Comscore Tracker

5 Alasan Perlunya Kesadaran untuk Menyerah Jika Cintamu Tak Terbalas

Karena melepaskan juga bagian dari kedewasaan dalam cinta

Saat mencintai seseorang, entah itu orang yang baru dikenal atau sudah kenal sejak lama kita pasti ingin dia merasakan hal yang sama dan membalas cinta itu. Akan tetapi dalam dunia ini tidak semua hal bisa berjalan seperti apa yang diinginkan, sama halnya pada cinta.

Kamu tidak bisa memaksa orang lain untuk membalas cintamu, maka dari itu jika sudah jelas bahwa cintamu tak terbalas akan lebih baik jika kamu memiliki kesadaran untuk menyerah. Berikut ini adalah lima alasan yang menjelaskan mengapa hal itu perlu dilakukan, simak ya.

1. Gak ada gunanya terus mengejar yang tidak bisa kamu raih

5 Alasan Perlunya Kesadaran untuk Menyerah Jika Cintamu Tak TerbalasPexels.com/Vera Arsic

Mengikhlaskan sesuatu apalagi jika itu merupakan sesuatu yang dicintai tentu rasanya sangat sulit, akan tetapi kalau dipikir-pikir lagi tentu tak ada gunanya kalau kamu terus mengejar hal yang tidak bisa kamu raih. Jadi kalau sudah jelas bahwa cintamu tak terbalas maka berhentilah mendekatinya, kesadaran diri itu perlu agar kamu tidak kecewa terlalu dalam.

2. Ikhlaskan perasaanmu dengan tidak mengharapkan balasan

5 Alasan Perlunya Kesadaran untuk Menyerah Jika Cintamu Tak TerbalasPexels.com/Diana Jefimova

Alasannya yang kedua ialah daripada kamu memaksakan diri untuk mengejarnya bukankah lebih baik jika kamu mengikhlaskan perasaan cinta itu sehingga tidak mengharapkan balasan? Karena kalau tetap kukuh mengharapkan cintamu dibalas tentu hanya akan sia-sia, lagipula cinta tidak bisa dipaksakan, kan.

3. Tahu batasan dalam mencintai juga merupakan bagian kedewasaan lho

5 Alasan Perlunya Kesadaran untuk Menyerah Jika Cintamu Tak TerbalasPexels.com/Tophee Marquez

Kemudian alasannya yang ketiga bahwa kamu harus punya kesadaran diri untuk menyerah ialah karena tahu batasan dalam mencintai juga merupakan bagian kedewasaan. Bahwa kamu harus memahami kalau tidak semua yang kamu inginkan bisa terwujud, dan cinta juga berisi tentang merelakan dan melepaskan demi kebahagiaan. Jadi lepaskan saja dirinya jika memang cintamu tidak mungkin terbalas.

Baca Juga: 5 Tips Mendekati Gebetan yang Susah Move On dari Mantannya

4. Tidak apa-apa menyerah jika kamu sudah berusaha

5 Alasan Perlunya Kesadaran untuk Menyerah Jika Cintamu Tak TerbalasPexels.com/ArtHouse Studio

Menyerah bukan berarti kalah, jadi kamu gak perlu malu jika harus menyerah dalam mencintai seseorang sebab yang terpenting adalah kamu telah berusaha. Kamu sudah berusaha mencintainya dengan baik, membuatnya nyaman, namun jika perasaan itu tidak mungkin terbalas maka kamu pun sebaiknya menyerah mengharapkannya. Semua itu merupakan pelajaran penting dalam cinta, dan tidak hanya kamu yang mengalaminya.

5. Kamu bisa mencintai siapa saja, akan tetapi tidak semuanya akan membalas cintamu

5 Alasan Perlunya Kesadaran untuk Menyerah Jika Cintamu Tak TerbalasPexels.com/Andrea Piacquadio

Lalu alasan yang terakhir mengapa kamu perlu kesadaran diri untuk menyerah ketika cintamu tak terbalas ialah karena di dunia ini pada dasarnya kamu bisa mencintai siapa saja, akan tetapi kamu juga harus paham bahwa tidak semua orang akan mencintaimu. Jadi perihal dibalas atau tidaknya itu memang risiko dari jatuh cinta, dan menyerah mengejarnya merupakan cara untuk move on dan melangkah maju dalam hidup. 

Kamu bisa mencintai siapa saja dalam hidup ini, maka dari itu jangan membuat hidupmu stuck mencintai dia yang tidak membalas perasaanmu. Sadarlah untuk menyerah dan move on!

Baca Juga: Jangan Banyak Berharap, Kenali 5 Tanda Cintamu Bertepuk Sebelah Tangan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya