Comscore Tracker

5 Masalah Hubungan yang Jadi Sumber Munculnya Toxic Relationship

Kenali dari sekarang biar gak terjebak di kemudian hari!

Istilah toxic relationship sudah tidak asing lagi terdengar di telinga. Hubungan yang memberi banyak dampak buruk baik bagi pelakunya dan juga berkemungkinan bagi orang di sekitarnya. Penyebabnya bisa berasal dari berbagai hal, mulai dari pergaulan, kondisi mental, termasuk masalah-masalah kecil yang sering terjadi.

Tanpa banyak yang menyadari, ini 5 permasalahan dalam hubungan yang berpotensi menciptakan toxic relationship.

1. Sikap posesif yang suka mengekang

5 Masalah Hubungan yang Jadi Sumber Munculnya Toxic Relationshipimdb.com

Orang-orang yang bersikap seperti ini akan mengatasnamakan cinta atas tindakan yang dilakukannya. Seperti saat bersikap posesif yang suka mengekang pasangannya berinteraksi dengan lawan jenis, pergi bersama teman-temannya atau berkenalan dengan orang baru untuk urusan penting.

Meskipun bilang menjaga pasangan karena rasa cinta yang begitu mendalam, sejatinya cinta justru hadir bukan untuk saling membatasi. Masalah yang seperti ini bila dibiarkan akan menjadi bibit dari toxic relationship.

2. Memiliki rasa obsesi untuk terus bertahan

5 Masalah Hubungan yang Jadi Sumber Munculnya Toxic Relationshipimdb.com

Wajar bila setiap pasangan merasa tidak cocok dan lelah untuk terus bersama karena memang sudah tak seirama. Jalan keluar yang paling masuk akal adalah putus. Tapi seseorang yang memiliki obsesi untuk terus bertahan gak akan membiarkan hal ini terjadi.

Mereka mencari cara hingga yang gak masuk akal agar si pasangan mau tetap bersamanya. Padahal sesuatu yang dipaksakan itu gak baik dan ini indikasi hubungan toxic.

3. Overthinking dan selalu berpikiran negatif

5 Masalah Hubungan yang Jadi Sumber Munculnya Toxic Relationshipimdb.com

Toxic relationship bukan hanya perlakuan posesif atau obsesi saja, tapi ketika kamu merasa tersiksa secara batin dan kehilangan kepercayaan diri untuk terus menebar hal positif, di situ hubungan gak sehat itu tercipta. Ini akan terjadi saat kamu punya pasangan yang overthinking dan selalu negatif, mulai dari perkataaan, pemikiran hingga tindakan.

Mungkin kamu gak merasa ada kekerasan, tapi tekanan dalam diri kalian begitu besar. Dan ini bukan sesuatu yang benar.

Baca Juga: 5 Penyebab Sepele Ini Bikin Kamu Terjebak dalam Toxic Relationship

4. Kerap membahas masa lalu

5 Masalah Hubungan yang Jadi Sumber Munculnya Toxic Relationshipimdb.com

Sesederhana kerap membahas masa lalu pun termasuk permasalahan yang berpotensi menciptakan toxic relationship lho. Masa lalu yang penuh kenangan dan luka tidak baik bila terus diingat dan diungkit-ungkit.

Kalau masih suka begini, sama saja kalian menghambat proses memaafkan masa lalu yang bisa membuat stres dan juga gak nyaman dengan hubungan yang sekarang karena terus membandingkan.

5. Suka memberi ancaman

5 Masalah Hubungan yang Jadi Sumber Munculnya Toxic Relationshipimdb.com

Jangan anggap sepele orang yang suka memberi ancaman. Ancaman merupakan tindakan serius yang gak boleh terus diulang. Karena ancaman biasanya muncul saat ada masalah dan masalah terjadi silih berganti.

Meladeni pasangan yang suka mengancam bisa bikin kamu stres dan punya rasa takut hingga trauma. Yang lama-kelamaan akan menjebak kalian dalam toxic relationship.

Toxic relationship bukan hal yang terjadi tanpa ada pemicu atau kesempatan. Jadi pastikan saat berpacaran kamu mengetahui apa resiko dan sisi negatif dari tindakan yang diambil.

Baca Juga: Dear Parents, Jangan Jadi Toxic, Hindari Katakan 6 Kalimat Ini!

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya