Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Punya Standar dan Kriteria Pasangan Hidup

Itu artinya kamu tahu tipe pasangan yang kamu inginkan 

Di lingkungan sekitar atau mungkin dalam cyrcle pertemananmu, kamu mungkin pernah mendengar pendapat bahwa mencari pasangan itu jangan terlalu pilih-pilih, gak perlu juga untuk punya tipe kriteria pasangan karena cinta itu harus apa adanya.

Mungkin orang yang berkata dan berpendapat seperti itu tak bermaksud buruk, namun tidak bisa dibilang sepenuhnya benar pula. Karena justru ada banyak sisi positifnya jika memiliki standar dan kriteria pasangan, apalagi kalau untuk pasangan hidup.

Berhubungan dengan hal itu, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kamu harus punya standar dan kriteria pasangan hidup. Simak ya!

1. Supaya kamu gak asal menerima siapa pun yang datang melamar

5 Alasan Kamu Harus Punya Standar dan Kriteria Pasangan Hidupilustrasi pasangan hidup (pexels.com/Juan Vargas)

Orang mungkin berpendapat bahwa menetapkan kriteria pasangan itu gak penting, tapi kenyataannya justru kebalikannya, lho. Sangat penting bagimu untuk memiliki standar dan kriteria terutama jika untuk pasangan hidup supaya kamu gak asal menerima siapapun yang datang melamar. Standar di sini bukan hanya berpatokan pada kemapanan dan fisik, melainkan juga bisa perihal kepribadian dan hal-hal lainnya.

2. Standar dan kriteria menandakan kalau kamu tahu tipe orang seperti apa yang cocok denganmu

5 Alasan Kamu Harus Punya Standar dan Kriteria Pasangan Hidupilustrasi pasangan (pexels.com/Katerina Holmes)

Gak semua orang yang suka padamu itu cocok dan tepat untuk dijadikan pasangan, sehingga standar dan kriteria pun menjadi penting karena itu artinya kamu tahu tipe orang seperti apa yang cocok bersamamu.

Memang ada sebagian orang yang pada akhirnya bersama dengan seseorang yang tak sesuai kriteria pasangan idamannya, akan tetapi gak ada salahnya untuk membuat standar sendiri, bukan? Bisa-bisa malah menyesal kalau memaksakan diri menikah dengan seseorang yang tak sesuai.

Baca Juga: 5 Tanda Paling Nyata bahwa Pasanganmu sedang Kesal, Lebih Peka Lagi!

3. Pasangan hidup memang harus dipilih yang terbaik demi diri sendiri, keluarga, dan anak kelak

5 Alasan Kamu Harus Punya Standar dan Kriteria Pasangan Hidupilustrasi rumah tangga (pexels.com/Cottonbro)

Alasan lainnya kenapa kamu justru harus memiliki standar dan kriteria pasangan hidup ialah, karena hal itu memang harus dipilih dengan hati-hati dan yang terbaik demi diri sendiri, keluarga, dan anak di masa depan nanti.

Jangan sampai pasangan yang dipilih malah sosok yang buruk ketika menjadi orangtua, atau bahkan tidak bisa cocok dengan keluargamu. Kembali lagi pada hal yang sudah kita tahu, bahwa pernikahan itu bukan cuma tentang dua orang saja.

4. Memotivasi dirimu sendiri untuk memantaskan diri

5 Alasan Kamu Harus Punya Standar dan Kriteria Pasangan Hidupilustrasi orang membaca (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menetapkan standar pasangan hidup yang diinginkan sebenarnya juga berguna sebagai motivasi untuk dirimu sendiri agar memantaskan diri demi mendapatkan pasangan hidup yang setara. Karena bukan hanya kamu saja yang menginginkan pasangan hidup terbaik, kan. Seseorang yang bersamamu kelak juga pasti menginginkan sosok terbaik untuk jadi pasangan hidupnya. Setara dan seimbang, jadi adil untuk dua belah pihak.

5. Memperkuat keyakinanmu untuk menikah

5 Alasan Kamu Harus Punya Standar dan Kriteria Pasangan Hidupilustrasi pasangan hidup (pexels.com/Jonathan Borba)

Lalu alasannya yang terakhir mengapa kamu harus mempunyai standar dan kriteria pasangan hidup ialah, hal itu berguna untuk memperkuat keyakinanmu untuk menikah.

Jika kamu sudah bertemu dengan orang yang pas, dan juga memenuhi segala kriteria baik yang kamu inginkan tentu tak ada lagi yang perlu dicari. Melainkan tinggal siap-siap saja untuk menikah dan saling mengenal pribadi dan keluarga satu sama lain.

Itulah tadi lima alasannya kenapa kamu malahan perlu memiliki kriteria dan standar pasangan hidup.

Jadi jangan mau kalau disuruh orang untuk menurunkan standarmu dan memilih pasangan sembarangan, ya. Semuanya demi kebaikanmu, kok!

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Pasangan Hidup

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya