Comscore Tracker

5 Alasan Terlalu Pasif dan Menurut sama Pacar Membahayakanmu!

#IDNTimesLife Sadari kamu memiliki hak bersuara!

Ketika mencintai seseorang dengan sepenuh hati, pasti kamu ingin menyenangkan hatinya. Bahkan jika kamu harus melakukan sesuatu berdasarkan kemauannya sekalipun, kamu pasti akan melaksanakannya. 

Akan tetapi hal seperti ini mestinya dijaga agar jangan sampai keluar batas, karena hal ini lambat laun membuatmu menjadi orang yang pasif dan senantiasa menuruti kemauan orang lain. 

Walaupun kelihatannya sederhana, tapi ini bisa membahayakan diri kamu, lho. Berikut alasannya. 

1. Pasanganmu sepenuhnya mendominasi dan berkuasa atas hubungan kalian berdua

5 Alasan Terlalu Pasif dan Menurut sama Pacar Membahayakanmu!ilustrasi pasangan berdebat (pexels.com/Alex Green)

Jika kamu terlalu pasif, dominasi pasangan akan terjadi karena dia yang berkuasa atas hubungan tersebut. Jika sudah terjadi, maka suara atau pendapatmu bisa jadi tak lagi didengarkan. 

Sebab, segalanya akan harus melalui persetujuannya atau keinginannya. Ya, ini adalah akibat dari kamu selalu menuruti kehendaknya tanpa mempertimbangkan baik buruknya.

2. Kamu jadi diatur dan dibuat bergantung padanya selama pacaran

5 Alasan Terlalu Pasif dan Menurut sama Pacar Membahayakanmu!ilustrasi pasangan (pexels.com/Budgeron Bach)

Secara tidak langsung, kamu akan terus diatur dan dibuat bergantung padanya selama berpacaran. Tak segan, bahkan dirimu akan dikekang dan diatur sedemikian rupa sesuai dengan kehendaknya. 

Hal ini tentu akan bahaya bagi privasi, jadwal, mental, hingga kehidupan kamu sehari-hari. Semakin kamu pasif, semakin lemah kamu di hadapannya. 

3. Kamu sendiri mungkin tidak sadar kalau dimanipulasi olehnya

5 Alasan Terlalu Pasif dan Menurut sama Pacar Membahayakanmu!ilustrasi berbisik (pexels.com/Cottonbro)

Jika kamu terlalu lama pasif dalam hubungan, bisa jadi kamu sudah masuk ke dalam jurang manipulasinya. Ini dikarenakan kamu dibutakan oleh cinta, di dalam hati kamu mengatakan cinta dan sayang namun sebenarnya kamu tersiksa atas kekangannya. 

Tidak semua yang bersifat pasif itu menguntungkan, malahan, bisa merugikan dirimu. Sadari keadaanmu yang sebenarnya, ya. 

Baca Juga: Waspada, Tanda Orang dengan Kepribadian Pasif-Agresif

4. Hidupmu yang tadinya tertata bisa berantakan

5 Alasan Terlalu Pasif dan Menurut sama Pacar Membahayakanmu!ilustrasi perempuan murung (pexels.com/Cottonbro)

Semula tanpanya, hidupmu baik-baik saja dan begitu mantap. Namun, setelah adanya pacarmu tersebut, kehidupanmu semakin berantakan dan kamu tidak bisa menjadi diri sendiri. 

Target dan pencapaian yang mestinya kamu raih malah jadi tertunda disebabkan pasanganmu yang segalanya kamu turuti. Sikapmu yang menurut mungkin menyenangkannya, tapi di sisi lain justru membahayakan hidupmu sendiri.

Apalagi kalau tujuan dan prinsipmu malah dicampuri oleh dia namun kamu terlalu pasif untuk menolak.

5. Perlahan-lahan dirimu diperbudak oleh cinta

5 Alasan Terlalu Pasif dan Menurut sama Pacar Membahayakanmu!ilustrasi pasangan (pexels.com/Ba-Tik)

Cinta itu mestinya membangun dan membuat seseorang menjadi lebih baik. Namun, jika kamu terlalu pasif dan menuruti pasangan terus menerus, dapat dikatakan dia telah memperbudakmu. 

Kamu tidak berpikir logis lagi, dan terlalu naif dengan menjadi pasif sekaligus terlalu menurut padanya. Padahal, kamu mampu menjadi pribadi yang kuat dan memiliki suara di dalam hubungan, sehingga hidupmu tidak diacak dan diatur olehnya.

Terlalu pasif dan menurut itu gak baik untuk jenis hubungan apapun, terutama asmara. Jadi, coba sesekali pikirkan dirimu juga, ya. 

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Cowok Kaku dan Pasif Sering Ditolak Gebetan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya