Comscore Tracker

Dikira Gamon, 5 Akibat Kalau Terlalu Peduli Mantan setelah Putus

Malah menurunkan harga dirimu sendiri di matanya

Suatu hal yang lumrah jika masih ada rasa peduli pada mantan setelah putus, apalagi jika baru saja putus hubungan. Akan tetapi meskipun kamu boleh saja peduli pada mantan, disarankan untuk tidak terlalu menunjukkan kepedulian yang besar terhadapnya.

Karena kepedulian yang dinilai berlebihan justru dapat menimbulkan dampak pada citra dirimu sendiri nantinya. Mulai dari dikira gagal move on, hingga membuat mantan risi terhadapmu yang dinilai kepo dan terobsesi padanya. Pembahasan lebih lengkapnya tentang dampaknya dapat disimak dalam poin pembahasan berikut ini.

1. Buat mantan risi karena terkesan kepo

Dikira Gamon, 5 Akibat Kalau Terlalu Peduli Mantan setelah Putusilustrasi memohon (pexels.com/RODNAE Productions)

Peduli pada mantan tentu boleh-boleh saja, tapi kalau dilakukan secara berlebihan malah bisa bikin risi, lho. Karena kepedulian yang terlalu besar di luar keinginan seseorang bisa membuatmu jadi terkesan kepo.

Misalnya mantanmu sedang mengalami suatu masalah, lalu karena khawatir kamu menghubungi dan bertanya banyak tentang masalah yang dialaminya. Tidak semua orang suka ditanya-tanya seperti itu apalagi jika sudah putus, sehingga wajar jika kemudian jadi merasa risi. 

2. Dikira gagal move on dan terobsesi padanya

Dikira Gamon, 5 Akibat Kalau Terlalu Peduli Mantan setelah Putusilustrasi bertengkar (pexels.com/Keira Burton)

Dampak lainnya kalau kamu terlalu peduli pada mantan setelah putus ialah bisa-bisa malah dikira gagal move on. Yang mana kamu jadi dianggap tidak bisa move on oleh mantan karena terlalu sayang padanya.

Terlepas apakah kamu memang belum bisa melupakannya atau hanya sekedar peduli saja, tapi kesan seperti ini bisa merusak citramu. Seolah-olah kamu tidak bisa lepas darinya meskipun kalian sudah lama putus. Jadi kalau mau peduli lakukan dengan sewajarnya saja. 

Baca Juga: 5 Motivasi Cowok Setelah Merasakan Cemburu pada Mantan Pacar

3. Jadi bahan gosip di circle teman mantan

Dikira Gamon, 5 Akibat Kalau Terlalu Peduli Mantan setelah Putusilustrasi berkumpul (pexels.com/LinkedIn Sales Navigator)

Percaya atau tidak, kepedulian yang besar pada mantan kekasih bisa jadi buah bibir dalam lingkaran pertemanannya, lho. Karena pembahasan soal mantan biasanya menjadi topik hangat untuk dibahas dengan teman-teman.

Meskipun tidak semua orang melakukannya, tapi kepedulianmu itu bisa diketahui banyak orang di sekitarnya. Kamu yang malu sendiri orang sekitarnya menilai kamu cinta mati pada mantan hanya karena masih peduli padanya. Jadi sebelum menunjukkan kepedulian pada mantan, coba pikir-pikir lagi ya! 

4. Menurunkan harga diri sendiri

Dikira Gamon, 5 Akibat Kalau Terlalu Peduli Mantan setelah Putusilustrasi bicara (pexels.com/Budgeron Bach)

Terlalu peduli pada mantan setelah putus juga bisa berdampak buruk pada dirimu sendiri. Terutama pada harga diri yang menurun kalau kamu masih peduli pada mantan setelah putus dengan cara yang tidak baik.

Setelah disakiti dan putus, satu-satunya yang harus kamu jaga adalah harga diri sendiri agar tidak terlihat sepele di mata mantan. Dan dengan menghubungi serta peduli padanya yang putus denganmu dengan cara buruk tentu bukanlah suatu yang pantas. 

5. Dianggap bisa dimanfaatkan

Dikira Gamon, 5 Akibat Kalau Terlalu Peduli Mantan setelah Putusilustrasi bicara (pexels.com/RODNAE Productions)

Terlalu peduli pada mantan setelah putus juga gak baik karena bisa membuatmu dinilai mudah untuk dimanfaatkan. Yang mana simpatimu menjadi celah untuknya memanfaatkanku ketika ia butuh.

Karena dia tahu kalau kamu akan selalu peduli dan gak tega membiarkannya kesusahan walaupun sudah putus. Kalau seperti ini tentu kamu sendiri yang bakal rugi, padahal kalau dipikir-pikir gak ada untungnya peduli pada mantan yang telah pergi dari hidupmu.

Namun terlepas dari lima dampak tadi, menjadi pilihanmu untuk tetap peduli atau tidak pada mantan. Karena sejatinya tidak ada larangan dan batasan dalam menunjukkan kepedulian pada orang lain. 

Baca Juga: 5 Alasan Mantan Gak Perlu Dikenang, Bikin Gak Berkembang

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya