Comscore Tracker

5 Penyebab Kenapa Hubunganmu Terasa Rumit dan Dipenuhi Konflik

Hubungan pun jadi serba salah #IDNTimesLife

Semua orang tentu menginginkan hubungan yang romantis dan menyenangkan dijalani, akan tetapi berjalan lancar atau tidaknya sebuah hubungan tetap bergantung pada masing-masing pasangan yang menjalaninya. Hubungan yang harmonis adalah buah dari usaha dan keselarasan kedua belah bihak, begitu pula dengan hubungan yang rumit dan penuh konflik yang disebabkan oleh suatu hal.

Lalu seperti apa sajakah sebabnya? Pada pembahasan kali ini kita akan membahas beberapa hal yang menyebabkan hubunganmu jadi terasa rumit dan dipenuhi konflik, untuk itu simak penjelasannya lebih lanjut, ya.

1. Berhubungan dengan sembunyi-sembunyi

5 Penyebab Kenapa Hubunganmu Terasa Rumit dan Dipenuhi KonflikIlustrasi pasangan(pexels.com/Mali Maeder)

Penyebabnya yang pertama kenapa hubunganmu terasa rumit dan penuh masalah ialah, jika sejak awal berhubungan menjalaninya dengan sembunyi-sembunyi. Awal berhubungan mungkin terasa menarik dan bukti saling mencintai, sehingga walaupun sembunyi-sembunyi pun rela asalkan bisa bersama.

Tapi lama-kelamaan justru bakalan capek, karena harus menutupi status dan menyembunyikan hal lainnya yang malah memancing timbulnya banyak masalah. 

2. Tidak adanya keterbukaan sehingga sering salah paham

5 Penyebab Kenapa Hubunganmu Terasa Rumit dan Dipenuhi KonflikIlustrasi pasangan bertengkar(pexels.com/Alex Green)

Hubungan juga bisa jadi rumit dan banyak masalah kalau tidak ada keterbukaan antara satu sama lain sehingga memicu sering terjadi kesalahpahaman. Memang benar bahwa pasangan tak perlu tahu segalanya tentang hidupmu, tapi meskipun begitu setidaknya terbuka tentang hal-hal penting pada pasangan. Karena kalau komunikasi dan pengetahuannya tentang satu sama lain saja kurang, hal kecil pun bisa dengan mudahnya berubah menjadi kesalahpahaman. Dampaknya tentu masalah jadi gak ada habisnya. 

3. Masih mementingkan diri sendiri alias gak mau saling mengerti

5 Penyebab Kenapa Hubunganmu Terasa Rumit dan Dipenuhi KonflikIlustrasi argumentasi(pexels.com/Budgeron Bach)

Jika satu sama lain masih saling egois dan mementingkan diri sendiri, maka hal itu pun juga bisa memancing timbulnya konflik dan kerumitan di dalam hubungan. Karena keduanya sama-sama keras kepala, gak mau mengalah, dan juga mementingkan ego pribadi. Kalau seperti itu tentu mustahil hubungan bisa berjalan harmonis, kan? Yang ada malah selalu bertengkar dan tak pernah tenang.

Baca Juga: 5 Pertengkaran Ini Biasa Dialami Pasangan yang Sudah Lama Jadian

4. Memaksakan bertahan dalam hubungan terlarang atau yang tidak direstui

5 Penyebab Kenapa Hubunganmu Terasa Rumit dan Dipenuhi KonflikIlustrasi orangtua dan anak(pexels.com/Cottonbro)

Memaksakan diri untuk bertahan dalam hubungan terlarang atau bahkan yang tak direstui orangtua juga bisa menjadi penyebab kenapa hubunganmu jadi terasa rumit dan penuh konflik. Karena pada dasarnya sumber keberkahan suatu hubungan ialah berasal dari restu orangtua, tanpa restu maka hubunganmu pun jadi terasa hambar dan berat. Apalagi kalau bertahan di dalam hubungan terlarang, bisa-bisa malah membuat citra dirimu buruk dan membuat hidupmu ikutan rumit, lho.

5. Perbedaan dalam visi dan tujuan hubungan

5 Penyebab Kenapa Hubunganmu Terasa Rumit dan Dipenuhi KonflikIlustrasi pasangan bertengkar(pexels.com/Vera Arsic)

Memiliki perbedaan dengan pasangan itu bal biasa, tapi kalau visi dan tujuan hubungan yang berbeda justru gawat, lho. Karena bisa menimbulkan dampak buruk seperti tidak jelasnya arah hubungan, dan adanya perbedaan yang sangat signifikan dalam perjuangan antara satu sama lain untuk hubungan tersebut. Sebab yang satu serius tapi yang satunya lagi bisa jadi menjalani hubungan dengan santai atau acuh tak acuh.

Itulah tadi beberapa penyebab kenapa hubunganmu terasa rumit dan dipenuhi konflik. Intinya, kerumitan dan ketidaknyamanan hubungan pasti ada sebabnya. Jadi cobalah memperbaikinya pelan-pelan, ya.

Baca Juga: 5 Aktivitas Pertemanan yang Justru Picu Pertengkaran dengan Pasangan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya