Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini Supaya Pertemananmu Terjaga Meski Sibuk & Berjauhan

Pokoknya harus sama-sama mengerti dan menjaga komunikasi

Dalam hubungan pertemanan tentunya kita tidak bisa mengatur untuk bisa selalu berdekatan dengan teman-teman, karena pasti ada waktunya dimana setiap orang punya kesibukan sendiri dan hal itu memang tidak bisa dihindari. Apalagi kalau sudah bekerja dan punya jalan hidup sendiri, selain sama-sama sibuk kamu dan temanmu juga mungkin bakal berjauhan.

Namun meskipun begitu kamu tetap bisa menjaga pertemanan agar tetap baik-baik saja kok, yaitu dengan melakukan lima hal ini sehingga kesibukan dan jauhnya jarak tidak merusak hubungan pertemanan.

1. Saling mengabari jika ada waktu luang

Lakukan 5 Hal Ini Supaya Pertemananmu Terjaga Meski Sibuk & BerjauhanPexels.com/Zen Chung

Hal pertama yang bisa dilakukan agar pertemananmu terjaga meski sibuk dan berjauhan ialah dengan saling mengabari di sela waktu luang. Entah itu hanya sekedar pesan singkat, atau panggilan telepon, hal sederhana semacam ini sangat berpengaruh untuk menjaga hubungan termasuk juga hubungan dengan teman.

2. Menjadi teman cerita untuk satu sama lain ketika mengalami suatu masalah

Lakukan 5 Hal Ini Supaya Pertemananmu Terjaga Meski Sibuk & BerjauhanPexels.com/Cottonbro

Jika kamu dan temanmu sering sibuk dan terkadang harus berjauhan, maka kuncinya ialah dengan menjadi teman cerita terbaik untuknya. Jadilah teman cerita untuk satu sama lain terutama jika sedang mengalami masalah, yang tidak hanya memberi nasehat saja namun juga memberi kenyamanan untuk satu sama lain. Dijamin pertemananmu akan terjaga keeratannya.

Baca Juga: Anti Drama, 5 Keuntungan Punya Sahabat Cowok dalam Circle Pertemanan  

3. Mengandalkan satu sama lain jika ada suatu hal yang penting

Lakukan 5 Hal Ini Supaya Pertemananmu Terjaga Meski Sibuk & BerjauhanPexels.com/Fauxels

Salah satu manfaat positifnya dari mempunyai teman ialah ada seseorang yang bisa dimintai bantuan jika sedang kesulitan. Maka dari itu jadilah sosok yang bisa diandalkan untuk satu sama lain jika ada suatu hal penting yang terjadi.

Sebab meski tak bisa setiap hari bertemu karena sibuk dan berjauhan, akan tetapi setidaknya tetap saling membantu dan mengandalkan satu sama lain, kan.

4. Menyempatkan bertemu dalam rentang waktu tertentu untuk melepas kerinduan

Lakukan 5 Hal Ini Supaya Pertemananmu Terjaga Meski Sibuk & BerjauhanPexels.com/Nicole Michalou

Semakin dewasa kita tumbuh maka semakin paham pula bahwa ada baiknya untuk menyempatkan waktu bertemu dalam jangka waktu tertentu untuk melepas kerinduan. Baik itu setahun sekali bertemu, dua tahun, atau mungkin beberapa bulan sekali. Dengan melakukan ini pertemanan bakal sangat awet dan tetap terjaga meski punya kehidupan masing-masing.

5. Tidak menuntut apapun dengan alasan pertemanan dan saling mengerti kesibukan masing-masing

Lakukan 5 Hal Ini Supaya Pertemananmu Terjaga Meski Sibuk & BerjauhanPexels.com/Gui Vergouwen

Terakhir, kalau mau menjaga hubungan pertemananmu tetap baik-baik saja meski sibuk dan berjauhan bisa dilakukan dengan tidak menuntut apapun dengan alasan pertemanan dan saling mengerti kesibukan masing-masing. Kalian harus sama-sama ikhlas jika ada yang berubah dan tidak bisa seperti dulu lagi, dengan begitu tidak ada pihak yang tertekan dengan kesibukannya.

Itulah tadi beberapa hal yang baiknya dilakukan jika ingin menjaga pertemanan saat sama-sama sibuk dan berjauhan. Supaya hubunganmu tetap erat dan tidak merenggang.

Baca Juga: 5 Tanda Saatnya Kamu Mengubah Pertemanan, Jauhi Toxic Friendship!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya