Comscore Tracker

Trust Issue, 5 Hal Inilah Pemicu Krisis Kepercayaan dalam Hubungan

Saat satu sama lain sudah tak saling percaya lagi

Selain komunikasi, kepercayaan adalah fondasi utama dalam hubungan yang harus dijaga baik-baik. Akan tetapi meskipun penting, tak sedikit pula pasangan yang menyepelekan hal ini hingga membuat hubungan jadi berantakan dan memiliki masalah trust issue.

Saling curiga, menuduh pasangan melakukan hal yang tidak-tidak, gak peduli pada kepercayaan yang diberi pasangan, pokoknya hubungan jadi benar-benar kacau kalau sudah di tahap krisis kepercayaan seperti ini. Lalu apa sajakah yang bisa menjadi pemicu terjadinya krisis kepercayaan dalam hubungan? Untuk itu, lima hal di antaranya bisa kamu simak dalam pembahasan berikut ini. 

1. Saling menyembunyikan hal-hal dari pasangan

Trust Issue, 5 Hal Inilah Pemicu Krisis Kepercayaan dalam Hubunganilustrasi pasangan (pexels.com/Ron Lach)

Hal pertama yang memicu timbulnya krisis kepercayaan dalam hubungan ialah jika kedua belah pihak saling menyembunyikan hal dari pasangan. Mulai dari yang kesannya sepele hingga yang cukup fatal seperti diam-diam dekat dengan yang lain.

Dengan kata lain karena sama-sama menyembunyikan sesuatulah yang kemudian membuat satu sama lain jadi menciptakan batasan dan menghilangian kepercayaan. Karena kalau diri sendiri saja tak bisa dipercaya, tentu mempercayai pasangan pun jadi terasa sulit. 

2. Tidak terbuka, alias tidak pernah membuka diri sepenuhnya selama berhubungan

Trust Issue, 5 Hal Inilah Pemicu Krisis Kepercayaan dalam Hubunganilustrasi pasangan (pexels.com/Cottonbro)

Hal kedua yang juga memicu timbulnya krisis kepercayaan dalam hubungan ialah jika tidak adanya keterbukaan, alias tidak pernah membuka diri sepenuhnya pada pasangan.

Bersikap tertutup dan membatasi pasangan untuk tahu kehidupan pribadi, sehingga dengan sendirinya pasangan pun jadi melakukan hal yang sama. Kalau sudah seperti ini gak heran kalau tingkat kepercayaan di dalam hubungan berada di tahap krisis, sebab kedua pihak sama-sama tak mau terbuka. 

Baca Juga: 5 Pasangan Zodiak ini Bakal Langgeng, lho! Cek Punya Kamu dan Pasangan

3. Pernah melakukan perbuatan yang mengkhianati kepercayaan pasangan

Trust Issue, 5 Hal Inilah Pemicu Krisis Kepercayaan dalam Hubunganilustrasi putus hubungan (pexels.com/RODNAE Productions)

Hal ketiga ini bisa dibilang merupakan pemicu paling besar terjadinya krisis kepercayaan dalam hubungan, yakni pernah melakukan suatu perbuatan yang mengkhianati kepercayaan pasangan.

Ada banyak sekali bentuk pengkhianatan yang fatal dalam hubungan, contohnya seperti berselingkuh dengan sahabat, menutupi masa lalu kelam, hingga menjual barang berharga pasangan. Karena meski dimaafkan dan hubungan tetap berjalan sekalipun, rasa percaya tak akan bisa disembuhkan kembali. 

4. Dari awal sudah menetapkan batasan untuk tidak membahas kehidupan pribadi secara mendalam

Trust Issue, 5 Hal Inilah Pemicu Krisis Kepercayaan dalam Hubunganilustrasi pasangan bicara (pexels.com/Cottonbro)

Jika dari awal hubungan sudah menetapkan batasan untuk tidak membahas kehidupan pribadi secara mendalam, maka hal inilah yang sebenarnya memicu adanya trust issue dalam hubungan.

Dimana tingkat kepercayaan pada pasangan saja sudah berada di tahap krisis sejak awal hubungan dimulai. Sebab kepercayaan dalam hubungan pada dasarnya dibangun dari seberapa dalam pasangan mengetahui dan menerima segala hal dalam kehidupan pribadi, yang mana gak bakal bisa terjadi kalau sudah dibatasi sejak awal pacaran. 

5. Satu sama lain menganggap enteng kepercayaan yang diberikan pasangan

Trust Issue, 5 Hal Inilah Pemicu Krisis Kepercayaan dalam Hubunganilustrasi pasangan (pexels.com/RODNAE Productions)

Terakhir, pemicu timbulnya krisis kepercayaan dalam hubungan ialah bisa jadi disebabkan oleh sikap satu sama lain yang menganggap enteng kepercayaan pasangan. Penyebabnya ada pada diri masing-masing yang tidak tahu bagaimana caranya menghargai kepercayaan yang ada. Sehingga tanpa sadar jadi mewajarkan banyak hal salah seperti berbohong, menyakiti satu sama lain, pokoknya krisis kepercayaan ini membuat hubungan menjadi rusak. 

Tanpa adanya kepercayaan, hubungan yang dijalani akan terasa kurang berarti, apalagi kalau sudah sampai di tahap krisis. Mempertahankan hubungan pun rasanya sudah tak ada artinya lagi dan hanya sebatas ikatan status saja. Jadi, pahamilah lima poin tadi agar hubunganmu terhindar dari krisis kepercayaan. 

Baca Juga: 5 Cara Gokil Rayakan Anniversary Romantis untuk Pasangan LDR

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya