Comscore Tracker

5 Penyebab Sepele Ini Bikin Kamu Terjebak dalam Toxic Relationship

Jarang ada yang sadar

Gak sedikit orang yang menyadari dirinya terjebak dalam toxic relationship namun mereka bingung, kenapa hal ini bisa terjadi. Toxic relationship terjadi begitu saja tanpa tahu apa pemicu atau bagaimana awal keadaan toxic bisa tercipta.

Biar hidupmu gak berantakan hanya karena urusan percintaan, ketahui 5 penyebab sepele yang membuatmu terjebak dalam toxic relationship di bawah ini.

1. Berada di pergaulan yang kurang tepat

5 Penyebab Sepele Ini Bikin Kamu Terjebak dalam Toxic Relationshipdramabeans.com

Pergaulan zaman sekarang banyak terpengaruh oleh budaya luar yang tidak sesuai dengan budaya orang Timur. Pergaulan yang kurang tepat bukan bisa memengaruhi kualitas diri, tapi juga penyebab utama toxic relationship.

Orang yang ada di lingkungan hiruk pikuk kota metropolitan harus pintar mencari pasangan. Sebab bila mereka berada di lingkungan yang kurang tepat dan menemukan pasangan dari situasi yang sama, gak heran kalau hubungan yang dijalin menjadi toxic relationship.

2. Terlalu buta tentang cinta

5 Penyebab Sepele Ini Bikin Kamu Terjebak dalam Toxic Relationshipdramabeans.com

Ada benarnya sebuah nasihat yang mengatakan bahwa jangan terlalu cinta supaya gak terlalu sakit hati saat harus berpisah. Karena cinta yang berlebihan akan membuatmu mengiyakan segala sesuatu entah itu yang buruk atau baik. Terlalu buta tentang cinta juga termasuk penyebab terbesar kenapa seseorang bisa terjebak di dalam hubungan toxic.

3. Minimnya rasa kepercayaan diri

5 Penyebab Sepele Ini Bikin Kamu Terjebak dalam Toxic Relationshipdramabeans.com

Diam-diam mereka yang minder dan gak punya rasa kepercayaan diri yang besar akan lebih mudah terjebak karena saat berpacaran ada suntikan semangat dan energi yang membuatnya merasa nyaman.

Karena merasa hanya pasangannya yang bisa terima apa adanya, kondisi ini sering disalahgunakan oleh pihak lain yang memang punya kecenderungan membangun toxic relationship.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Toxic Relationship, Yakin Masih Mau Melanjutkan? 

4. Tidak memiliki pilihan lain

5 Penyebab Sepele Ini Bikin Kamu Terjebak dalam Toxic Relationshipdramabeans.com

Salah bila seseorang mencari pacar karena ingin memiliki satu-satunya sandaran tanpa menganggap keluarga atau teman-teman terdekat. Jangan berpacaran karena berpikir tidak ada pilihan lain yang bisa memberi perhatian, kasih sayang dan kebaikan seperti si dia.

Karena orang lain sekalipun pacar atau gebetan yang sangat baik juga belum tentu bisa bersikap bijak dan selalu melindungi. Merasa jadi satu-satunya dan dipuja akan membuat orang itu berkemungkinan besar bertindak semaunya.

5. Rela bertahan dalam hubungan yang berantakan

5 Penyebab Sepele Ini Bikin Kamu Terjebak dalam Toxic Relationshipdramabeans.com

Merasa menjalani masa pacaran yang sudah terlalu lama sering bikin orang dilema untuk putus cinta. Meski hubungannya sudah mulai berantakan, sekuat tenaga banyak orang rela bertahan dalam hubungan.

Padahal tanpa disadari ini kebiasaan buruk yang bisa memperparah masalah yang ada, hingga nanti sampai ke satu titik yang benar-benar menyadari bahwa hubungan ini sudah termasuk ke dalam toxic relationship. 
 
Hal-hal sepele yang tidak pernah kita duga sebelumnya ternyata bisa membuatmu terjebak dalam hubungan yang gak sehat ini. Sebelum terlanjur jatuh ke dalam toxic relationsip, pastikan ingat dengan baik penyebab-penyebab sepele yang sudah dibahas tadi ya guys. 

Baca Juga: 5 Tanda Jika Toxic Positivity Bisa Pengaruhi Keadaan Mental Seseorang!

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya