunjukkan untuk diri sendiri. Kamu bisa mencoba bertanya,  "dari mana munculnnya perasaan ketidakberdayaan ini? Kapan kamu mulai merasakan perasaan seperti ini? Peristiwa manakah  yang memicu timbulnya perasaan ini?

Setelah itu, kamu bisa mulai  belajar menerima kondisi yang dirasakan. Penerimaan adalah salah satu hal yang penting sebelum memperbaiki permasalahan dalam hidup.

2. Menemukan kepercayaan salah yang  selama ini kamu yakini 

6 Cara Mengatasi Learned Helplessness, yuk Pelajari!ilustrasi pria merenung (Pixabay/Patrizia08)

Percaya bahwa kamu tidak bisa melakukan apa-apa dan hanya percaya diri kita sepenuhnya buruk dapat mengakibatkan  pandangan negatif dan membuat kesehatan mental kamu kian buruk.

Hal yang bisa kamu lakukan adalah menemukan sebuah bukti bahwa sebenarnya kamu tidak seperti itu. Bukti itu bisa kamu temukan dari pengalaman atau aktivitas  kamu di masa lalu.

3. Mengevaluasi ucapan yang selama ini kamu katakan kepada diri sendiri 

6 Cara Mengatasi Learned Helplessness, yuk Pelajari!Wanita yang sedang mengevaluasi diri.(Pixabay/geralt)

Mungkin tanpa disadari,  kamu sering  memberi kritik dan pemikiran yang merendahkan terhadap diri kamu. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengubahnya menjadi self talk yang positif.  Hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan menemukan kritik terhadap diri sendiri  dan kemudian belajar mengubahkanya perlahan.

Misalnya,  jika kamu berkata “Aku gagal lagi kali ini.” Kamu bisa mengubahnya dengan  “ Apa yang harus aku lakukan selanjutnya untuk bisa memperbaiki hal ini?”

4. Memulai aktivitas journaling

6 Cara Mengatasi Learned Helplessness, yuk Pelajari!Wanita yang sedang menulis buku harian.(Pixabay/Pexels)

Journaling adalah kegiatan mengekspresikan perasaan maupun pikiran kita sehari-hari melalui tulisan dalam buku harian. Journaling merupakan metode yang baik untuk membantu kamu agar bisa  berpikir ulang kenapa kamu melakukan suatu hal. Kegiatan ini juga memiliki manfaat untuk memperbaiki hidup.

Jenis jurnal  yang bisa kamu terapkan  adalah jurnal syukur. Jurnal syukur bisa membantu kamu untuk  meningkatkan kebahagiaan.

5. Terus berprogres meskipun dengan langkah kecil

6 Cara Mengatasi Learned Helplessness, yuk Pelajari!ilustrasi wanita melangkah (Pixabay/josealbafotos)

Kamu bisa memulai dengan  menyusun rencana kegiatan atau target yang spesifik. Rencana  kecil yang akan kamu lakukan bisa membuat kamu merasa memiliki motivasi. Hal ini tentunya membuat kamu yakin bahwa kamu sebenarnya mampu  melakukan suatu hal.

Selain itu, untuk mendukung pencapaian target yang sudah dibuat, kamu bisa memulai mengubah lingkungan atau suasana di sekitar kita agar memudahkan dan mendukung kamu mencapainya. Terakhir,  jangan lupa untuk melakukan self reward  sebagai bentuk ucapan terima kasih untuk diri kamu.

6. Meminta bantuan profesional

6 Cara Mengatasi Learned Helplessness, yuk Pelajari!psikiater dan pasien (pixabay/Sozavisimost)

Lerarned helplessness memang erat kaitannya dengan gangguan kesehatan mental, tetapi kamu tidak dianjurkan melakukan self diagnose karena hal itu berbahaya. Jika kamu merasa kondisi yang kamu  rasakan sudah dalam tahap mengganggu aktivitas sehari-hari, kamu  bisa meminta bantuan profesional untuk melakukan penanganan.  Kamu bisa pergi ke psikolog atau psikiater untuk mendapat pertolongan dan jangan ragu untuk menyampaian keluhan yang kamu rasakan. 

Setelah mengenali learned helplessness, kamu tidak sedang berada dalam penjara yang tak berpintu, kamu harus percaya bahwa kamu mampu melepaskan diri kamu dari suatu kondisi  yang menyakitkan dengan  mengambil langkah yang tepat.

Baca Juga: 8 Pelajaran Berharga dari Miniseri Maid, Perempuan Harus Berdaya! 

Zaroul Firdaus Photo Writer Zaroul Firdaus

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya